Hair & beauty

Jangan Khawatir, Ini 6 Cara Menebalkan Rambut

By : Her World Indonesia - 2022-02-05 11:00:02 Jangan Khawatir, Ini 6 Cara Menebalkan Rambut

Jenis dan ketebalan rambut setiap orang berbeda-beda, tergantung apakah karena faktor keturunan, usia, hormon, asupan nutrisi hingga kebiasaan menata rambut. Selain itu tekstur rambut seseorang juga bisa berubah karena efek samping dari obat-obatan atau adanya indikasi penyakit tertentu. 


Rambut yang tipis dan mudah rontok kerap menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan menjengkelkan bagi pemiliknya. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan beberapa cara menebalkan rambut di bawah ini yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Tak hanya baik untuk kesehatan rambut, cara ini juga baik untuk membantu menjaga kesehatan kulit kepala kamu. 


1. Memilih sampo yang tepat 


(Gunakan shampo yang tepat sesuai dengan kondisi rambutmu. Foto:Dok.Moyo Studio/iStock)

Salah satu hal penting dan perlu kamu lakukan sebagai cara menebalkan rambut adalah dengan memilih sampo dan kondisioner yang tepat sesuai dengan kondisi rambut kamu. Pasalnya, jika kamu menggunakan sampo yang salah maka akan menyebabkan kerusakan rambut, sehingga rambut bisa semakin kering dan rontok.

Untuk menebalkan rambut, sebaiknya hindari produk sampo berbahan kimia keras, seperti amonium lauril sulfat, natrium lauril sulfat, atau shampo yang terlalu mengandung pewangi. Ini karena bahan kimia keras tersebut dapat merusak rambut dan kulit kepala.

Agar rambut kamu memiliki rambut yang sehat dan tebal, sebaiknya disarankan agar tidak keramas terlalu sering. Keramas cukup dilakukan 1–2 kali sehari atau ketika rambut sudah kotor dan terasa berminyak. 


2. Membatasi penggunaan alat penata rambut 


(Jangan terlalu sering menggunakan alat penata rambut. Foto: Dok.Kristen Prahl/iStock)

Agar kamu memiliki rambut yang tebal, sebaiknya batasi penggunaan alat penata rambut seperti pengering, pelurus, dan pengeriting rambut. Ini karena paparan panas dan bahan kimia dari alat tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada folikel atau akar rambut sehingga memicu terjadinya kerontokan rambut. Dalam jangka panjang, akar rambut lama-kelamaan juga semakin melemah dan kerontokan rambut akan berlanjut, bahkan bisa menyebabkan kebotakan. Maka dari itu cukup gunakan alat penata rambut jika dibutuhkan saja. 


(Baca Juga: Ikuti 5 Langkah Mudah Lakukan Hair Spa Di Rumah)


3. Menghindari paparan sinar matahari langsung 

Tak hanya kulit, rambut juga harus dilindungi dari paparan sinar matahari langsung agar tidak kusam, rusak, dan mudah rontok. Oleh karena itu, saat beraktivitas di luar ruangan sebisa mungkin disarankan untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari dengan menggunakan topi atau payung. 


4. Gunakan sisir sesuai jenis rambut 

(Pilihlah sisir yang tepat agar kandungan minyak alami rambut rata dari akar ke ujung rambut. Foto: Dok: Karolina Grabowska/Pexels)

Hal ini jarang menjadi perhatian wanita ketika ingin merapihkan rambut. Pasalnya, menyisir dengan sisir yang tepat sangat bermanfaat untuk meratakan minyak alami dari akar ke ujung rambut. Hal ini berpengaruh pada ketebalan rambut, mencegah kerusakan parah, mengeksfoliasi kulit kepala, membuang sisa rambut yang rontok, menambah kilau rambut, serta dapat memperbaiki tekstur rambut.

Cara ini bisa lebih efektif dilakukan untuk pemakaian sisir yang sesuai dengan jenis rambut. Gunakan sisir sikat dengan ujung lembut atau sisir berbahan kayu atau bambu alami. Hindari sisir plastik karena bisa menimbulkan gesekan dan menyebabkan rambut mengembang akibat adanya listrik statis. 


5. Mencukupi kebutuhan nutrisi rambut 

Tak hanya merawat rambut dari luar saja, menebalkan rambut juga perlu didukung perawatan dari dalam. Caranya adalah dengan memenuhi asupan nutrisi yang seimbang.

Agar rambut bisa tumbuh dengan kuat, sehat, dan terbebas dari kerusakan, maka yang dibutuhkan adalah asupan nutrisi. Kamu bisa mengonsumsi segala asupan bernutrisi terutama protein, zat besi, asam lemak omega-3, vitamin A, vitamin E, vitamin C, vitamin D, dan vitamin B, termasuk biotin.

Berbagai asupan nutrisi tersebut bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, daging tanpa lemak, produk susu rendah lemak, seafood, dan telur. 


(Baca Juga: 3 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami)


6. Mengurangi stres 

Pelepasan hormon kortisol akibat stres yang berlebihan dapat menyebabkan rambut rontok dan semakin tipis. Jika tidak ditangani dengan baik, bukan tidak mungkin rambut rontok karena stres bisa memicu kebotakan pada kepala. Oleh karena itu, sebaiknya kelola stres dengan baik, misalnya dengan melakukan relaksasi (yoga, pijat, menonton film), menerapkan pola makan sehat, dan menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga. 


Nah, inilah beberapa cara menebalkan rambut. Tidak hanya perlu perawatan dari luar saja tetapi perawatan dari dalam juga penting! Jangan lupa untuk menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan kerontokan dan membuat pertumbuhan rambut menjadi lamban. Semoga tips dan trik diatas dapat bermanfaat dan berguna, ya!


(Penulis: Tiara Kandida E)

Hair & beauty