Panduan Makan Lengkap ala Aruna dan Lidahnya di 7 Kota


  • Panduan Makan Lengkap ala Aruna dan Lidahnya di 7 Kota
    Film Aruna dan Lidahnya menyuguhkan berbagai macam makanan khas daerah yang patut dicicipi karena enaknya. Berikut panduan makan di 7 kota. (Foto/Dok.PalariFilms)


    Film 'Aruna dan Lidahnya' yang diangkat dari novel berjudul sama karya Laksmi Pamuntjak mengajak publik menyusuri aneka makanan khas daerah di beberapa kota di Indonesia. 

    Bahkan, menurut penulisnya, sosok Aruna melintasi batas fiksi dan fakta. Ia mengembara ke berbagai pelosok daerah di Indonesia dan kini punya buku panduan restorannya sendiri. Dikutip dari Aruna's Good Food Guide yang dirilis baru-baru ini, berikut beberapa tempat makan favoritnya di Jakarta, Bandung, Surabaya & Pamekasan, Solo, Pontianak & Singkawang, Medan dan Makassar. 

    Panduan ini bisa jadi inspirasi kala bepergian ke daerah-daerah, dan mencicipi serta menyusuri filosofi di balik hidangan yang disantap. 



    (Baca juga: Mengintip Sedap Kuliner di Trailer 'Aruna dan Lidahnya')

    BANDUNG

    1. Bakmi Rica Kejaksaan 

    Tempat makan legendaris ini menyajikan mie tebal berwarna pucat yang dimasak dan dibumbui sempurna. Bagi yang suka pedas, bisa pesan mie rica, jika tidak maka mie yamin bisa jadi opsi. 

    Alamat: Jalan Kejaksaan No 7 Braga, Sumur Bandung, Bandung 

    Buka: 08:00-14:00, dan 16:30-20:00

    2. Bebek Bakar Ayayo 

    Selain bebek bakar dan goreng, ada pula brokoli cah bebek dan sup bebek. Menu wajib cobanya, yakni bebek goreng dabu dabu, yang empuk dan nggak amis sama sekali. 

    Alamat: Jalan Bengawan No 67 Cihapit, Bandung Wetan, Bandung 

    Buka: 11:00-22:00

    3. Braga Permai 

    Sudah ada sejak 1923 di kawasan Braga dengan dominasi masakan Barat, tapi juga makanan Indonesia. Sajian klasiknya Bistik Lidah, dan coba juga cokelat truffle dengan aneka isian. 

    Alamat: Jalan Braga No 58 Braga, Sumur Bandung, Bandung. 

    Buka: 06:30-24:00 

    4. Dapur Dahapati 

    Restoran ini menyajikan sejumlah makanan rumahan klasik dengan paling terkenal sop buntutnya yang empuk dan kuah yang meresap ke bagian tulang. Bisa juga coba buntut goreng serta ayam goreng. 

    Alamat: Jalan Cipaganti no 146, Cipaganti, Coblong, Bandung 

    Buka: 08:00-21:30 

    5. Rumah Makan Legoh 

    Pilihan menunya beragam, seperit aneka pilihan nasi goreng, berbagai lauk yang bisa dinikmati bersama balutan saus rica, cabe ijo, atau cuka, dengan tingkat pedas yang bisa diatur. Usai makan, cicipi juga keju aroma dan es alpukat keroknya. 

    Alamat: Jalan Sultan Agung no 9 Citarum, Bandung Wetan, Bandung 

    Buka: 11:00-21:00



    JAKARTA 


    1. Nasi Uduk Bu Amah 

    Meski lokasi kedai bikin ribet, nasi uduknya istimewa dari segi aroma, tekstur, dan rasa. Wangi kental santan berbaur dengan efek menyegarkan sereh dan daun salam, nasinya renyah dan pulen. Paling baik dipesan lewat telepon sehari sebelum atau beberapa jam sebelum buka. 

    Alamat: Jalan Pengukiran II No 61, Tambora Pekojan, Jakarta Barat (021) 6914356 

    Buka: 16:00-18:00 (tutup hari minggu) 

    2 Gado-gado Bu Mar 

    Dikenal sebagai gado-gado paling 'gemah ripah' di Jakarta. Sayurnya segar, saus kacangnya sedap, dan penampilannya cantik dengan hiasan sobekan kerupuk kanji merah jambu. Untuk amannya pesan dulu lewat telepon sejam sebelum diambil. 

