Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Smoothing Rambut


  • Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Smoothing Rambut
    Smoothing rambut bisa dilakukan di salon. (Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)

    Rambut yang keriting adalah salah satu model rambut yang banyak dimiliki oleh wanita. Banyak wanita tidak terlalu menyukai model ini, meskipun itu ada model asli rambut mereka. Berbagai cara dilakukan, dan salah satunya adalah dengan melakukan smoothing rambut. Dengan cara ini, mereka menempuh cara yang tidak menggunakan bahan alami.

    Smoothing sendiri seperti namanya, adalah teknik meluruskan rambut menggunakan obat yang mengandung keratin. Sedangkan keratin atau dikenal juga dengan scleroproteins adalah jenis protein yang ada pada rambut, kuku, kulit, organ dalam, dan juga kelenjar. Smoothing berbeda dengan rebonding. Perbedaan umumnya adalah rebonding lebih tahan lama dan lebih murah. Tapi melalui artikel kali ini, ketahui apa-apa saja sebelum kamu melakukan smoothing rambut.




    1. Lakukan tes alergi

    Kamu bisa lakukan tes alergi agar smoothing rambutmu nanti aman. Kamu bisa mencoba obatnya terlebih dahulu untuk diaplikasikan ke leher atau belakang telingamu. Setelah itu, kamu diamkan dan tunggu selama 24 jam.

    Ini artinya kamu harus memberikan rentang waktu tertentu sebelum smoothing ya, tidak bisa sehari sebelumnya. Jika tidak menimbulkan reaksi apa pun yang berbahaya, kemungkinan besar kamu akan baik-baik saja saat melakukan smoothing itu.

    Alergi tentunya bisa muncul karena obat smoothing terseebut. Alergi seperti iritasi kulit kepala, gatal-gatal, kemerahan pada kulit kepala, dan mungkin bahkan gangguan pada mata. Untuk itu jika memungkinkan lakukan tes alergi dahulu.

    Alergi ini dapat terjadi kepada mereka yang mempunyai kulit yang sensitif. Lebih baik tidak melakukan smoothing rambut untuk kamu yang mempunyai rambut keriting demi menghindari alergi ini.


    smoothing rambut

    (Iritasi setelah smoothing rambut. Foto: Dok. Ponywang/iStock)


    2. Harga untuk smoothing rambut

    Jika kamu sudah memiliki salon yang nantinya akan dituju, kamu bisa cek berapa kira-kira total uang yang kamu butuhkan untuk smoothing rambut. Sebenarnya, mengecek harga apapun sebelum memutuskan untuk melakukan hal atau membeli bisa kamu terapkan pada kegiatan apa pun, tidak hanya smoothing rambut.

    Jika sudah tau berapa harga yang harus kamu bayar, kamu juga bisa budgeting, karena kamu harus kembali ke salon setiap tiga bulan sekali setelah kamu pertama melakukannya. Harga perawatan smoothing sendiri biasanya berkisar di harga 300 ribu rupiah, berbeda dengan rebonding yang biasanya setengah harga lebih murah. Ini karena terdapat keratin dalam obat smoothing yang tidak terlalu merusak rambut.


    smoothing rambut(Harga yang diperhatikan untuk smoothing rambut. Foto: Dok. Breakingpic/Pexels)


    3. Hasil yang akan didapatkan

    Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda dan pastinya nanti akan berbeda juga hasil smoothing yang didapatkan jika dibandingkan dengan orang yang telah melakukan smoothing. Namun umumnya, rambut smoothing akan cenderung lebih lembut dan terlihat alami. Perawatan smoothing juga bersifat lebih sementara dibandingkan dengan rebonding yang lebih permanen. Rambut rebonding juga nantinya akan berbentuk sangat lurus.


    (Baca Juga: Cara Merawat Rambut Smoothing)


    4. Larangan setelah smoothing

    Seperti mewarnai atau cat rambut, ada juga beberapa larangan setelah kamu melakukan perawatan smoothing rambut. Yang pertama harus selalu diingat adalah kamu tidak diperbolehkan untuk keramas selama beberapa waktu. Ini juga berarti kamu tidak boleh untuk berenang, karena mustahil rambutmu tidak akan basah saat kamu berenang.

    Hindari mengikat rambut dan juga membelai rambut untuk ditaruh ke belakang telinga. Hal ini akan susah untuk dilakukan, karena biasanya kamu akan otomatis melakukan ini saat kamu merasa gerah. Semua ini adalah agar obat yang diaplikasikan tersebut meresap ke rambut kamu.


    (Baca Juga: Simak Perbedaan Smoothing dan Rebonding Sebelum Ke Salon)


    5. Masalah rambut yang akan muncul

    Tidak bisa dipungkiri bahwa setelah melakukan proses dengan obat pada rambutmu akan berpotensi memunculkan masalah rambut. Salah satunya adalah rambut yang bercabang, karena bahan kimia memang salah satu penyebabnya. Hindari juga masalah lainnya seperti rambut rontok. Kamu bisa memotong rambutmu secara berkaala, antara satu sampai tiga bulan sekali dan tidak perlu banyak atau panjang.


    smoothing rambut

    (Masalah rambut bercabang. Foto: Dok. Doucefleur/iStock)


    Smoothing rambut memang bisa menjadi cara untuk kamu yang ingin mempunyai rambut lurus. Tapi ada baiknya, kamu memerhatikan hal-hal berikut ini sebelum melakukan perawatan ini. Periapkan waktu juga untuk perawatan ini, karena bisa memakan waktu paling tidak tiga jam. Selamat meluruskan rambut!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below