Hair & beauty

Para Pemula Wajib Tahu, Ini Cara Yang Tepat Pakai Retinol

By : Her World Indonesia - 2022-12-22 18:00:01 Para Pemula Wajib Tahu, Ini Cara Yang Tepat Pakai Retinol

Bahan retinol nampaknya sudah tidak asing lagi dalam dunia skincare. Berbagai manfaat yang diberikan banyak membantu berbagai permasalahan kulit wanita, seperti mencegah keriput, mecerahkan kulit, menghilangkan jerawat sampai flek hitam.

Dilain sisi, retinol yang merupakan turunan dari vitamin A ini juga sangat tricky dalam penggunaannya. Bila pemakaian tidak disertakan dengan cara yang benar, malah dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Tidak perlu khawatir, berikut ini Her World rangkumkan cara yang tepat untuk menggunakan retinol khususnya bagi para pemula. Let’s take a look!


1. Mengetahui jenis retinol

(Kenali retinol yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Foto: Dok. freepik)


Bagi para pemula, yang harus kamu lakukan terlebih dahulu sebelum membeli produk retinol ialah menyesuaikan kondisi kulit dengan jenis retinol. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif sangat disarankan untuk menggunakan perpaduan antara retinol dan asam palmitat atau yang bisa disebut retinyl palmitate. Berbeda dengan kulit berminyak dan berjerawat sangat disarankan untuk menggunakan retinol dengan tambahan kandungan adapalene. Bahan retinol murni, bisa digunakan bagi kamu pemilik kulit normal.


2. Pemakaian dimalam hari

(Retinol lebih baik digunakan di malam hari. Foto: Dok. senivpetro/freepik)

Bahan retinol faktanya lebih baik digunakan dimalam hari, hal ini karena manfaat yang digunanakan lebih terasa jika digunakan dalam waktu yang lama. Proses regenerasi kulit juga lebih maksimal dilakukan dimalam hari.


(Baca Juga: Wajib Tahu! 4 Cara Memakai Retinol Yang Benar)



3. Pastikan muka dalam keadaan kering

(Pastikan muka dalam keadaan kering sebelum menggunakan retinol. Foto: Dok. pvproductions/freepik)

Sebelum mengaplikasikan retinol pada kulit wajah, langkah awal yang harus dilakukan ialah mencuci muka sampai bersih. Patikan untuk mengeringkan muka dengan maksimal sebelum menggunakan retinol. Hal ini dikarenakan, retinol dapat menyebabkan iritasi, kulit memerah dan mengelupas bila digunakan pada area kulit yang basah.


4. Menggunakan sunscreen

(Pastikan menggunakan sunscreen spf 30 saat menggunakan retinol. Foto: Dok. freepik)

Bila kamu mau memulai menggunakan retinol, pastikan untuk memakai sunscreen dengan minimal spf 30 setiap paginya. Hal ini dikarenakan, bahan retinol menyebabkan kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.


5. Menggunakan secukupnya

(Retinol harus digunakan secara bertahap. Foto: Dok. freepik)

Retinol yang memang terbukti memberikan banyak manfaat ternyata juga tidak boleh digunakan secara berlebihan. Kamu juga harus menggunakan retinol secara bertahap. Pada minggu pertama, gunakan retinol satu kalli dalam minggu selanjutnya kamu baru bisa menambah jumlah pemakaian menjadi dua kali. Begitu juga pada minggu ketiga menjadi tiga kali. Jangan menggunakan retinol setiap hari secara sekaligus, karena dapat memberikan efek iritasi. Kamu juga cukup menggunakan retinol sebesar kacang polong pada setiap pemakaiannya. 


(Baca Juga: Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Retinol)


Berikut itu telah Her World rangkumkan cara untuk menggunakan retinol bagi para pemula. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(Penulis: Brigitta T.Halim)


Hair & beauty