Makanan Enak Di Bandung Yang Bisa Kamu Coba


  • Makanan Enak Di Bandung Yang Bisa Kamu Coba
    Makanan yang disajikan di atas meja. (Foto: Dok. Nicole Michalou/Pexels)

    Bandung adalah kota yang memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Bandung pun menjadi tempat tujuan liburan, bahkan bagi masyarakat di luar pulau Jawa. Memiliki banyak keunikan membuatnya dikunjungi oleh lebih dari 5 juta orang dari Indonesia sendiri setiap tahunnya. Bandung memiliki banyak tempat wisata, tempat sejarah yang dapat dikunjungi, dan juga makanan khas yang diincar saat mengunjungi Bandung.


    (Baca Juga: Cara membuat Seblak Mie Pedas Nikmat)




    Makanan enak di Bandung juga jadi favorit bagi banyak masyarakat lainnya. Seperti makanan daerah lainnya, makanan yang berasal dari Bandung juga banyak diperjual-belikan di kota lain karena cita rasanya yang nikmat. Berikut adalah beberapa makanan di Bandung yang terkenal enak.


    (Baca Juga: Panduan Makan Lengkap ala Aruna dan Lidahnya di 7 Kota)


    1. Serabi

    Serabi banyak ditemukan di mana-mana, termasuk Jakarta sendiri. Tapi tidak lengkap rasanya ke Bandung tidak makan serabi. Makanan serabi atau surabi terbuat dari tepung beras, kelapa parut, dan santan yang biasanya sebagai bahan utama. Serabi pun biasanya dipanggang di atas tungku dari kayu bakar atau arang. Ini membuatnya memiliki aroma dan rasa yang khas.

    Pada umumnya, serabi Bandung ditaburi oncom sehingga memiliki rasa gurih dan pedas. Sedangkan, serabi yang rasanya manis dikenal dengan serabi kinca. Serabi dinilai mirip dengan pancake, bahkan dibilang pancake dari Indonesia. Hal ini bukanlah sesuatu yang luar biasa karena memang serabi dipengaruhi oleh budaya kolonial dan sudah berkembang saat zaman penjajahan Belanda.

    Meski sudah sangat lama berada di Indonesia, serabi terus ada dan dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Di Bandung, serabi bisa kita temukan di banyak pinggir jalanan kota. Serabi yang terkenal lainnya juga berasal dari pulau Jawa, yaitu kota Solo.


    makanan enak di bandung

    (Serabi kinca dan serabi gurih. Foto: Dok. Tokopedia)

    2. Batagor Bandung

    Makanan yang satu ini banyak diserbu oleh mereka yang mengunjungi Bandung untuk dijadikan oleh-oleh. Tapi jangan salah, batagor Bandung itu berbeda ya dengan batagor yang biasa kita jumpai kalau membeli siomay. Batagor atau Baso Tahu Goreng Bandung adalah tahu yang dipadukan dengan aci. Batagor ini bisa dinikmati dengan kuah, ataupun digoreng dengan dicelup ke kecap atau saus kacang.

    Batagor Bandung bisa ditemukan lewat jualan gerobak sampai kepada festival makanan. Sebagian besar mengatakan bahwa batagor diciptakan memang dari kota Bandung, oleh karena itu di Bandung banyak sekali toko penjual batagor yang dikenal banyak masyarakat Indonesia seperti batagor Isan, batagor Kingsley, dan batagor Riri.


    makanan enak di bandung

    (Batagor Riri Bandung. Foto: Dok. Kuliner Bandung Batagor Riri/Instagram)


    3. Cuanki

    Jika kota Malang mempunyai bakso yang khas, Bandung mempunyai bakso cuanki. Cuanki memiliki artian rezeki. Bakso cuanki awalnya merupakan konsumsi warga keturunan Tionghoa, karena itu berbahan dasar daging babi. Pada tahun 80an, banyak yang mengubah bahan tersebut menjadi ikan tenggiri agar bisa dikonsumsi masyarakat umum. Ternyata, respon yang bagus pun diterima hingga cuanki tetap ada hingga sekarang.

    Bakso ikan dengan tepung tapioka ini juga biasa ditemani dengan siomay kukus dan goreng, serta tahu goreng dan rebus yang disajikan dengan kuah kaldu. Harga cuanki pun terkenal terjangkau. Kebanyakan bakso cuanki juga tidak menggunakan mie kuning atau bihun layaknya bakso pada umumnya.


    makanan enak di bandung

    (Bakso Cuanki. Foto: Tokopedia)


    4. Nasi timbel

    Makanan lainnya yang berasal dari Bandung adalah nasi timbel! Nasi timbel merupakan makanan tradisional sunda berupa nasi kukus yang dibungkus dengan daun pisang. Nasi timbel bisa menjadi hidangan lengkap karena biasanya disajikan bersama ayam goreng, empal gepuk, jambal roti, tahu, tempeh, lalapan dan sambal. 

    Awalnya, nasi timbel adalah bekal yang diperuntukkan kepada para petani di sawah. Meski begitu, nasi timbel kini telah menjamur sehinggan gampang ditemukan, di pinggir jalan maupun menu di restoran kelas atas.


    makanan enak di bandung

    (Nasi Timbel. Foto: Tokopedia)


    Itulah beberapa makanan enak di Bandung yang bisa kita coba ketika mengunjungi Bandung kembali. Terdapat banyak makanan atau kudapan lainnya yang bisa kita coba dan bahkan yang sudah terkenal seperti brownies kukus, kue sus, dan juga yoghurt. Jika ingin mengunjungi Bandung untuk mencicipi makanannya, ingatlah untuk tetap mengikuti protokol kesehatan yang ada dan patuhi. Selamat makan!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below