Manfaat Serum Wajah


  • Manfaat Serum Wajah
    Serum menyempurnakan perawatan produk skincare. (Foto: Dok. Shiny Diamond/Pexels)

    Semua wanita pastinya ingin memiliki wajah yang sempurna. Sempurna berarti sehat, berkilau, dan sebagainya. Bahkan, banyak yang terobsesi untuk memiliki wajah sempurna sampai rela menghabiskan pengeluaran yang tinggi. Wajah yang sempurna bisa didapatkan dari dalam dengan mengonsumsi makanan sehat, dan bisa juga didapatkan dari luar. Kita biasanya membutuhkan produk skincare dalam menunjang ini.


    Produk skincare berfungsi untuk menjaga kulit kita agar tetap dalam keadaan optimal. Salah satu produk dalam skincare yang banyak digunakan adalah serum. Serum wajah ini biasanya dapat digunakan di pagi atau malam hari. Banyak orang, terutama para wanita menggemarinya karena manfaat serum wajah ini sendiri. Berikut manfaatnya yang bisa kita pahami.




    1. Melawan tanda penuaan kulit

    manfaat serum wajah

    (Tanda penuaan kulit seperti garis halus dan kerutan. Foto: Dok. Wildan Zainul Faki/Pexels)


    Serum, khususnya sangat berguna bagi mereka yang telah menginjak umur 30 atau telah berumur. Saat umur bertambah, tentunya penuaan alamiah akan terjadi. Penuaan biasanya memberikan tanda seperti yang terlihat pada kulit. Tanda itu bisa berupa keriput, pipi yang tampak turun dan mengendur, garis halus, dan kerutan. Untuk itu, mereka membutuhkan produk serum agar menyamarkan serta melawan semua ini.

    Serum bisa bekerja untuk meremajakan kulit yang mengalami penuaan. Lebih tepatnya gunakan serum yang memiliki kandungan alpha hydroxy acid atau AHA. Kandungan ini merupakan bahan aktif yang bisa mendorong regenerasi sel-sel kulit. Regenersi sel yang lebih cepat bisa mempermudah kulit untuk menyerap bahan aktif lainnya. Kandungan AHA juga memiliki efek eksofoliasi lembut.


    2. Membersihkan pori-pori

    Pori-pori adalah tempat di kulit yang terhubung dengan folikel rambut. Pori-pori rentan tersumbat oleh kotoran, minyak, dan sel kulit mati. Ini menjadikannya tidak bersih serta bisa menuntun ke masalah wajah lainnya seperti komedo dan jerawat. Serum bisa bekerja membersihkan pori-pori kita.


    (Baca Juga: 4 Manfaat Serum Wajah Untuk Kulit Berjerawat)


    Gunakanlah serum yang mengandung bahan eksfoliasi seperti salicylic atau glycolic acid. Kedua bahan ini bisa membantu proses pengelupasan kotoran. Kita juga bisa mencari produk ini yang diperkaya dengan vitamin C. Ini diperlukan agar warna kulit menjadi cerah setelah tersumbat dengan semua kotoran yang ada yang membuat wajah terkesan lebih gelap.


    3. Membuat kulit lebih bersinar

    manfaat serum wajah

    (Kulit yang bersinar akibat serum. Foto: Dok. Olya Kobruseva/Pexels)


    Kulit yang bersinar tentunya dambaan semua orang. Ini bukan berarti warna kulit yang lebih cerah, karena semua warna kulit bisa menjadi bersinar jika dirawat dengan baik. Kulit yang bersinar mengindikasikan kulit yang terawat. Produk perawatan yang bisa digunakan untuk tujuan ini salah satunya adalah serum.

    Jika ingin kulit kita yang bersinar dan cerah, pastikan untuk membeli serum yang memiliki kandungan Niacinamide. Kandungan ini efektif tidak hanya membuat kulit bersinar, tapi juga bisa membuat kulit tidak kusam, meratakan warna kulit, dan membuatnya tampak cerah. Niacinamide sendiri pada dasarnya adalah vitamin B3. Untuk itu, kandungan ini juga bisa mengurangi kontrasnya bintik hitam di wajah.


    4. Menjaga hidrasi kulit

    manfaat serum wajah

    (Pemakaian hyrdrating serum sebelum beraktivitas. Foto: Dok. Antoni Shkraba/Pexels)


    Kulit manusia haruslah terjaga hidrasinya. Karena jika tidak, kulit akan menjadi kering. Ini tidak hanya berlaku untuk kulit wajah, tapi kulit kita pada umumnya. Tentu, kita bisa menjaganya dari dalam dengan minum air putih yang mencukupi sebanyak 2 liter sehari. Tapi, kita bisa memaksimalkannya dengan perawatan menggunakan serum.

    Temukanlah hydrating serum. Lebih spesifik satu yang mengedepankan atau memiliki kandungan hyaluronic acid. Hyaluronic acid tidak hanya bisa menghidari kulit, kandungan ini tentu juga bisa membantu kulit untuk menyimpan lebih banyak air dan melembapkan wajah. Gunakan serum ini pada pagi hari agar kulit kita terhidrasi untuk hari yang akan dijalani.


    5. Mengurangi bintik hitam

    Banyak orang rela membeli serum dengan kisaran harga yang cukup mahal karena salah satu manfaatnya yang dapat mengurangi bintik hitam. Bintik hitam dapat terjadi karena paparan sinar UV seperti di Indonesia ini atau bertambahnya usia. Hal ini juga dapat membuat wajah lebih kusam. Untuk itu, serum dibutuhkan untuk memerangi bintik hitam. Gunakanlah serum secara rutin untuk bintik hitam yang perlahan menghilang.


    (Baca Juga: 10 Manfaat Vitamin C Pada Serum Untuk Kulit Wajah)


    Itulah beberapa manfaat serum untuk wajah kita. Setelah tahu semua manfaat ini, carilah jenis serum dan kandungan terbaik yang dibutuhkan kulit kita. Perhatikan juga cara pemakaiannya.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below