Jangan Takut, Ini 7 Cara Menambah Berat Badan Dengan Sehat


  • Jangan Takut, Ini 7 Cara Menambah Berat Badan Dengan Sehat
    (Cara Menambah Berat Badan dengan Sehat.Foto: Dok.Kzenon/iStock)

    Tidak semua orang menginginkan tubuh yang kurus. Justru ada juga yang ingin menaikkan berat badan agar terlihat lebih curvy atau ingin mencapai berat badan yang ideal. Namun, kamu perlu mengecek dulu apakah berat badan kamu memang berada di bawah berat badan normal atau tidak. Jika kamu benar memiliki berat badan yang kurang dari seharusnya jangan gunakan cara yang sembarangan untuk membuat tubuh menjadi berisi, seperti banyak mengonsumsi junk food, sering minum minuman yang manis, dan malas berolahraga.


    Kamu juga perlu memerhatikan kebutuhan nutrisi dan dampaknya untuk kesehatan kamu. Berikut ini terdapat beberapa cara menambah berat badan dengan sehat yang bisa kamu lakukan.




    1. Konsumsi makanan bergizi 

    Seperti yang telah disinggung di atas, jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan minuman yang berkadar gula tinggi maka itu bukanlah cara terbaik agar badan menjadi gemuk. Justru kamu perlu memenuhi gizi yang dibutuhkan tubuh dengan makan makanan sehat, banyak mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin, serta sumber protein tanpa lemak, seperti kacang-kacangan, ikan, dan daging ayam tanpa kulit. Karena dengan mengonsumsi jenis makanan seperti itu bisa membuat badan kamu lebih berisi dan sehat.

    Jika kamu merasa kesulitan dalam menentukan pola makan yang tepat untuk menggemukkan badan, kamu bisa melakukan diskusi dengan dokter gizi agar kebutuhan makananmu sesuai.


    Cara menambah berat badan

    (Pilihan makanan sehat untuk menambah berat badan dengan sehat. Foto: Dok. Ella Olsson/Pexels)

    2. Makan dengan porsi kecil tapi sering

    Biasanya orang yang memiliki tubuh kurus lebih cepat merasa lapar karena mereka memiliki metabolisme tubuh yang tinggi. Namun, jika kamu ingin merasa kenyang disarankan untuk makan dalam porsi yang kecil tapi sering daripada makan dengan porsi yang lebih banyak karena dapat menganggu sistem pencernaan tubuh. 


    (Baca Juga: Intip 7 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami)


    3. Menambahkan kalori sehat pada menu makanan 

    Agar menjadi gemuk tapi sehat, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan kalori ke dalam makanan kamu. Misalnya, kamu bisa menambahkan keju parut ke dalam setangkap roti gandum utuh untuk sarapan, atau menambahkan kacang almond ke dalam bowl smoothie kamu. Namun kamu perlu memilih tambahan kalori yang sehat saja, ya.  


    4. Memilih camilan kaya nutrisi 

    Siapa sih yang enggak suka ngemil? Pasti semua orang suka ngemil untuk sekadar iseng mengisi perut lapar. Tapi bagi kamu yang ingin ngemil sehat sarannya kamu bisa mengonsumsi cemilan sehat, seperti kacang almond, alpukat, buah ceri, kacang makadamia, dan lain-lain. 


    5. Mengurangi minuman manis 

    Minuman manis seperti teh, kopi, soda, dan alkohol memang nikmat namun lebih baik kamu mulai menguranginya. Kamu bisa mengganti minuman tersebut dengan minuman yang lebih sehat seperti jus buah, smoothie dengan campuran susu dan yoghurt. Selain mengurangi resiko terkena diabetes, minuman sehat tersebut mampu menaikkan berat badan dengan sehat karena di dalam buah-buahan terdapat berbagai jenis vitamin.

     

    Cara menambah berat badan

    (Smoothie sebagai pengganti minuman manis. Foto: Dok. Lisa Fotios/Pexels)

    6. Mengonsumsi makanan dengan lemak sehat 

    Selain makanan yang tinggi protein, makanan yang mengandung lemak juga perlu ditambahkan untuk menaikkan berat badan. Namun kamu hanya disarankan untuk mengonsumsi lemak yang sehat, seperti minyak zaitun, alpukat, salmon, telur dan lainnya. Makanan-makanan ini mengandung asam lemak omega-3 sehingga baik untuk kamu yang ingin menambah berat badan. Untuk minyak zaitun bisa kamu gunakan sebagai pengganti minyak goreng biasa. Bisa  sebagai tambahan dressing salad. Alpukat dan salmon juga bisa kamu padukan untuk hidangan sandwich.


    (Baca Juga: Daftar Menu Diet Sehat Seminggu Yang Bisa Jadi Pilihanmu)

    Cara menambah berat badan(Lakukan olahraga rutin agar berat badan tetap stabil. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

    7. Olahraga rutin 

    Hal terpenting dan wajib untuk dilakukan sebagai cara menaikkan berat badan dengan sehat adalah rutin berolahraga. Kamu bisa melakukan olahraga yang melatih kekuatan otot, seperti angkat beban. Jika kamu belum pernah melakukan olahraga angkat beban tersebut ada alternatif olahraga lainnya yang juga memiliki fungsi sama yakni aerobik, berenang, dan berlari. 

    Itulah 7 cara menambah berat badan dengan sehat yang bisa kamu lakukan dirumah dengan mudah. Namun, kamu juga jangan lupa untuk selalu memperhatikan asupan cairan, istirahat yang cukup, dan mengelola tingkat stres. Lakukan juga pemeriksaan kesehatan rutin, agar kamu bisa memantau kondisi kesehatanmu secara keseluruhan. 


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below