6 Cara Menghilangkan Mata Bengkak Karena Menangis Semalaman!


  • 6 Cara Menghilangkan Mata Bengkak Karena Menangis Semalaman!
    Cara menghilangkan mata bengkak karena menangis. (Foto: Dok. Cottonbro Studio/Pexels)

    Menangis menjadi salah satu cara untuk mengekspresikan kesedihan, kekecewaan, dan rasa sakit. Bahkan beberapa orang bisa menangis semalaman hingga mata menjadi sembap atau bengkak. Jika sudah seperti ini, kamu tentu tidak ingin orang lain tahu dan menjadi khawatir setelah melihat matamu bengkak karena menangis semalaman. 


    Cairan yang tertahan di bawah mata dan menggenang di sana bisa membuat mata bengkak setelah menangis semalaman. Umumnya, bengkak pada mata setelah menangis bisa hilang dengan sendirinya. Tetapi, ada beberapa cara menghilangkan mata bengkak karena menangis secara cepat yang bisa kamu lakukan. Apa saja? Ini dia tipsnya!




    1. Tidur dengan posisi kepala mendongak


    Biasanya setelah menangis, kita akan merasa lebih sulit tidur dari biasanya Meskipun begitu, pastikan untuk tidur secara cukup. Namun, sebagain besar orang tidur akan tidur dengan posisi sembarangan setelah menangis, itulah yang bisa membuat mata lebih bengkak. 


    Setelah menangis, usahakan untuk memerhatikan posisi tidur dengan kepala sedikit mendongak atau terangkat. Posisi tidur seperti ini dipercaya membuat genangan air mata di bawah mata akan terurai, dan menghilangkan bengkak mata.


    2. Kompres mata dengan es batu atau air dingin


    Mengompres mata menggunakan es batu atau air dingin sebenarnya cukup sering dilakukan untuk mengatasi mata lelah, sehingga membuatnya lebih rileks dan tidak terasa berat. Ternyata, cara ini juga bisa diterapkan untuk menghilangkan mata bengkak setelah menangis. 


    Suhu es batu atau air yang dingin dapat membuat mata lebih rileks. Untuk melakukan tips ini, cukup bungkus es batu menggunakan kain atau handuk bersih, atau basahi handuk bersih dengan air dingin. Lalu, usapkan kain secara merata pada bagian mata, tekan-tekan dengan lembut mata untuk menghilangkan bengkaknya dan membuatnya lebih rileks. 


    3. Gunakan potongan mentimun

    cara menghilangkan mata bengkak karena menangis

    (Tutup mata dengan irisan mentimun. Foto: Dok. Cottonbro Studio/Pexels)


    Timun terkenal memiliki kandungan vitamin C yang sangat kaya. Kandungan vitamin C dalam timun ini dipercaya dapat membantu mengurangi bengkak pada mata setelah menangis. Kandungan air yang banyak dalam timun juga bisa memberi kesegaran pada mata. Kamu hanya tinggal menempelkan potongan timun bersih yang tidak terlalu tipis ataupun tebal pada mata. Tunggu 5-10 menit agar kandungan yang ada pada timun meresap ke dalam kulit, dan menghilangkan bengkak pada mata. 


    (Baca Juga: Tertarik Pakai Soflens? Ini Caranya Agar Mata Tidak Merah)


    4. Kompres mata dengan kantung teh


    Teh mengandung kafein yang telah lama dipercaya dapat membantu melancarkan peredaran darah. Ketika aliran darah di sekitar mata lancar, bukan tidak mungkin jika bengkak pada mata akan segera hilang.


    Hampir sama dengan mentimun, kamu hanya cukup meletakkan kantung teh yang telah dibasahi di atas kelopak mata. Kemudian tunggu sekitar 15-20 menit agar kandungan kafein dalam teh bisa meresap ke dalam kulit. 


    5. Oleskan krim atau gel pendingin mata 

    cara menghilangkan mata bengkak karena menangis

    (Oleskan gel mata. Foto: Dok. Sora Shimazaki/Pexels)


    Cara menghilangkan mata bengkak karena menangis semalaman berikutnya yaitu dengan mengoleskan krim mata atau gel pendingin mata, yang bisa membantu menenangkan pembengkakan pada mata. Sekarang ini, sudah banyak produk kecantikan berupa krim atau gel pendingin mata yang mampu mengurangi pembengkakan pada mata. 


    Krim mata atau gel pending mata ini biasanya memberikan efek dingin dan menyegarkan saat diaplikasikan. Kamu hanya cukup mengoleskan krim mata khusus ke area bawah mata atau sesuai petunjuk pada kemasan. 


    6. Pijat lembut mata menggunakan eye roll


    Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kamu bisa mengaplikasikan krim mata dengan menggunakan eye roll. Alat kecantikan ini dapat membantu meratakan krim atau gel mata, sekaligus memberikan efek menenangkan dan mengurangi bengkak pada mata. 



    (Baca Juga: Apa Penyebab Kantung Mata Membesar? Intip Cara Mengatasinya)


    Itu dia cara-cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bengkak pada mata setelah menangis semalaman. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!



    (Penulis: Calvin)






 

Related Articles

Cara Atasi Mata Bengkak

Cara Atasi Mata Bengkak

oleh Monadisa Utami Dewi

4 Zodiak Paling Mudah Menangis

4 Zodiak Paling Mudah Menangis

oleh Her World Indonesia

Advertisement - Continue Reading Below