3 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami


  • 3 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami
    Rambut lurus sebagai tampilan yang banyak dipilih wanita. (Foto: Dok. Pixabay/Pexels)

    Rambut adalah mahkota wanita. Kata-kata pepatah ini sering kali terdengar dan memang benar adanya. Mahkota mesti dijaga kecantikannya, dan rambut adalah fitur dari seorang wanita yang bisa membuat wanita merasa cantik. Tidak hanya itu, dengan mempunyai bentuk dan model rambut sesuai preferensi juga bisa menambah percaya diri. Banyak wanita tidak ragu dalam menghabiskan uangnya untuk rambut yang diinginkan.


    Salah satu bentuk dan model yang sangat umum adalah rambut lurus. Rambut lurus sendiri dianggap seperti “standar” kecantikan dan feminin untuk rambut wanita. Dengan adanya hal ini, wanita yang memiliki jenis rambut lainnya sering tidak percaya diri dan melakukan apa pun untuk mempunyai rambut lurus. Padahal, semua rambut itu unik. Untuk kamu yang mempunyai jenis rambut ikal, keriting, atau yang lainnya dan ingin mempunyai rambut lurus tanpa bahan yang merusak, simak cara meluruskan rambut secara alami berikut ini.




    (Baca Juga: 6 Cara Mudah Atasi Rambut Rusak Akibat Smoothing)


    1. Lidah buaya

    Lidah buaya tidak hanya bergunak sebagai obat untuk kulit, tapi juga untuk rambut. Lidah buaya dikenal dapat membuat rambut lebih tebal, tapi tahukah kamu bahwa lidah buaya juga punya manfaat lainnya seperti melembutkan dan meluruskan rambut? Tanaman satu ini memang sangat berguna. Lidah buaya juga banyak menjadi andalan para orang tua dalam mengatasi masalah rambut pada anak.


    Bagian yang berguna dari lidah buaya adalah gel yang terdapat di dalam batangnya. Untuk itu, jika kamu ingin meluruskan rambutmu, ambil gel tersebut secukupnya untuk rambutmu. Lalu, panaskan gel tersebut sampai berubah menjadi cair. Diamkan selama setidaknya satu jam atau lebih sampai mendingin. Setelahnya, aplikasikan lidah buaya tersebut ke rambutmu secara menyeluruh dan diamkan kembali sekitar 40 menit atau sampai mengering. Setelah itu jangan lupa untuk membilas rambutmu menggunakan air dan shampo. Keringkan, dan jangan malas untuk menyisir rambutmu hingga rapi dan tertata.


    2. Santan dan lemon

    cara meluruskan rambut secara alami

    (Perpaduan santan dan sari lemon dapat meluruskan rambut. Foto: Dok. Tijana Drndarski/Pexels)


    Lemon, selain dikenal dapat menghilangkan ketombe pada rambut ternyata juga bisa untuk meluruskan rambut. Perpaduan ini juga sangat bisa digunakan untuk kamu yang mempunyai tekstur rambut yang keras dan sangat tebal. Masker ini juga bisa digunakan ke rambut para pria lho.


    Pertama-tama kamu siapkan santan dan lemonnya. Siapkan satu atau beberapa buah lemon, tergantung panjangnya rambutmu, lalu siapkan setengah jumlah santan dari jumlah lemon yang kamu siapkan. Setelah semua bahan siap, aduk bahan tersebut hingga merata. Kamu aplikasikan ke seluruh bagian rambutmu secara merata, lalu diamkan selama setengah jam. Setelah itu, kamu bilas rambutmu dengan air dan sampo. Kamu juga bisa tambahkan conditioner agar rambut tetap halus.


    3. Telur dan minyak zaitun

    cara meluruskan rambut secara alami

    (Telur mempunyai banyak kegunaan untuk pertumbuhan rambut. Foto: Dok. Anna Shvets/Pexels)


    Telur mempunyai banyak kandungan yang dibutuhkan oleh rambutmu. Kandungan dalam telur di antaranya adalah biotin untuk produksi keratin, L-lisin dan vitamin D. Tidak hanya meningkatkan kekuatan rambut, telur bisa mencegah kerontokan, meningkatkan pertumbuhan rambut, serta tentunya meluruskan rambut dan menambah volumenya.

    Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu siapkan dua butir telur yang nantinya akan dikocok bersama tiga sendok minyak zaitun. Setelah itu, aplikasikan campuran ini ke rambutmu dan diamkan selama satu jam agar meresap. Selesaikan dengan bilas rambutmu dengan air dan shampoo dengan air dingin lalu keringkan serta jangan lupa untuk menyisirnya juga.


    (Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis Untuk Rambutmu, Penasaran Apa Saja?)


    Meluruskan rambut yang lebih cepat bisa dengan menggunakan alat catok atau hair straightener yang dapat bertahan selama tidak terkena air. Kamu juga bisa ke salon lalu memilih treatment smoothing atau rebonding yang tentunya menggunakan bahan kimia. Ini banyak dilakukan oleh para wanita yang memilih untuk tidak melakukan perawatan secara sendiri.


    Cara-cara tersebut tidak salah, tapi memang cara tersebut tidak alami. Jika mencatok rambut dengan tidak benar, rambut akan terlihat aneh. Begitu juga dengan perawatan di salon, rambut memang akan lurus namun terlihat tidak alami, belum lagi potensi akan rusaknya rambut atau alergi karena bahan kimia yang tergolong keras. Untuk itu, demi menghindari itu semua kamu bisa melakukan cara-cara alami di atas. Prosesnya memang tidak sebentar dan memerlukan perawatan yang rutin namun tetap bisa kamu coba. Selamat mencoba!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below