Hair & beauty

Ini 5 Tanda Kamu Sudah Over Eksfoliasi, Hentikan Sementara!

By : Fariza Rahmadinna - 2022-12-10 12:00:01 Ini 5 Tanda Kamu Sudah Over Eksfoliasi, Hentikan Sementara!

Seperti yang diketahui, eksfoliasi adalah salah satu rutinitas perawatan kulit WAJIB yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya dengan eksfoliasi, kulit akan tampak lebih cerah, halus, dan terbebas dari masalah jerawat, sekaligus bisa membuat semua produk dan bahan perawatan kulit menyerap lebih baik ke dalam kulit. 


Namun, jika kamu berpikir dengan sering melakukan eksfoliasi dapat memberikan lebih banyak manfaat untuk kulit, kamu salah! Terlalu sering melakukan eksfoliasi itu justru dapat memberikan dampak buruk bagi kulit. Nah, berikut ini tanda-tanda kalau kamu sudah over-exfoliating


1. Muncul jerawat


(Muncul jerawat. Photo by Polina Tankilevitch on Pexels)


Salah satu manfaat eksfoliasi adalah untuk mengatasi masalah jerawat dan mencegahnya muncul dikemudian hari. Namun sebaliknya, terlalu sering eksfoliasi justru dapat menyebabkan munculnya lebih banyak jerawat. 


Hal ini karena, saat over-exfoliating itu tidak hanya akan menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk, tetapi juga menghilangkan sel-sel kulit sehat yang fungsinya justru baik bagi kulit. Inilah yang bisa menyebabkan munculnya lebih banyak jerawat, kata Pamela Marshall, esthetician klinis. 


(Baca Juga: Bingung Pilih Yang Cocok? Ini Masker Untuk Kulit Berminyak)


2. Meningkatkan produksi minyak


Terlalu sering melakukan eksfoliasi bisa menguras semua minyak alami kulit dan menghilangkan natural skin barrier. Merespon hal itu, tubuh akan memproduksi lebih banyak minyak untuk mempertahankan hidrasi alaminya.


Bisa ditebak, peningkatan produksi minyak ini akan membuat wajah tampak lebih berminyak dan berkontribusi pada timbulnya lebih banyak jerawat.


3. Kulit terasa kencang, tertarik, dan mengelupas


Terlalu sering eksfoliasi bisa menghilangkan minyak esensial, sel-sel sehat, dan lipid, yang berfungsi untuk mempertahankan tingkat hidrasi alami kulit. Akibatnya, kamu mungkin akan merasakan kulit wajah seperti tertarik, kencang, bahkan hingga mengelupas, ungkap dr. Nivedita Dadu, dokter spesialis kulit. 


4. Kemerahan, iritasi, dan kekeringan


(Kulit kemerahan, iritasi, dan kekeringan. Photo by Ivan Samkov on Pexels)


Over-exfoliating juga bisa menyebabkan munculnya kemerahan hingga iritasi pada kulit. Seperti yang dijelaskan oleh dr. Mona Gohara, dokter kulit bersertifikat, kulit teriritasi, kemerahan, dan kekeringan bisa menjadi tanda-tanda bahwa kamu sudah berlebihan dalam melakukan eksfoliasi. 


5. Lebih banyak kilau wajah (shininess)


Satu lagi, kilau pada wajah sering disalahartikan sebagai salah satu hasil positif dari eksfoliasi. Padahal kenyataannya, lebih banyak kilau wajah setelah melakukan eksfoliasi sebenarnya bukanlah pertanda baik. 


Faktanya, kilau ini adalah wujud tekstur alami kulit yang terkelupas, dan merupakan indikator bahwa fungsi skin barrier melemah. Jadi, jika kamu memerhatikan adanya lebih banyak kilau pada wajah setelah melakukan eksfoliasi, itu tandanya kamu sudah over-exfoliating


(Baca Juga: Coba 5 Bahan Alami Ini Untuk Mengeksfoliasi Wajah)


Lalu, bagaimana cara mengatasi kulit yang mengalami over-exfoliating?


Jika tanda-tanda over-exfoliating itu sudah muncul, bagaimana cara mengatasinya? Sederhana! Segera hentikan rutinitas eksfoliasi untuk sementara waktu sampai kulit benar-benar pulih. Selama proses pemulihan, sebaiknya hindari terlebih dahulu pembersih wajah yang mengandung scrub dan produk skincare yang mengandung bahan yang mengeksfoliasi, seperti AHA, BHA, dan PHA. 


Gunakan pelembap dan produk-produk skincare yang berfungsi menenangkan kulit, ini termasuk hyaluronic acid, peptida, jojoba oil, dan marula oil


Setelah kulit kamu sepenuhnya pulih, kamu bisa kembali melakukan exfoliasi. Namun kali ini perhatikan frekuensi eksfoliasi. Jika sebelumnya, kamu mungkin melakukan eksfoliasi dua sampai tiga kali dalam seminggu, coba kurangi frekuensinya menjadi satu kali seminggu. Pertimbangkan untuk memilih produk pengelupasan kulit yang lebih gentle dan sesuai dengan jenis kulit kamu. 


Nah, itu dia lima tanda-tanda kalau kamu sudah over-exfoliating, dan apa yang harus dilakukan ketika hal ini terjadi. 


Jangan jera untuk tetap rutin melakukan exfoliasi, ya. 






 

 

 




Hair & beauty