Life & health

Coba 6 Cara Ini, Bikin Semangat Kerja di Musim Hujan

By : Vanessa Masli - 2022-11-18 18:00:01 Coba 6 Cara Ini, Bikin Semangat Kerja di Musim Hujan

Ketika satu tahun hampir berakhir, memasuki bulan-bulan yang diakhiri dengan ‘ber’, rintik hujan menjadi cuaca familier dalam keseharian. Saat langit mulai dipenuh awan kelabu, hawa panas mendadak sejuk, lalu diakhiri dengan hujan (rintik maupun deras), mungkin tak jarang membuatmu ingin menutup laptop dan berhenti bekerja.


Lebih menggoda lagi untuk tak keluar dari rumah, saat hujan sudah turun dari pagi hari. Beribu alasan mulai mengisi kembali yang bisa urungkan niat untuk bekerja penuh semangat. Kamu pernah merasa seperti itu? Tenang, kamu tak sendiri. Namun, di bawah ini Her World sudah merangkum beberapa cara bikin semangat kerja di musim hujan yang bisa dicoba. Penasaran apa saja?


1. Paksakan diri untuk berangkat


Langkah pertama adalah kamu keluar dari rumah. Mungkin kalau hari sedang mendung, beri waktu untuk menikmati ketenangan di sekitarmu. Entah jalan pagi atau sekadar keluar ke teras dengan secangkir kopi, nikmati suasananya. Perhatikan apa yang kamu lihat, dengar, cium, dan rasakan.


Kalau memang satu-satunya jalan untuk keluar dari rumah adalah berangkat kerja, mungkin ini jadi cara menumbuhkan semangat yang sempat redup di musim penghujan ini.



(Keluar untuk membeli kopi di kedai favorit saat hujan. Foto: Dok. Klaus Nielsen/Pexels)


2. Lakukan olahraga ringan


Mungkin rasanya berat untuk melakukannya. Ketika ada cuaca yang mendukungmu untuk lanjut tidur, tapi kamu harus berolahraga. Namun, olahraga dengan intensitas tertentu bisa berikan semangat yang kamu butuhkan untuk jalani hari. Kamu tak perlu keluar rumah untuk berolahraga, bisa melakukan stretching atau senam yoga selama 30 menit, memutar video workout di YouTube dan melakukannya. Bahkan, kamu bisa lari di tempat atau olahraga kardio sebagai pemicu semangat sekaligus pembakar kalori tubuh.


3. Nikmati minuman hangat


Udara sejuk hampir dingin di musim hujan ini bisa jadi alasan untuk menikmati secangkir teh atau kopi hangat. Mungkin ada yang nyaman dengan kehangatan air putih, tapi buat kamu yang ingin memberi rasa pada hari yang sendu, minuman manis bisa jadi opsi. Apalagi kalau minuman manis tersebut dikonsumsi selagi hangat, tubuh dan hati bisa ikut merasakan kehangatan yang kamu butuhkan untuk jalani hari.


(Baca Juga: Mudah Mengantuk dan Lelah? Ketahui Berbagai Penyebabnya)


4. Habiskan waktu bersama teman


Jalani hari di kantor bersama teman-teman kerja bisa jadi salah satu cara untuk bikin kamu semangat kerja di musim hujan. Sebab, cuaca hujan, ditambah load pekerjaan yang bikin pusing, kamu bisa dengan mudah mengalami kondisi mental yang kurang baik pada hari tersebut sehingga hubungan dengan orang lain jadi elemen penting.


Kalau kamu memutuskan untuk bekerja di luar kantor, ajak temanmu bertemu dan bekerja bersama. Setidaknya ada hubungan antar manusia yang bisa motivasi untuk kamu bekerja di hari tersebut.


5. Pakaian yang hangat dan berwarna


Apa yang kamu pakai bisa jadi mood booster dan semangat kerja di musim hujan. Mungkin sweter hangat berwarna kuning atau atasan lengan panjang dengan motif lucu, kamu bisa hadirkan keceriaan dari apa yang kamu pakai. Selain pakaian, kamu bisa beri warna cerah pada make up –mungkin mengaplikasikan lipstik merah– atau memakai perhiasan untuk elevate penampilanmu.


Setidaknya, kalau situasi belum mendukungmu untuk lebih semangat saat musim hujan, kamu bikin usaha-usaha kecil untuk membangun semangat, termasuk dari apa yang kamu pakai.



(Inspirasi sweter cerah dan hangat ala Gigi Hadid. Foto: Dok. Guest in Residence/Instagram)


6. Beri waktu untuk beristirahat


Sesuaikan porsi kerjamu dengan kondisi tubuh dan pikiran saat itu. Pastikan kamu mendengarkan apa yang dirimu butuhkan sekaligus bisa berikan pada hari tersebut. Mungkin kamu menerapkan pola kerja selama satu jam, lalu beristirahat selama 15 menit, lalu kembali bekerja (atur waktunya dengan timer). Saat beristirahat, pastikan kamu juga jauh dari layar handphone karena kebiasaan ini belum tentu bisa bikin pikiran lebih rileks.


(Baca Juga: Hilangkan Bau Kaki Dengan 6 Cara Alami Ini, Penasaran?)


Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bikin semangat kerja di musim hujan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


Life & health