Cara Merawat Rambut Smoothing


  • Cara Merawat Rambut Smoothing
    (Inilah cara merawat rambut setelah smoothing.Foto:Dok.Roberto/pexels)

    Smoothing adalah salah satu prosedur yang menjadi pilihan banyak orang untuk meluruskan rambutnya tanpa harus menggunakan alat penata rambut seperti catokan atau alat lainnya. Treatment smoothing rambut bisa kamu dapatkan di salon-salon terdekat rumahmu.

    Dengan smoothing, rambut yang diluruskan akan terlihat lebih alami, lembut, dan sehat. Perawatan rambut setelah smoothing bukan hanya sekedar menggunakan sampo dan kondisioner, tetapi juga menggunakan perawatan lainnya seperti masker rambut dan serum. Jika rambut setelah smoothing tidak dirawat dengan benar, rambut bisa rusak dan kembali seperti semula. Rambut adalah aset yang harus dirawat dengan sempurna.

    Ada sejumlah cara merawat rambut smoothing agar tidak kembali seperti semula dan tetap terjaga. Simak caranya.




    (Baca juga: Cara Agar Rambut Lembut Dan Jatuh)


    Jangan langsung keramas

    Cara merawat rambut smoothing

    (Jangan langsung keramas untuk merawat rambut smoothing.Foto:Dok.Cottonbro/pexels)

    Cara merawat rambut setelah smoothing yang pertama adalah jangan langsung keramas. Kamu perlu waktu sekitar 3 hari agar obat smoothing dapat meresap dengan sempurna dan bekerja pada rambut. Cobalah untuk hindari air pada kepala karena obat smoothing yang belum meresap sepenuhnya bisa ikut terbuang bersama air. Setelah 3 hari, barulah kamu bisa keramas lagi. Tetapi, kamu juga harus ingat untuk jangan keramas terlalu sering. Pasalnya hal tersebut dapat membuat rambut kamu yang lurus kembali ke asalnya. Ditambah lagi, keseringan keramas juga dapat membuat rambut kamu kering dan rusak.


    Gunakan dry shampoo

    Dry shampoo bisa menjadi alternatif keramas tanpa air yang cocok untuk rambut smoothing. Dry shampoo merupakan sampo kering yang pemakaiannya tidak perlu dibilas. Produk ini umumnya berupa semprotan yang sangat praktis dan bisa kamu bawa kemana saja. Dengan menggunakan dry shampoo, rambut kamu akan menjadi lebih segar dan wangi. Rambut juga tidak akan lepek karena minyak di kulit kepala. Sebaiknya, kamu jangan menyisir rambut terlebih dahulu agar produk benar-benar menyerap.


    Jangan menggunakan alat penata rambut

    Cara merawat rambut smoothing

    (Cara merawat rambut smoothing menghindari alat penata rambut.Foto:Dok.Element5/pexels)

    Cara merawat rambut setelah smoothing yang selanjutnya adalah menghindari alat penata rambut listrik seperti, catokan dan penggunaan hair dryer. Kamu perlu membiarkan rambut kamu kering dengan alami dan kamu juga tidak perlu khawatir akan rambut yang bergelombang karena perawatan smoothing yang baik mampu menahan rambut ke bentuk yang diinginkan dalam jangka waktu yang cukup panjang.


    Gunakan masker rambut

    Penggunaan masker rambut adalah hal yang penting agar kesehatan rambut tetap terjaga. Jika sudah melewati masa 3 hari setelah smoothing, perawatan selanjutnya bukan hanya mencuci rambut tetapi jangan lupa untuk menggunakan masker rambut guna menutrisi rambut agar tetap halus dan lembut, sehingga mempermudah kamu dalam merawat rambut smoothing.


    (Baca juga: Cara Membuat Warna Rambut Lebih Tahan Lama)


    Gunakan sampo bebas sulfat

    Sampo bebas sulfat adalah pilihan yang baik dan diperlukan bagi rambut smoothing karena lebih ringan, tidak mengandung sulfat dalam formulanya, dan menangkal bahan kimia pada rambut yang dirawat. Dengan begitu, sampo ini dapat membersihkan rambut dengan lembut tanpa merusaknya setelah dirawat secara kimia.


    Jangan mengikat rambut dengan kencang

    Cara merawat rambut smoothing

    (Cara merawat rambut smoothing adalah dengan tidak langsung mengikatnya kencang.Foto:Dok.Anete/pexels)

    Setelah smoothing rambut, jangan mengikat rambut kamu terlalu kencang. Hal tersebut bisa membuat rambut yang telah di smoothing menjadi bergelombang dan juga sebaiknya jangan menggunakan aksesoris rambut dengan sembarangan. Gunakan aksesoris yang tidak menekan rambut terlalu keras atau yang bersifat mengubah model rambut seperti gulungan rambut. Gulungan rambut bisa memicu rambut menjadi bergelombang. Jadi, lebih baik untuk menghindari menguncir atau mengikat rambut agar rambut yang telah di smoothing tidak cepat rusak atau kembali seperti semula.


    Jangan menggunakan sisir plastik

    Dilansir dari Matrix Professional, sebisa mungkin cobalah untuk menggunakan sisir bergerigi yang berbahan kayu dan tidak terlalu rapat. Karena, menggunakan sisir plastik dengan gerigi yang rapat bisa berpengaruh pada efek gelombang rambut. Sisir dengan bahan plastik memiliki aliran arus listrik statis sehingga bisa membuat rambut yang telah di smoothing kembali seperti semula dan menjadi bergelombang.


    Itulah cara merawat rambut smoothing agar tetap terjaga dan sehat. Selamat mencoba! 


    (Penulis: Putri Raiza)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below