Cara Menghilangkan Rasa Posesif


  • Cara Menghilangkan Rasa Posesif
    Posesif terhadap pasangan adalah tidak adanya kepercayaan dalam hubungan. (Foto: Dok. Anna Shvets/Pexels)

    Rasa memiliki terhadap pasangan dalam menjalin hubungan memang wajar tumbuh seiring berjalannya waktu dan kedekatan yang ada. Rasa ini harus dijaga dalam kadar yang aman agar tidak berubah menjadi rasa posesif.


    Rasa posesif sendiri bukanlah hal baik dalam hubungan. Itu bisa menjadi tanda ketidak percayaan dan mengganggu kegiatan pasangan karena orang yang posesif biasanya juga cenderung orang yang ingin menempel terus hingga dikonotasikan sebagai lengket. Jika ingin hubunganmu berjalan baik-baik saja tanpa adanya posesif ini, kamu harus baca penjelasan cara menghilangkan rasa posesif berikut ini.


    (Baca Juga: Pasanganmu Protektif Atau Posesif? Cari Tahu Perbedaannya!)


    1. Nikmati hidupmu

    Dengan menjalin sebuah hubungan, bukan berarti kamu tidak bisa lagi menikmati hidupmu sendiri. Ingatlah bahwa kamu seperti mempunyai teman tambahan dan bisa menghabiskan banyak waktu dengannya, tapi jika kamu masih ingin bersenang-senang sendiri atau bersama teman-teman, kamu juga bisa melakukan itu! Kamu harus bisa membagi waktumu agar bisa menikmati hidupmu sendiri dan juga waktu bersama pasangan, karena pasangan yang baik tidak akan mendikte bagaimana kamu harus menjalani hidupmu.


    cara menghilangkan rasa posesif

    (Berlibur adalah salah satu cara menikmati hidupmu. Foto: Dok. Valentin Perret./Pexels)


    2. Percaya pada pasanganmu dan dirimu sendiri

    Selain komunikasi, kepercayaan juga adalah hal yang penting dalam suatu hubungan. Tidak ada orang yang suka saat terus menerus diawasi dalam hal apa pun. Kamu harus belajar menumbuhkan rasa percaya pada pasanganmu dengan memahami bahwa si dia juga percaya padamu, ingat juga rasa kepercayaan ini harus dijaga oleh kalian berdua.

    Kamu juga harus percaya pada dirimu sendiri kalau kamu mampu melakukan ini, walaupun susah. Belajar secara perlahan dalam melakukan ini.


    (Baca Juga: Bahaya Pria Posesif)


    3. Tahan diri dalam ‘mengontrol’ pasangan

    Jika memiliki rasa posesif, itu juga akan berujung pada perasaan ingin mengontrol orang tersebut. Tentunya hal itu tidak boleh dilakukan. Ini akan memicu konflik dan perasaan tidak nyaman yang dirasakan pasanganmu karena dia bisa merasa dilanggar privasinya.

    Ke depannya, dia bisa saja menyembunyikan sesuatu dan kamu pastinya akan marah. Untuk itu, kamu juga harus mempunyai kontrol terhadap dirimu sendiri. Kamu harus sering-sering sadar akan keinginan mengontrol itu dan menghentikannya segera. Ingatlah bahwa hubunganmu diatur oleh kalian berdua, bukan hanya kamu.


    Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa posesif.


    (Penulis: Vania Ramadina)

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Cara Menghadapi Gebetan yang Posesif

Cara Menghadapi Gebetan yang Posesif

oleh Kiki Riama Priskila

Bahaya Pria Posesif

Bahaya Pria Posesif

oleh Kiki Riama Priskila