Sex & relationship

Bahaya Pria Posesif

By : Kiki Riama Priskila - 2021-06-16 09:26:00 Bahaya Pria Posesif

Mungkin memiliki pasangan yang mudah cemburu terasa menyenangkan bagimu. Ada perasaan selalu diinginkan dan diperhatikan. Namun, jika sikapnya ini dilakukan secara berlebihan dan tanpa alasan, bisa jadi ia masuk dalam kategori posesif. Lalu, apa dampaknya bagi hubungan kalian? Inilah bahaya pria posesif yang perlu kamu tahu.


1. Mengatur hidupmu

Hanya dengan alasan kamu adalah pacarnya, ia merasa berhak mengatur semua aspek hidupmu. Padahal, pacaran itu bukan untuk saling mengatur, lho, melainkan untuk saling melengkapi. Ia hanya ingin kamu menuruti semua keinginannya. Biasanya sih akan diikuti dengan alasan, "Ini semua demi kebaikanmu."


(Baca Juga: Tanda Pacar Posesif Yang Harus Kamu Tinggalkan)


2. Banyak masalah yang datang

Saat semua aspek hidupmu dikendalikan oleh pasangan, kamu jadi merasa tak lagi punya tujuan hidup. Saat inilah masalah pun akan mulai bermunculan. Mulai dari ketidak-siapanmu menghadapi tantangan, hingga kehilangan rasa semangat untuk memperjuangkan masa depanmu.


3. Jadi sulit berkembang


(Bahaya punya pasangan posesif. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

Mengingat kamu mulai patah semangat untuk mewujudkan tujuan hidup, kamu jadi sulit berkembang. Rasanya tak ada lagi pengalaman baru yang ingin kamu coba. Padahal, hubungan yang harmonis adalah saat kalian bisa saling mendukung satu sama lain untuk jadi pribadi yang lebih baik. 


4. Semakin tidak percaya diri

Karena tidak bisa berkembang, kamu jadi orang yang kurang percaya diri dan minderan. Kamu hanya "bergantung" pada pasangan sehingga hal ini juga bisa membatasi ruang gerakmu untuk bersosilisasi atau berkarier. Rasanya, semua yang kamu lakukan adalah salah. Ini salah satu karakteristik orang yang kurang percaya diri.


(Baca Juga:  Tips Menghadapi Pasangan Yang Posesif)


5. Hubungan kalian terasa palsu

Mungkin kamu akhirnya merasa jera dan tak ingin lagi hidup dalam bayang-bayangnya, namun belum bisa keluar dari hubungan itu. Akhirnya, kamu terpaksa berbohong pada pasangan demi bisa melakukan keinginanmu. Ini hanya akan menambah drama dan masalah dalam hubungan karena kamu harus jadi "orang lain" dalam hubungan itu. Padahal, hubungan yang baik adalah saat kedua orang di dalamnya sama-sama merasa nyaman.


Itulah beberapa bahaya pria posesif yang perlu kamu tahu. Jika kamu sedang mengalaminya, sebaiknya segera hadapi agar sifatnya tidak berlangsung terlalu jauh. 

Sex & relationship