Wajah Lebih Cerah, Ini 7 Manfaat Es Batu Untuk Wajah


  • Wajah Lebih Cerah, Ini 7 Manfaat Es Batu Untuk Wajah
    (Ketahui 7 Manfaat Es Batu Untuk Wajah. Foto: Dok. Atstock Productions/iStock)

    Siapa bilang es batu hanya cocok sebagai tambahan minuman segar saja? Ternyata, es batu juga dapat memberikan manfaat untuk kulit wajah, lho. Setelah sibuk beraktivitas, kamu pasti perlu merawat wajah agar lebih rileks, salah satunya dengan mengoleskan es batu pada wajah. Selain menyegarkan, mengoleskan es batu pada wajah juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke wajah, sehingga wajah tampak lebih radiant.


    Metode mengoleskan es batu pada wajah ini dikenal dengan sebutan ice facial, yang merupakan salah satu tren kecantikan Korea. Lantas, apa saja manfaat es batu untuk kulit wajah? Simak pemaparannya di bawah ini!




    1. Mengatasi Jerawat 

    Manfaat Es Batu Untuk Wajah

    (Es batu mengatasi jerawat di wajah. Foto: Dok.Boyloso/iStock)


    Salah satu permasalahan wanita yang paling umum adalah jerawat karena dapat menganggu penampilan. Cara yang bisa kamu gunakan selain memakai obat jerawat adalah dengan es batu. Kamu bisa mengompres jerawat pada malam hari dan tahan selama satu menit. Kemudian, angkat kompres dan tunggu 5 menit sebelum kembali mengompres lagi selama satu menit. Nantinya, jerawat yang meradang akan memunculkan titik putih di atasnya.

    Manfaat es batu untuk jerawat juga dapat mendorong kotoran naik ke permukaan kulit sehingga ukuran jerawat secara bertahap akan berkurang. Kemudian, masalah kulit wajah ini akan hilang sepenuhnya. Namun, kamu perlu mengetahui bahwa cara menghilangkan jerawat dengan es batu ini mungkin lebih ampuh digunakan bagi jerawat meradang yang tergolong ringan. 


    2. Membantu Mencerahkan Kulit


    Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit yang cerah bak artis Korea? Jika kamu menginginkan kulit wajah tampak lebih cerah dan glowing, mengoleskan es batu pada wajah dapat membantu mewujudkannya. Hal ini karena, mengoleskan es batu dengan sedikit pijatan bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit wajah, sehingga wajah tampak lebih cerah dan glowing.  

    3. Membersihkan Pori-Pori Wajah


    Terjadinya masalah kulit, seperti jerawat adalah akibat dari pori-pori kulit yang tersumbat. Tidak hanya itu, penumpukan sel-sel kulit mati dan kotoran juga membuat kulit wajah tampak kusam dan lebih tua. Kamu bisa mencoba mengatasinya dengan es batu, karena bahan tersebut dipercaya mampu membersihkan kulit hingga ke dalam pori.  


    (Baca Juga: Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah)


    4. Membantu Menghilangkan Dark Circle dan Kantung Mata 

    Manfaat Es Batu Untuk Wajah

    (Dark circle dan kantung mata dapat diatasi dengan es batu. Foto: Doucefleur/iStock)


    Ternyata, mengoleskan es batu pada wajah secara teratur dapat membantu mengatasi lingkaran hitam yang membandel. Yang perlu kamu lakukan adalah merebus air mawar dan mencampur jus mentimun di dalamnya. Bekukan campuran ini dan kemudian oleskan es batu pada area mata. Jika terlalu dingin, kamu dapat membungkus es batu dengan kain bersih, lalu oleskan pada area mata. Namun, jangan berharap jika hasilnya akan terlihat dalam semalam. Untuk hasil yang maksimal, kamu perlu melakukannya secara rutin.

    Tak hanya mampu membantu mengatasi dark circle saja, es batu juga dapat membantu mengatasi kantung mata. Caranya, cukup dengan melakukan gerakkan memutar dari sudut dalam mata ke arah alis. Hal Ini akan membantu mengurangi pembengkakan.

    5. Mencegah Penunaan Dini 


    Penuaan kulit (skin aging) tidak bisa kamu hindari seiring dengan bertambahnya usia. Namun kamu tidak perlu khawatir karena masih bisa menunda munculnya keriput dengan menjaga agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

    Caranya adalah cukup memijat wajah dengan es batu, karena es batu akan membantu memperlancar sirkulasi darah menjadi lancar sehingga tanda-tanda penuaan pada kulit wajah bisa lebih lambat. Tidak hanya mampu membantu mengurangi tampilan tanda-tanda penuaan yang sudah ada, tetapi juga dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan baru.

    6. Membuat Make Up Tampil Lebih Lama 


    Ini adalah salah satu beauty hack yang tidak pernah gagal! Sebab es batu bisa dijadikan sebagai primer makeup yang murah, mudah ditemukan dan sangat bagus untuk digunakan sebelum menggunakan produk foundation dan make up lainnya. Efek dingin dari es batu pada wajah dapat membuat pori-pori pada kulit mengecil dan produksi minyak pada wajah jadi berkurang sehingga make up yang kamu pakai akan tahan lebih tahan lama. Gimana, tertarik mencoba? 


    (Baca Juga: Intip 5 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Cantikmu)


    7. Mengatasi Sunburn 

    Manfaat Es Batu Untuk Wajah

    (Es batu bisa meredakan peradangan akibat paparan sinar matahari yang membakar kulit wajah. Foto: Dok.Doucefleur/iStock)


    Es batu merupakan salah satu cara ampuh untuk mengatasi sunburn. Mengoleskan es batu pada area kulit yang terbakar matahari (sunburn), dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan. Dengan penggunaan yang teratur, perlahan tapi pasti area kulit yang terbakar akan mereda. Selain itu kamu juga bisa membuat es lidah buaya karena manfaat lidah buaya yang dibuat beku menjadi es diyakini dapat meredakan kulit yang perih dan panas akibat terbakar sinar matahari (sunburn).


    Meskipun punya banyak manfaat, es batu untuk wajah juga ada efek sampingnya. Jika kamu mengalami mati rasa atau kerusakan kulit, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan kepada dokter kulit atau wajah agar mendapat penanganan lebih lanjut. Selamat mencoba!


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below