Food & travel

Wow! Ini 7 Makanan Termahal di Dunia

By : Her World Indonesia - 2022-02-08 15:00:01 Wow! Ini 7 Makanan Termahal di Dunia

Makanan adalah kebutuhan primer bagi makhluk hidup. Setiap manusia membutuhkan makanan agar dapat bertahan hidup dan mengisi energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Di dunia ini terdapat berbagai jenis makanan, mulai dari makanan yang berkuah hingga camilan. Harga yang ditawarkan pun berbagai macam, ada yang murah dan ada juga yang paling mahal. Kalau kamu penasaran makanan apa saja yang paling mahal di dunia, ini daftar lengkapnya.  

1. Italian White Alba Truffle 


(Italian white alba truffle yang memiliki harga fantastis. Foto: Dok. dp3010/iStock)


Truffle adalah jamur yang tumbuh secara liar dan alami. Salah satu jenis truffle yang harganya mahal yaitu truffle alba putih. Harga jamur ini sekitar 160.000 dolar Amerika Serikat atau setara dengan 2,1 juta rupiah per 1,51 kg. Jamur ini tumbuh di sekitar 40 sampai 50 cm di bawah permukaan tanah. Untuk menemukannya kita membutuhkan bantuan dari anjing yang sudah terlatih. Sebab budidaya dan panen yang membutuhkan proses, serta pertumbuhannya yang hanya ada di tempat-tempat tertentu saja membuat jamur ini langka. Italian White Alba Truffle hanya tersedia pada beberapa bulan saja dalam satu tahun dan pada waktu itu makanan mahal ini berhasil dibawa pulang investor ritel dari Hong Kong bersama istrinya. 

2. The Frozen Haute Chocolate 


(Es krim yang dilapisi emas. Foto: Dok.Paul Campbell/iStock)


Makanan termahal di dunia yang berikutnya adalah The Frozen Haute Chocolate. Es krim ini memiliki kandungan campuran 28 coklat, dimana 14 diantaranya adalah yang paling mahal di dunia. Makanan ini dihiasi emas yang dapat dimakan dan disajikan di piala dengan lapisan emas yang juga bisa dimakan. Tidak hanya diwadahi oleh piala yang sangat mahal dan mewah, Frozen Haute Chocolate ini ditemani juga dengan sendok yang tidak kalah mewah. Sendok ini adalah sendok berlapis permata bernilai 8.800 dolar Amerika Serikata atau setara 123 juta rupiah. Jika kamu membeli es krim ini, maka nantinya sendok ini dapat dibawa pulang sebagai souvenir.


(Baca Juga: Menikmati Jamuan Italia Kontemporer Mauri Di Raffles Jakarta)


3. Almas Caviar 


Kaviar almas juga termasuk dalam daftar makanan termahal didunia dan juga makanan langka dari Iran. Kaviar dijual dengan harga yang mahal karena penjualnya sedikit. Satu-satunya toko yang menjual makanan ini yaitu Caviar House & Prunier di Picadilly, London. Toko tersebut menjual kaviar dalam bentuk kilogram dan menempatkannya di kaleng emas 24 karat. Harga kaviar tersebut dibandrol 25 ribu dolar. Namun jika kamu ingin merasakan makanan tersebut, maka uang yang harus kamu keluarkan sekitar 1250 dolar Amerika Serikat atau setara 16,6 juta rupiah untuk kaleng dengan ukuran kecil.


4. Creme de la Creme Pomme Frites


Creme de la Creme Pomme Frites adalah kentang goreng berlapis emas dari sebuah restoran di Amerika Serikat yang beberapa waktu lalu berhasil mendapatkan rekor dunia dari Guiness World Record sebagai kentang goreng termahal di dunia. Kentang goreng ini dijual dengan harga 200 dolar Amerika Serikat atau setara 2,8 juta rupiah karena disajikan dengan jamur truffle, mentega truffle serta taburan emas asli. 


5. Nasi Biryani 

(Nasi biryani di Dubai dilapisi emas dan dijual dengan harga yang mahal. Foto: Dok. Geo Tv)


Makanan khas Timur Tengah ini berhasil menjadi makanan termahal di dunia karena memakai topping daging panggang yang dilapsi dengan lembaran edible gold 23 karat. Nasi biryani mewah ini dijual dengan harga 272 dolar AS  atau setara 4,2 juta rupiah oleh Bombay Borough Dubai, sebuah restoran India di Dubai. Sepiring nasi biryani tersebut disajikan bersamaan dengan kebab ayam Rajput, Murgh soola dan daging domba yang akan mengingatkan pada Masjid Delhi. Bagian yang paling membuat takjub adalah menggunakan piring yang disajikan kofta Mughlai dan ayam panggang malai yang harganya fantastis.


(Baca Juga: Shangri-La Jakarta Kembali Hadirkan Menu Dim Sum Istimewa)


6. Meat Pie 


Jenis makanan termahal didunia lainnya yaitu meat pie. Makanan ini mengandung daging sapi fillet Wagyu yang harganya sekitar US$870, jamur matsutake Cina yang harganya sekitar US$4000 per pon, truffle hitam musim dingin, dan jamur bluefoot Perancis seharga 160 dolar Amerika Serikat  per pon. Makanan ini juga bisanya disajikan bersama saus yang disajikan bersamaan dengan dua botol vintage 1982 chateau mouton rothschild wine seharga US$1.740 per botol. Kerak makanan ini juga ditutupi daun emas yang bisa dimakan. Untuk bisa menikmati makanan mahal ini, kamu bisa mendapatkannya di The Fence Gate Inn, Lanscashire. 

7. 777 Burger 


Makanan termahal di dunia yang terakhir adalah burger. Burger ini diberi nama '777 Burger' karena dijual dengan harga 777 dolar Amerika Serikat atau setara dengan 11 juta rupiah. Burger yang ditawarkan oleh Burger Brasserie di Las Vegas ini menggunakan beef patty yang terbuat dari wagyu beef. Untuk tambahan lainnya, ada goat cheese, foie gras, cuka balsamic berusia 100 tahun, dan lobster rebus. 


Wah ternyata makanan termahal di dunia tersebut bikin mata melotot, ya! Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? 


(Penulis: Tiara Kandida E)

Food & travel