    Alamat: Jalan H Jian Belakang Brwaijaya Women's Hospital, Jakarta Selatan (021) 3171 4281 

    Buka: 10:00-17:00

    3. Mie Alip 

    Kedai mie ini merupakan mie ayam satu satunya di daerah Pecinan yang halal dan yang rasanya benar-benar enak. Kaldunya meresap ke dalam lembar-lembar mie, harumnya semerba dan pangsitnya enak. 

    Alamat: Jalan Sukarjo Wiryopranoto no 20C, kebon kelapa, Gambir, Jakarta 

    Buka: 05:30-15:00 

    4. Rumah Makan Sinar Pagi 

    Berada di tengah pasar Muara Karang, rumah makan ini sudah diserbu pagi-pagi buta. Tujuannya makan lontong sayur Medan paling lezat di Jakarta. Jika tak ingin kebisan lontong sayur, jangan datang lewat dari pukul 08:30 pagi. 

    Alamat: Pasar Muara karang Blok T4 no 14B Jalan Pluit Karang Raya, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. 081932178989 

    Buka: 06:00-11:00

    5. Wong Fu Kie 

    Di ujung salah satu lorong di belakang deretan ruko-ruko di Pasar Gelap berdiri rumah makan Hakka tertua di Jakarta. Kisah-kisah tentang para taipan dan high society Tionghoa yang makan di sini telah lama berseliweran di kalangan para foodie dan sejarawan kuliner. Tak hanya itu, lindung cah fuma, ayam rebus siram masak, sup ikan sampan, dan mie goreng kucai andalan juga jadi bagian legenda kota Tua. 

    Alamat: Jalan Perniagaan Timur 2 no 22, Roa Malaka, Tambora, Jakarta (021) 6906374

    Buka 08:00-17:00 (setiap hari) 


    MAKASSAR


    1.Palubassa Serigala 

    Ini merupakan salah satu spot makan paling ramai di Makassar, baik di waktu sarapan, makan siang hingga makan malam. Mirip coto, palubassa berisi potongan daging dan jeroan kerbau dalam kuah pekat berempah, bertabur parutan kelapa sangari yang wangi. 

    Alamat: Jalan Serigala XIV, Mamajang Dala, Mamajang, Makassar 

    Buka: 10:00-23:00 

    2. Mie Anto 

    Mengingatkan pada I Fu Mie, sajian di resto ini berupa mie berdiameter kecil yang digoreng kering hingga garing dan renyah lantas disiram dengan kuah kental. 

    Alamat: Jalan Bali, Pattunuang, Wajo, Makassar

    Buka: 00:00-12:00, 18:00-24:00 

    3. Mama Toko Kue & Es Krim 

    Yang menjadikan tempat ini menarik, mereka menyediakan berbagai jenis jajanan khas Makassar termasuk yang langka, yang biasanya hanya bisa didapati di acara pesta adat. Es krim rumahan dengan berbagai pilihan rasa klasik juga jadi favorit banyak orang. 

    Alamat: Jalan Serui no 19, Pattunuang, Wajo, Makassar 

    Buka: 08:00-19:00

    4. Kios Semarang

    Tempat ini menjadi spot paling bagus buat menikmati keindahan langit sore atau sunset Pantai Losari. Aneka santapan Chinese food yang disajikannya patut dicoba, dan salah satunya yang juara adalah sayap ayam goreng. 

    Alamat: Jalan penghibur no 20 Bulo Gading, Ujung Pandang, Makassar

    Buka: 12:00-23:00

    5. Rumah Makan Citra 

    Yang spesial di sini adalah Bandeng Hitamnya. Dengan lemak tipis membuat daging lembut dan gurih. Nikmati dengan sambal terasi tomat yang segar. Selain itu, nasi gorengnya juga jadi favorit. 

    Alamat: Jalan Sungai Cerekang no 41 D, Pisang Utara, Ujung Pandang, Gaddong, Bontoala, Makassar

    Buka: 00:00-04:00, 18:00-24:00


    MEDAN


    1. Bihun Bebek Asie

    Di sini, bihun Medan yang cenderung lebih tebal namun berstektur kenyal mirip so'un, ditemani potongan daging bebek yang empuk dalam jumlah cukup banyak. Makanan ini kemudian ditaburi potongan daun bawang dan bawang putih goreng nan masif. Yang patut diicip, rasa kaldunya spesial. 

    Alamat: Jalan Kumango no 15, Kesawan, Medan Barat, Medan

    Buka: 06:00-11:00

    2. Mie Ayam Waringin (M-city) 

    Tempat ini tak ada namanya, sehingga dinamai M-City, letak di mana gedung bernama tersebut berada di dekatnya, sebelum ini. Mie-nya lembut, dibumbui sederhana dengan topping suwiran ayam kampung. Bisa juga minta tambahan sayap ayam yang sudah dilucuti tulangnya, serta telur muda, ati atau ampela. 

