Kenali 6 Manfaat Teh Hijau


  • Kenali 6 Manfaat Teh Hijau
    Teh hijau mempunyai banyak kebaikan. (Foto: Dok. Timo Miroschnichenko/Pexels)

    Teh hijau atau green tea adalah jenis teh yang dibuat dari dedaunan bunga camellia sinensis. Teh hijau berasal dari Asia Timur, khususnya negara Cina yang memulai. Hingga saat ini, teh hijau banyak ditemukan di mana pun dan terdapat di berbagai minuman, maupun makanan. Rasanya yang enak dan juga menyehatkan adalah alasan mengapa banyak orang menggemari teh yang satu ini.


    Tapi, apa saja sih sebenarnya manfaat teh hijau? Sebelum mengonsumsi sesuatu, ada baiknya kita mencari tahu manfaat yang dipunyai makanan atau minuman itu. Bahkan, jika memungkinkan cari tahu juga kekurangan yang dimilikinya, seperti contohnya lemak jenuh. Kali ini, Her World Indonesia akan berfokus pada manfaat teh hijau untuk pengetahuan kita.




    1. Menurunkan tekanan darah sistolik


    Konsumsi teh hijau dikaitkan dengan relaksasi pembuluh darah. Selain itu, konsumsi harian teh hijau bisa menyebabkan penurunan signifikan pada tekanan darah sistolik serta kolestrol total dan LDL. Tekanan darah sistolik sendiri adalah angka pertama yang biasa kita lihat saat mengecek tekanan darah. Angka pertama yang normal itu biasanya 120 dan angka kedua 80. Sedangkan, efeknya pada tekanan darah diastolik atau angka kedua tidak signifikan. Meski begitu, teh hijau sebaiknya tidak direkomendasikan sebagai pengganti seperti obat untuk mereka yang telah mempunyai hipertensi.


    manfaat teh hijau

    (Tekanan darah yang tinggi dapat berbahaya. Foto: Dok. Pavel Danilyuk/Pexels)


    2. Mencegah resiko penyakit jantung


    Seperti yang juga telah dijelaskan sebelumnya dan sebagian dari kita telah mengetahui bahwa teh hijau bisa menurunkan kadar kolestrol. Kolestrol jahat yang tinggi dalam tubuh adalah salah satu penyebab penyakit jantung. Untuk itu, jika kadar kolestrol jahat rendah, maka resiko penyakit jantung juga berkurang. Karena penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang mengerikan, maka kita harus bisa hindari apa pun yang menyebabkannya.


    3. Mencegah resiko diabetes


    Selain penyakit jantung, resiko penyakit lainnya yang bisa dicegah adalah diabetes. Kadar glukosa di dalam darah juga bisa diturunkan seperti kadar kolestrol. Ditambah lagi, teh hijau juga meningkatkan kerja insulin. Insulin sendiri adalah hormon yang diproduksi untuk membantu mengendalikan kadar gula darah. Kadar gula yang terkontrol akan menjauhkan kita dari resiko penyakit diabetes. Tentunya konsumsi teh hijau ini jangan ditambahkan dengan gula ya.


    manfaat teh hijau

    (Hindari penyakit diabetes dengan kurangi konsumsi manis-manis. Foto: Dok. Pavel Danilyuk/Pexels)


    4. Meningkatkan kesuburan


    Tingkat stres yang terlalu tinggi yang dirasakan bisa berpengaruh pada kesuburan seseorang. Kandungan dalam teh hijau, yaitu polifenol bisa mengurangi stres oksidatif. Kandungan ini juga bisa membantu pelepasan sel telur, oleh karena itu konsumsi teh hijau bisa meningkatkan kesuburan wanita. Pada pria, kandungan ini juga bekerja dengan cara yang sama serta membantu pergerakan sperma. Proses pembuahan pun akan lebih mudah terjadi.


    (Baca Juga: Sajian Makanan Teh Hijau dari Berbagai Negara)


    5. Menjaga tulang


    Kita tentunya tahu bahwa teh hijau mengandung antioksidan. Kebaikan antioksidan untuk tulang di antaranya adalah membantu kepadatan tulang, mendorong massa tulang, membantu pembentukan tulang rawan, menjaga kesehatan tulang, serta menjadikan tulang kita lebih kuat. Selain itu, fenol dalam teh hijau juga turut berperan untuk menjaga kepadatan tulang.


    manfaat teh hijau

    (Teh hijau untuk menjaga kepadatan tulang. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)


    6. Meredakan gangguan sulit tidur


    Beberapa dari kita mungkin sudah tahu bahwa di dalam teh hijau terdapat kafein. Namun, kadar kafein di dalamnya sangat rendah jadi tidak cukup untuk membuat kita tetap terjaga. Di sisi lain, teh hijau mengandung theanine, yang merupakan asam amino, bisa menjadikan tubuh lebih rileks. Tubuh yang rileks dan keadaan yang nyaman bisa membuat tubuh kita menjadi lebih cepat tertidur. Untuk itu, kita bisa mengonsumsi teh hijau sebelum tidur pada malam hari agar bisa meningkatkan kualitas tidur kita.


    Tentunya gangguan sulit tidur atau insomnia adalah sesuatu yang sangat tidak nyaman. Tidak hanya produktivitas yang akan terganggu karena kurang tidur, tapi juga bisa menimbulkan masalah kesehatan.


    (Baca Juga: Cara Membuat Saus Teh Hijau untuk Dessert)


    Nah, inilah beberapa manfaat teh hijau yang berhubungan dengan kesehatan kita. Rasa teh hijau memang tidak terlalu disukai dibandingkan dengan teh lainnya, tapi kini kita jadi tahu bahwa teh hijau bisa bermanfaat. Konsumsilah teh hijau asli, bukan yang telah dicampur dengan berbagai bahan lainnya. Selamat mengonsumsi teh hijau untuk kesehatan.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below