Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah


  • Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah
    Pori-pori yang terdapat di hidung. (Foto: Dok. Angela Roma/Pexels)

    Kulit pasti mempunyai pori-pori. Pori-pori sendiri adalah folikel rambut yang ada di permukaan kulit. Pori-pori kadang menjadi masalah yang membuat tidak percaya diri jika pori-pori tampak besar. Pori-pori yang besar adalah pori-pori yang tersumbat oleh berbagai hal, yaitu minyak, sel kulit mati, ataupun kotoran. Wajar saja jika kita semua ingin memiliki pori-pori yang kecil, tapi belum tahu caranya? Simak penjelasan di bawah ini untuk cara mengecilkan pori-pori wajah.


    1. Menggunakan es batu

    Es batu banyak dipercaya dapat mengecilkan pori-pori. Caranya pun mudah. Kita cukup mengaplikasikan es batu tersebut langsung ke bagian dimana pori-pori itu berada, biasanya di wajah. Jika khawatir terlalu dingin, kita bisa menggunakan kain untuk membungkus es batu tersebut yang akan bekerja seperti kompresan. Aplikasikan es batu tersebut dengan cara diputar.



    Perhatikan pengunaannya pada kulit sensitif. Tentunya dingin dari es bisa membuat muka sedikit mengalami kemerahan. Sensasi sedikit panas juga dapat terasa saat pertama kali melakukannya, tapi setelahnya wajah akan terasa enak karena dingin. Meski begitu, efek pori-pori mengecil dengan es batu ini bisa dibilang sementara.


    2. Menggunakan jeruk nipis

    Jeruk nipis memiliki kandungan yang baik untuk kulit wajah, yaitu vitamin C dan anti-oksidan. Anti-oksidan tidak hanya berfungsi mengangkat sel kulit mati dan mengurangi minyak berlebih, tapi juga bisa mencegah jerawat. Tentunya sangat dibutuhkan untuk mereka yang mempunyai pori-pori besar dan bisa berujung pada komedo atau jerawat.

    Kita cukup menyiapkan jeruk nipis untuk dibelah menjadi dua. Kemudian, peras jeruk nipis tersebut. Gunakan air perasan jeruk nipis untuk dioleskan ke bagian kulit yang memiliki pori-pori besar. Diamkan selama sekitar 15 menit, setelah itu bilas wajah kita sampai bersih dan juga keringkan. Jeruk nipis adalah salah satu cara alami dalam mengecilkan pori-pori.


    3. Menggunakan uap panas

    cara mengecilkan pori-pori

    (Uap air panas untuk mengecilkan pori-pori. Foto: Dok. Artem Mizyuk/Pexels)


    Uap panas juga bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori, khususnya pada wajah. Pertama-tama, kita harus membersihkan wajah dulu menggunakan pembersih. Lalu, kita siapkan air yang ingin dipanaskan agar bisa menghasilkan uap. Setelah selesai dipanaskan, kita arahkan wajah kita ke atas uap panas tersebut agar pori-pori dapat terbuka sampai uap itu mendingin.

    Kita lanjutkan lagi dengan membersihkan wajah kembali. Bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat juga. Kita bahkan bisa menyelesaikannya dengan mengaplikasikan toner wajah. Setelah itu, tepuk-tepuk pelan hingga mengering.


    4. Rutin bersihkan wajah

    Telah dijelaskan di atas bahwa pori-pori yang tampak besar adalah akibat tersumbatnya pori-pori tersebut yang disebabkan oleh beberapa hal. Membersihkan wajah setiap hari hukumnya adalah wajib, karena pasti ada kotoran yang menempel ke wajah kita sekalipun kita berada di rumah. Kotoran tersebut tidak akan hilang dengan sendirinya saat kita mandi dan melewati bagian membersihkan wajah.


    (Baca Juga: Ini 4 Penyebab Pori-Pori Besar Dan Cara Ampuh Mengecilkannya)


    Kotoran akan tertumpuk jika tidak dibersihkan dan akan membuat wajah menjadi kusam, dan tentunya pori-pori besar itu sendiri. Wanita ataupun pria wajib membersihkan wajahnya secara rutin. Kita bahkan bisa menggunakan skincare seperti micellar water untuk pembersihan yang ekstra.


    5. Menggunakan masker tanah liat

    cara mengecilkan pori-pori

    (Clay mask bisa mengangkat minyak, kotoran, dan sel kulit mati. Foto: Dok. Olia Danilevich/Pexels)


    Masker tanah liat atau clay mask bekerja efektif dalam mengatasi masalah penyebab tersumbatnya pori-pori. Hal ini karena masker tanah liat memiliki daya serap tinggi dan juga efek detoksifikasi. Dalam masker tanah liat, kandungan bentonite atau kaolin clay adalah kandungan yang bagus. Keduanya merupakan mineral yang bisa membantu mengecilkan pori-pori, meski kaolin clay bekerja lebih baik dalam menenangkan kulit.


    6. Minum banyak air putih

    cara mengecilkan pori-pori

    (Minum banyak air putih salah satu cara menjaga kulit dari dalam. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


    Dalam merawat kulit, tentunya tidak bisa hanya mengandalkan cara dari luar. Cara dari dalam bisa juga kita terapkan, di antaranya konsumsi makanan sehat dan air putih yang cukup. Kita harus minum air putih minimal 2 liter dalam sehari. Dengan begitu, air dapat membuat kulit lembap dari dalam. Air juga bisa menghilangkan kotoran atau bahkan racun yang terdapat dalam pori-pori.


    (Baca Juga: 4 Skincare Untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah)


    Beberapa cara mengecilkan pori-pori di atas tentunya bisa dicoba langsung di rumah kita sendiri, tapi ingatlah untuk selalu menjaga agar pori-pori besar tersebut agar tidak muncul pada awalnya dengan rajin membersihkan permukaan kulit.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below