    Alamat: Jalan Waringin no 7, Sekip, Medan Petisah, Medan

    Buka: 07:00-12:00 

    3. Miso Blitar 

    Bihun yang lebih mirip so'un, disiram kuah bening bercita rasa gurih segar dan ditambahkan suwiran ayam goreng di atasnya. Sajian ini sederhana, tapi bikin kangen. 

    Alamat: Jalan Polonia, Suka Damai, Medan Polonia, Medan

    Buka: 12:00-22:00

    4. Soto Sinar Pagi 

    Yang khas dari soto Medan adalah kuah buleknya yang berwarna kuning kehijauan. Kental, pekat dengan aroma harum berkat peran aneka rempah yang ada di dalamnya. Favorit banyak orang adalah soto paru, sebab paru gorengnya yang renyah seperti tidak ada tandingannya. 

    Alamat: Jalan sei deli no 2D/1, Silalas, Medan barat, Medan

    Buka: 07:00-16:00

    5. Tip Top Restaurant 

    Salah satu yang membuat orang kembali ke sini adalah kenangannya. Berdiri sejak 1929, tempat ini konon masih menggunakan tungku kayu bakar untuk memasak santapannya. 

    Alamat: Jalan Jenderal Ahmad Yani no 92A-B, Kesawan, Medan Barat, Medan 

    Buka: 08:00-22:30 


    SOLO 


    1. Tengkleng Klewer Bu Edi 

    Sajian tengkleng sayang dilewatkan kalau lagi ada di Solo. Mirip kari dengan kuah lebih encer, isinya berupa kelapa atau tulang kambing dengan sebagian daging yang masih menempel untuk disesapi. Masih disajikan dengan pincuk daun pisang, biasanya tengkleng di tempat ini sudah ludes sebelum pukul lima sore saking enaknya. 

    Alamat; Gapura Pasar Klewer Solo Jalan Doktor Radjiman, Gajahan, Kauman, Ps. Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah 

    Buka: 12:30-16:00

    2. Nasi Liwet & Cabuk Rambak Bu Parmi 

    Di warung ini, nasi liwet jadi favoritnya. Nasinya pulen gurih, ditemani ayam suwir, putih telur kukus, areh santan, sambal goreng pepaya muda, juga telur pindang. Kalau antrian masih panjang, icip saja cabuk rampak, potongan ketupat dengan bumbu wijen gurih dan kerupuk karak ini merupakan sajian khas Solo yang sederhana namun unik. 

    Alamat: Jalan Yos Sudarso no 247, Kratonan, Pasar Kliwon Gajahan, Ps.Kliwon, Surakarta

    Buka: 18:00-24:00

    3. Brambang Asem & Lenjongan Yu Sum 

    Daun ubi jalar rebus disiram saus peka brambang asem yang rasanya asam manis pedas ini unik sekali. Mengingatkan pada rujak, namun berbahan dasar sayuran. Biasanya dinikmati dengan tempe gembus yang terbuat dari ampas kedelai. 

    Alamat: Pasar gede Harjonagoro, jalan jenderal Urip Sumoharjo, Kepatihan Wetan, Jebres, Surakarta

    Buka: 07:00-14:00

    4. Bubur Gudeg Mbok Kedul 

    Tempat legendaris ini selalu ramai bekrat bubur nasi gurih berpadu udeg Solo yang citaraasanya cenderung tidak manis, namun mampu membuat paduan serasi yang kaya dan menarik. janga lupa icip juga juruh alias ketan berbubu kbubuk kedelainya. 

    Alamat: jalan Brigjend Slamet Riyadi no 474, Purwosari, Laweyan, Surakarta

    Buka: 12:00-23:00

    5. Warung Pecel Bu Kis 

    Yang menjadikan tempat ini istimewa untuk menikmati nasi pecel adalah sambal tumpangnya, disamping menu nasi pecel sayurnya yang masih bisa ditambahkan berbagai lauk dan daging atau jeroan sapi goreng. Sambal ini dibuat dari tempe semangit, sambal yang lebih mirip osengan sambal goreng menjadi pelengkap unik yang menambah cita rasa tak biasa pada sajian sayur. 

