Hair & beauty

Wajib Tahu! 4 Cara Memakai Retinol Yang Benar

By : Her World Indonesia - 2022-08-08 13:00:01 Wajib Tahu! 4 Cara Memakai Retinol Yang Benar

Beauty enthusiast pasti sudah enggak asing lagi dengan kandungan retinol yang sering ditemukan di berbagai produk skincare. Retinol merupakan bahan aktif dari vitamin A yang mampu mengatasi jerawat, memperbaiki tekstur kulit, hingga mencegah penuaan dini. Nah, retinol bisa mempercepat proses pembaruan sel-sel kulit mati dan membuat tekstur kulit menjadi lebih halus.

Sebenarnya ada berbagai jenis retinol sesuai dengan tingkat kekuatannya, mulai dari yang paling tinggi sampai paling rendah. Meski memiliki tingkat kekuatan yang berbeda, retinol apa pun yang kamu gunakan, jika digunakan dengan benar akan memberikan hasil maksimal. Yuk cari tahu cara memakai retinol yang benar di bawah ini!


1. Gunakan Secukupnya

(Gunakan Retinol Secukupnya. Foto: Dok. Aja Koska/iStock)

Penting bagi kamu untuk mengetahui berapa banyak retinol yang bisa kamu gunakan. Sebab, ada beberapa orang yang menggunakan retinol dalam jumlah terlalu banyak atau dalam tingkat kekuatan yang terlalu tinggi. Padahal, penggunaan retinol harus dimulai dari tingkat kekuatan yang rendah.

Hal ini penting bagi kamu yang memiliki jenis kulit sensitif. Pasalnya, kulit kamu perlu beradaptasi dengan retinol selama beberapa minggu, baru kamu bisa meningkatkan konsentrasi retinol secara bertahap.


2. Gunakan Pada Kulit Kering

Retinol berisiko menyebabkan kulit iritasi dan kering jika digunakan pada kulit yang lembap. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakan produk ini pada kulit yang kering. Jika kamu ingin menggunakan pelembap, pastikan pelembap tersebut sudah kering sebelum kamu menggunakan retinol

(Baca juga: 8 Bahan Skincare Alternatif Retinol, Tidak Bikin Iritasi!)


3. Gunakan di Malam Hari

(Retinol Lebih Baik Digunakan Malam Hari. Foto: Dok. byryo/iStock)

Retinol mengandung zat photolabile yang mudah rusak bila terkena cahaya terang atau sinar matahari langsung. Untuk itu, sebaiknya kamu menggunakan retinol pada malam hari. Jika kamu menggunakan retinol pada pagi hari, pastikan untuk melapisi kulit wajah dengan sunscreen. Namun, penggunaan sunscreen tetap tidak menjamin retinol bebas dari kerusakan.


4. Kandungan Yang Tidak Boleh Digunakan Bersama-sama


Cara memakai retinol yang terakhir adalah menghindari penggunaan produk eksfoliasi seperti AHA dan BHA. Pasalnya, penggunaan retinol dengan produk eksfoliasi dapat membuat kulit menjadi kering, iritasi, dan mengelupas. Oleh karena itu, gunakanlah retinol dan produk eksfoliasi dalam waktu yang berbeda.


(Baca juga: Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Retinol)


Jika kamu menggunakan retinol dengan benar, dijamin kamu akan memperoleh sederet manfaat retinol bagi kulit. Selamat mencoba!


(Penulis: Audrey Josephine)

Hair & beauty