Life & health

Zsa Zsa & Riri, Bukti Wanita Punya Peran di Industri Kopi

By : Vanessa Masli - 2022-12-19 14:00:01 Zsa Zsa & Riri, Bukti Wanita Punya Peran di Industri Kopi

Kalau bicara tentang tren minuman di kalangan masyarakat Indonesia, mungkin kopi susu menjadi salah satu minuman yang masih banyak dinikmati. Mulai dari work from café hingga hangout bareng teman, kopi susu tak jarang menemani setiap orang. Minuman yang mungkin juga sering kamu nikmati ini tak henti membangun industri besar di Tanah Air dengan berbagai brand, restoran, dan kafe yang menyajikannya.


Kopi Kenangan menjadi salah satu brand kopi yang mungkin familier di telinga (dan bisa jadi sering kamu nikmati juga varian kopinya). Sebuah jenama kopi yang kemudian berkembang dalam ragam format dan brand, termasuk Kenangan Heritage yang sudah membuka toko pertamanya di Senayan City, Jakarta.


Ketika industri kopi Tanah Air lagi-lagi terlihat didominasi oleh pria, ada sosok-sosok wanita yang buktikan pentingnya peran kaum hawa dalam industri kopi. Dua sosok di antaranya adalah Zsa Zsa Istiqomah – store manager Kenangan Heritage serta Riri Heryanti – Head of Brand & Communications Kenangan Brands. Kedua wanita ini telah menjalani perannya dan jadi bagian dari jenama satu ini. Kecintaan mereka pada kopi membawa keduanya dalam perjalanan karier di industri kopi.


Untuk merayakan ulang tahun Kenangan Heritage yang pertama, Her World berkesempatan untuk mengenal dua wanita tersebut sekaligus mendalami perjalanan mereka dalam industri ini. Rupanya ada peran penting wanita dalam perkembangan industri kopi, Zsa Zsa dan Riri bisa jadi gambaran yang mungkin kamu butuhkan.



(Head of Brand & Communications Kenangan Brands, Riri Heryanti. Foto: Dok. Kopi Kenangan Indonesia)



(Store manager Kenangan Heritage, Zsa Zsa Istiqomah. Foto: Dok. Kopi Kenangan Indonesia)


Kecintaan pada kopi memotivasi pilihan karier


Sejak dulu, Riri adalah salah satu penikmat kopi yang tak bisa memulai hari dengan baik tanpa secangkir kopi. Wanita yang memiliki gelar Master in Strategic Marketing di Cranfield University, Inggris ini punya tempat spesial di hatinya untuk kopi dan traveling. Setiap kali ia berkunjung ke sebuah daerah, kedai kopi pasti menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi.


Jadi saat Riri mendapatkan kesempatan untuk berkarya di industri kopi, dua passion yang ia cintai pun bisa dilakukan secara bersamaan. Sedangkan Zsa Zsa mengawali kariernya sebagai barista karena tertarik untuk mencoba ragam kopi lokal Indonesia. Saat sejak kecil lebih banyak mencoba kopi pahit saja, Zsa Zsa temukan keunikan dari kopi yang membuatnya ingin mencari tahu lebih dalam dan perjalanannya menjadi seorang barista pun dimulai.


(Baca Juga: Coba 6 Cara Ini, Bikin Semangat Kerja di Musim Hujan)


Perkembangan industri kopi yang kian menarik untuk eksplorasi


“Kilas balik sedikit ke tahun 2017, pasar kopi di Indonesia terbagi menjadi dua yaitu merek kopi instan dan merek kopi internasional,” jelas Riri saat ditanya mengenai perkembangan tren di industri kopi saat ini. Dengan perbedaan harga yang berbanding lurus dengan kualitas kopinya, Riri merasakan perubahan tren kopi yang kini dihadirkan berbagai jenama lokal.


Tanpa terkecuali Kopi Kenangan dan Kenangan Heritage, ragam jenama kopi lokal berhasil menjadi jembatan perbedaan harga dan kualitas kopi. Kini, banyak orang dapat menikmati kopi berkualitas dengan harga yang affordable sehingga banyak anak muda pun masih memilih kopi sebagai salah satu minuman wajib.


Zsa Zsa pun memandang adanya keragaman dari cara tiap-tiap orang menikmati kopi. “Tren kopi saat ini sangat luas ya. Semua orang sedang mencoba banyak hal untuk menikmati kopi dari standar biasanya,” ungkapnya. Mulai dari proses pasca panen yang baru dicoba di Indonesia, beragam cita rasa yang dihasilkan dari proses tersebut, dan sentuhan para barista yang membuat tiap-tiap rasanya jadi variatif.



(Outlet Kenangan Heritage di Senayan City, Jakarta. Foto: Dok. Kenangan Brands)


(Baca Juga: 5 Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula, Rasa Pahit Tetap Bermanfaat)


Peran wanita dalam industri kopi Tanah Air

(Zsa Zsa menjalani perannya dan kecintaannya sebagai barista. Foto: Dok. Kenangan Brands)


Kehadiran Zsa Zsa dan Riri menjadi bukti akan adanya peran wanita dalam industri kopi Tanah Air. Mulai dari petani wanita yang memanen biji kopi hingga barista wanita di Indonesia yang menyajikan kopi-kopi dengan kreasi dan kisah di baliknya. Bagi Zsa Zsa, banyaknya wanita memiliki peran dan ruang untuk menunjukkan keahlian dalam membangun industri kopi lokal.


Sedangkan bagi Riri, penting untuk menunjukkan kekuatan dan keahlian wanita dalam industri kopi yang lebih didominasi pria. Dalam menjalani perannya, Riri memastikan selalu memaparkan data dan fakta dalam argumen yang ia sampaikan. Plus, memastikan tiap-tiap anggota dalam tim memiliki kepercayaan diri utnuk berani berpendapat dan bertanya. Keduanya menyakini wanita memiliki ruang dan kesempatan untuk menunjukkan keahliannya sekaligus mengambil peran dalam perkembangan industri kopi di Tanah Air.


Life & health