    Alamat: Jalan gleges, sriwedari, laweyan, Surakarta 

    Buka: 07:00-14:00


    SURABAYA & PAMEKASAN


    1. Nasi Cumi Depan Pasar Atom 

    Nasi cumi komplit selain tentunya cumi-cumi juga berisi mie goreng, babat, empal, paru, ususu, tahu, telur, dan peyek udang. Menikmatinya dengan suasana remang-remang, dekat pangkalan truk. 

    Alamat: jalan Waspada no 2-4, Bongkaran, Pabean Cantian, Surabaya (081233135455)

    Buka: 24 jam 

    2. Depot Anda 

    Kuah rawon di sini disebut juara. Kaldu sapinya entah diwariskan dari berapa generasi. Menyeruput kuah kaldu rawon ini, seperti masuk ke dalam mesin waktu, terlempar ke masa lalu. Daging iganya empuk, dan mudah lepas dari tulangnya. 

    Alamat: Jalan Walikota Mustajab no 74, Ketabang, Genteng, Surabaya. (031) 5453377

    Buka: 06:00-21:00

    3. Kacang Koah dan Tahwa Cak Yudi 

    Kacang kuah disajikan berkeliling, dengan motor atau sepeda. Kacang kuah adalah kacang tanah yang dihidangkan dengan kacang kedelai, dan Tahwa (semacam puding berwarna putih susu, terbuat dari kacang kedelai), disiram kuah jahe yang pas hangatnya dan tidak terlalu manis. 

    Alamat: jalan raya satelit selatan surabaya (disajikan berkeliling sepeda di sekitar Graha Residence) 

    Buka: 07:00-habis 

    4. Soto Ayam Lamongan Cak Har 

    Ini merupakan salah satu tempat rekomendasi buat menikmati soto ayam lamongan. Kuah soto yang penuh keanekaragaman bumbu, bercampur kaldu ayam, disiram di atas nasi, mi soun, suwiran ayam, daun seledri, telor, dan bawang goreng. 

    Alamat: Jalan arief rachman hakim, keputih, sukolilo, Surabaya 

    Buka: 06:00-23:00 

    5. Campor Lorjuk Bu Iis

    Lorjuk adalah sejenis kerang bambu, bahan baku utama makanan ini. Makanan ini hanya bisa dicari di pantai sekitar Pamekasan. Lorjuk yang direbus mengeluarkan cairan semacam kaldu yang melahirkan rasa gurih pada masakan. Campur lorjuk adalah makanan serupa soto, di mana lontong, mie soun, kacang oto' khas madura, toge goreng, dan remahan peyek sebagai pelengkap. 

    Alamat: Jalan raya tanjung pademawu, mungging, majungan, pademawu, Pamekasan 

    Buka: 07:00-09:00


    PONTIANAK & SINGKAWANG 


    1. Pondok Pengkang 

    Di sini bisa menikmati pengkang yang sudah rapi terbungkus daun pisang kemudian dijepit dengan bambu, lalu dibakar. Dimakan dengan sambal kepah, atau semacam kerang yang habitatnya hanya ada di kota Peniti. 

    Alamat: Jalan Raya Peniti, Peniti Luar, Siantan, Pontianak, Kalimantan Barat 

    Buka: 09:00-23:00

    2. Bakmi Kepiting Achai 

    Salah satu makanan favorit para pemeran Aruna dan Lidahnya. Bakminya kuning, bulat, berdiameter kecil. Halus tapi tidak lemah sama sekali. Bakmi dihidangkan dengan sejumput daging kepiting, capit kepiting yang merah merona, dan sedikti telor kepiting yang meledak-ledak rasanya di mulut.  

    Alamat; Jalan hijas, benua melayu darat, pontianak selatan, Kalimantan Barat. (belakang restoran Gajah Mada)

    Buka: pagi-sore 

    3. Choi Pan Rumah Marga Tjhia 

    Bentuknya kurang lebih mirip hakau. Kulitnya jauh lebih lembut. Isinya bukan udang, melainkan sayuran. Ada juga sekilas rasa ebi dan bawang goreng, yang bahu membahu menambah nuansa gurih. 

    Alamat: Jalan budi utomo no36, Condong, Singkawang, Kalimantan Barat 

    Buka: 08:00-18:00

    4. Toko Kopi Nikmat 

    Kopi di kedai ini seperti namanya, nikmat bak aroma dan rasanya. Yang menjadikannya spesial lemari kaca berisi kue kue pasar yang tak kalah nikmat seperti kue bolu, risoles, dan kue soes yang berisi selai srikaya.

    Alamat: Jalan sejahtera, singkawna barat, melayu, singkawang, Kalimantan Barat 

    Buka: 06:00-15:00 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below