10 Fakta Tentang Mata dan Kesehatan


  • 10 Fakta Tentang Mata dan Kesehatan
    (Foto: Monkey Business Images/Shutterstock/Clickphotos)

    Tahukah Anda bahwa mata dapat memberikan pertanda jika kondisi kesehatan terganggu? Berikut adalah sepuluh pertanda kesehatan yang dapat diketahui dari kondisi mata Anda.

    Flek putih di kornea



    Kondisi ini kemungkinan sering terjadi bagi pengguna lensa kontak sehingga terjadi infeksi berupa flek putih di area kornea.

    Mata seakan berdenyut

    Jika mata seakan terasa berdenyut atau berkedip-kedip tanpa kontrol, hal itu pertanda bahwa Anda sedang dilanda stres yang cukup besar. Kondisi ini dapat ditangani dengan beristirahat yang cukup.

    Pandangan mata buram

    Selain dikarenakan Anda butuh bantuan kacamata, kondisi ini juga harus segera dikonsultasikan ke dokter mata karena kemungkinan menjadi pertanda penyakit diabetes.

    Lingkaran putih yang mengitari kornea

    Selain merupakan tanda penuaan, kondisi ini juga dapat menjadi petanda kolesterol tinggi, yang berarti meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

    Mata terasa kering

    Anda mungkin kerap mengucek-ucek mata karena merasa kondisi mata terlalu kering yang umumnya disebabkan oleh alergi.

    Bercak kuning di bagian mata berwarna putih

    Selaput kekuningan yang biasa disebut pinguecula ini terjadi jika terlalu banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari. Sama halnya dengan kondisi kulit yang dapat terinfeksi akibat teriknya matahari.

    Bagian mata berwarna putih berubah menjadi kuning

    Ini merupakan sebuah peringatan bahwa kondisi kesehatan sudah mulai memburuk dikarenakan darah kelebihan bilirubin. Infeksi seperti hepatitis atau penyakit liver akibat alkohol juga dapat mempengaruhi.

    Mata merah

    Jika terdapat garis merah atau pembuluh darah pada mata, menandakan bahwa Anda sedang tegang atau terjadi ketika batuk berlebihan.

    Mata tegang dan berair

    Hal ini terjadi akibat Anda terlalu lama memandang layar televisi ataupun komputer. Mata berair merupakan respon dari otot mata yang tegang sehingga menjadi kering.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below