Cara Membuat Seblak Mie Pedas Nikmat


  • Cara Membuat Seblak Mie Pedas Nikmat
    menu seblak mie pedas nikmat (Foto: Dok.seblak_anna/instagram)

    Buat kamu para pecinta makanan pedas pasti sudah tidak asing bukan dengan menu seblak mie ini? Seblak mie merupakan menu jajanan jalanan yang banyak diminati oleh lidah Indonesia yang terbiasa dengan rempah yang kuat pada makanannya. Padahal, cara membuat seblak mie cukup mudah, lho.


    Makanan Indonesia khas Bandung, Jawa Barat ini sudah ada sejak tahun 1940-an, seiring berjalanannya waktu, menu jajanan jalanan ini menjadi lebih dikenal semenjak tahun 2016. Sesuai dengan bahasa Sunda, nama seblak diambil dari bahasa Sunda "nyeblak" yang mana memiliki arti mengagetkan ataupun perasaan kaget karena mencicipi rasa yang super pedas. Makanan yang memiliki kekhasan pada bahan kerupuk basahnya yang kenyal ini selain memiliki cita rasanya yang Indonesia banget, seblak mie juga dihiasi dengan topping sayur, telur, daging ayam ataupun sapi dan dengan rempah khasnya yaitu kencur yang memunculkan cita rasa gurih karena bumbunya yang kaya dan  pedas. 




    Seblak mie adalah menu seblak basah dengan kuah pedas yang pastinya buat kamu ketagihan dengan rasanya ini. Dengan tingkat kepedasannya yang beragam menu ini menjadi menu pilihan banyak orang terutama di Indonesia, karena banyaknya pecinta makanan pedas di Indonesia. Sehingga banyak sekali orang-orang menjadikan makanan seblak mie ini sebagai produk usaha mereka, dengan banyaknya peminat dan juga segmentasinya yang cukup sesuai dengan minat lidah orang Indonesia, menu ini menjadi pilihan yang tepat juga untuk kamu berbisnis. Meski diketahui mengonsumsi makanan pedas bisa memunculkan penyakit usus buntu, namun makanan pedas bukanlah penyebab utamanya kok, jika kamu memang menyukai makanan pedas, kamu bisa mengimbangi kesehatan perut kamu dengan mengonsumsi air putih yang banyak dan juga makanan yang sehat seperti buah-buahan, sayur-sayuran untuk menjaga pencernaan tubuhmu tetap sehat, dan juga jangan terlalu memaksakan diri jika memang kapasitas tubuhmu tidak mampu menerima makanan pedasnya.

    Menu ini juga bisa kamu buat dengan mudah di rumah, penasaran cara membuatnya? Inilah resep mudah membuat seblak mie pedas yang nikmat.


    (Baca Juga: Resep Nasi Goreng Spesial, Menu Sarapan Favorit Indonesia)


    Bahan rempah yang dihaluskan: 

    - 5 siung bawang merah

    - 3 siung bawang putih

    - 5 buah cabai merah

    - 10 buah cabe rawit (sesuai selera individu)

    - 2 ruas kencur


    Bahan makanan yang ditumis:

    - 100 gram kerupuk

    - 1 butir telur

    - 1 bungkus mie instan

    - 1 kepal daun sawi

    - 3 butir bakso (dipotong-potong)

    - 1 buah sosis (dipotong-potong)

    - Garam secukupnya

    - Gula secukupnya

    - Bumbu penyedap rasa secukupnya

    - Minyak secukupnya untuk menumis


    Cara membuat:

    1. Pertama-tama siapkan bahan-bahan makanan untuk membuat seblak mie yang kamu butuhkan.

    2. Kemudian rendam kerupuk dalam air biasa sebelum ditumis dengan sayur yang lain.

    3. Giling halus semua bahan-bahan rempah untuk bumbu pada seblak mie.

    4. Untuk menumis, panaskan minyak secukupnya pada wajan.

    5. Tumis bumbu halus terlebih dahulu, kemudian baru masukkan telur diorak-arik sampai matang, dan kemudian untuk melengkapi rasanya dimasukkan gula, garam dan juga penyedap rasa sesuai selera.

    6. Lalu masukkan sosis, sayur dan juga bakso ataupun bahan tambahan lain yang kamu inginkan untuk ditumis hingga matang.

    7. Tuangkan air ke dalam wajan secukupnya, dan disesuaikan lagi rasanya dengan bumbu-bumbu sesuai selera kamu.

    8. Masukkan kerupuk dan mie ke dalam wajan dan kemudian tunggu air hingga matang sembari menyesuaikan kematangan mie dan kerupuknya jangan sampai terlalu lembek ataupun keras.

    9. Hidangkan seblak mie pedasmu yang nikmat dan seblak mie-mu siap untuk disantap.


    (Baca Juga: Resep Mudah Bumbu Rendang untuk Semua Jenis Daging)


    Nah, apakah menu di atas sudah cukup untuk membuat kamu bangun dari rebahanmu dan mencoba membuat menu seblak mie ini dengan khas dan juga kenikmatan pedasnya yang gurih? Tanpa perlu tunggu-tunggu lagi langsung saja, yuk, coba cara membuat seblak mie yang pedas ini dan nikmati rasa nyeblak karena pedasnya seblakmu.


    (Penulis: Ellys Natalia)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Sabai Dieter Mei 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below