Life & health

Hal Menarik World Cup Qatar 2022, Kontroversi hingga Ada BTS

By : Her World Indonesia - 2022-11-21 16:00:01 Hal Menarik World Cup Qatar 2022, Kontroversi hingga Ada BTS

Kamu penggemar sepak bola? Pasti sudah tidak asing lagi dengan acara sepak bola terbesar tahun ini yaitu FIFA World Cup 2022 yang diselenggarakan di Qatar. Berlangsung mulai 20 November hingga 18 Desember, acara ini menjadi World Cup pertama yang diadakan di negara Arab, serta menjadi World Cup kedua yang diadakan di Asia setelah Jepang dan Korea Selatan di tahun 2002 lalu.


Setelah upacara pembukaan yang meriah, World Cup juga mengadakan pertandingan pembukaan antara Qatar dan Ekuador di Al Bayt Stadium, Al Khor, yang berakhir dimenangkan oleh tim Ekuador. Pertandingan final World Cup 2022 akan berlangsung di tanggal 18 Desember mendatang, bersamaan dengan hari Nasional Qatar.


Dipenuhi antusias penggemar sepak bola hingga kehadiran selebriti ternama, berlangsungnya World Cup Qatar 2022 juga diselimuti oleh berbagai kontroversi, lho. Apa saja sih hal-hal penting dan seru yang perlu kamu ketahui mengenai World Cup Qatar 2022? Berikut rangkuman dari Her World.


1. Kontroversi


(FIFA World Cup Qatar 2022. Foto: Dok. fifaworldcup/Instagram)

Pengumuman World Cup 2022 yang terpilih diadakan di Qatar langsung memicu kontroversi. Pasalnya, Qatar dikenal telah melakukan beberapa aksi yang dianggap “immoral” oleh masyarakat internasional, termasuk perlakuan buruk terhadap pekerja migran, pengabaian isu perubahan iklim, hingga anti kelompok LGBT.


Berkat kontroversi ini, banyak pihak sudah melakukan boikot terhadap World Cup Qatar 2022, termasuk klub dan pemain sepak bola, selebriti, hingga presiden FIFA Sepp Blatter yang pernah mengatakan World Cup Watar adalah sebuah ‘kesalahan’.

2. Maskot World Cup Qatar 2022


(La'eeb, maskot resmi FIFA World Cup Qatar 2022. Foto: Dok. fifaworldcup/Instagram)

Maskot resmi dari FIFA World Cup 2022 di Qatar adalah La’eeb. Memiliki bentuk menyerupai kartun Casper, La’eeb dalam bahasa Arab sendiri berarti pemain yang handal. La’eeb tidak memiliki bentuk yang identik, dengan makna untuk membebaskan tiap orang menafsirkan maskot tersebut dengan arti apapun. La’eeb juga dianggap sebagai pembawa kebahagiaan sepak bola bagi semua orang.



(Baca Juga: Sudah Tayang, Intip Gaya Pemeran Film Sri Asih di Red Carpet)


3. Duta FIFA World Cup 2022



Pada upacara pembukaan World Cup Qatar 2022, Morgan Freeman, aktor tersohor Hollywood tampil bersama seorang pria disabilitas bernama Ghanim Al Muftah. Terlahir tanpa bagian badan bawah, Ghanim Al Muftah kini merupakan seorang Youtuber Qatar yang meniti studi di Loughborough University.


Bersama Morgan Freeman, keduanya membawakan pidato motivasi yang bertema “Hope, Jubilation, and Respect”. Ghanim Al Muftah juga terpilih sebagai duta resmi dari FIFA World Cup 2022 di Qatar.

4. Penampilan Artis Ternama

(Morgan Freeman di FIFA World Cup Qatar 2022. Foto: Dok. fifaworldcup/Instagram)

Meski beberapa musisi memutuskan mundur untuk hadir di World Cup Qatar 2022 berkat kontroversinya, acara sepak bola ini akan tetap dimeriahkan dengan penampilan dari artis mancanegara yang tidak kalah populer. Beberapa diantaranya adalah Maluma, Nicki Minaj, dan Myriam Fares. The Black Eyed Peas, Robbie Williams, dan Nora Fatehi juga dikabarkan akan tampil pada World Cup Qatar 2022.


Rapper asal Amerika Lil Baby akan membawakan anthem World Cup Qatar 2022 yang telah ia rilis di bulan September lalu. Lagu resmi Wold Cup Tukoh Taka yang dibawakan oleh Lebanon juga akan memeriahkan acara sepak bola satu ini.


5. Jungkook BTS Bawakan Lagu Baru


(Penampilan Jungkook BTS di FIFA World Cup Qatar 2022. Foto: Dok. fifaworldcup/Instagram)

Selain musisi-musisi di atas, World Cup Qatar 2022 juga kedatangan Jungkook, anggota boy group terkenal asal Korea Selatan BTS. Jungkook secara resmi menjadi idola Korea Selatan pertama yang tampil di panggung World Cup. Anggota termuda BTS ini akan membawakan lagu Dreamers sebagai soundtrack resmi World Cup Qatar 2022. Video klip Dreamers akan ditayangkan pada channel Youtube FIFA pada 22 November.


(Baca Juga: Jadi Tour Guide di G20, Ini Fakta Menarik Putu Ayu Saraswati)


Berikut adalah fakta unik mengenai World Cup Qatar 2022. Jangan lupa ikuti tim sepak bola favoritmu di pertandingan World Cup Qatar 2022, ya!


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)



Life & health