Hair & beauty

Coba 5 Bahan Alami Ini Untuk Mengeksfoliasi Wajah

By : Vanessa Masli - 2022-11-11 18:00:01 Coba 5 Bahan Alami Ini Untuk Mengeksfoliasi Wajah

Apapun masalah kulitnya, mulai dari berjerawat hingga wajah kemerahan, proses eksfoliasi menjadi salah satu hal yang esensial bagi wajah. Jika dilakukan secara rutin, eksfoliasi memiliki peran dalam mengangkat sel kulit mati di permukaan dan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah.


Kulit wajah yang terlihat lebih kencang, halus, dan lebih berkilau juga berkat produksi kolagen yang meningkat. Lagi-lagi, karena proses eksfoliasi yang rutin. Namun, buat kamu yang masih mencari produk eksfoliasi yang tepat untuk kulitmu, mengapa tak membuat face scrub atau exfoliator sendiri dengan beberapa bahan alami yang sudah Her World rangkum di bawah ini.


1. Gula


Bumbu klasik untuk memberi rasa manis pada masakan juga bisa kamu jadikan kuncian dalam mengeksfoliasi kulit wajah. Tak diaplikasikan secara bersamaan tapi menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan wajahmu. Kalau kamu ingin tetap menjaga kelembapan kulit, eksfoliasi wajah bisa memanfaatkan gula.


Salah satu racikan scrub yang bisa kamu coba adalah mencampurkannya dengan buah pisang. Kamu cukup menghaluskan satu buah pisang matang dengan garpu. Lalu, campurkan gula dan seperempat sendok teh ekstrak vanila atau minyak esensial pilihanmu. Setelah tercampur, perlahan pijatkan pada wajah yang lembap dan bilas dengan air hangat hingga bersih.



(Gula memiliki tekstur yang kasar tanpa timbulkan iritasi di wajah. Foto: Dok. Mathilde Langevin/Unsplash)


2. Kacang almond


Proses eksfoliasi tak perlu terlalu kasar, justru penting untuk mencari bahan yang bisa tenangkan kulit. Face scrub menggunakan kacang badam alias almond ini bisa jadi opsi. Kamu hanya memerlukan 12 kacang almond mentah untuk dihaluskan hingga menjadi bubuk halus, setelah itu dicampurkan dengan satu atau dua sendok makan minyak jojoba. Setelah tercampur sempurna, baru kamu aplikasikan ke wajah dengan gerakan melingkar dan bersihkan dengan lap yang sudah direndam air hangat.


Hasilnya, wajahmu akan terlihat lebih halus dan lembap, plus cocok untuk kulitmu yang berjerawat karena minyak jojoba dikenal non-comedogenic.


3. Yoghurt


Tak ada tekstur yang membuatmu yakin bahwa yoghurt bisa mengeksfoliasi wajah. Namun, ini bisa jadi cara paling sederhana untuk mengekfoliasi dengan hasil yang juga maksimal. Asam laktat di dalam yoghurt berperan baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati, mengurangi pertumbuhan jerawat, dan menghaluskan wajah.


Mengeksfoliasi wajah dengan yoghurt memang butuh kamu untuk bersabar dalam melakukan prosesnya. Kamu hanya perlu meratakannya ke seluruh wajah dan diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas hingga bersih. Lakukan ini secara rutin beberapa kali dalam satu minggu dan perhatikan apa yang berubah dari wajahmu.


(Baca Juga: 5 Cara Mudah Dan Ampuh Mengatasi Kulit Kering Bersisik)


4. Buah stroberi


Beri kesegaran saat kamu menikmatinya, berikan banyak manfaat saat kamu mengaplikasikannya ke wajah. Selain memberi kesegaran pada wajah, buah stroberi menyimpan kandungan salicylic acid yang bisa cegah pertumbuhan jerawat, melawan tanda-tanda penuaan, sekaligus memastikan wajah tetap bersih.


Kamu hanya perlu menghaluskan stroberi hingga membentuk pasta, lalu mencampurnya dengan setengah gelas gula dan dua sendok makan sweet almond oil. Aplikasikan ini satu atau dua kali seminggu, apalagi kalau kamu memiliki kulit sensitif.



(Buah stroberi bisa cegah pertumbuhan jerawat, lawan tanda penuaan, dan beri kesegaran pada wajah. Foto: Dok. Susy Hazelwood/Pexels)


5. Tepung beras


Untuk mengeksfoliasi wajah secara alami, banyak bahan-bahan yang bisa kamu temukan di dapur, salah satunya adalah tepung beras. Mungkin beras putih atau beras cokelat yang dihaluskan menyerupai tepung bisa menjadi solusi untuk jaga kondisi kulit wajah. Tepung beras putih bisa dimanfaatkan untuk cerahkan dan meratakan warna kulit wajah. Sedangkan tepung beras cokelat baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan samarkan bekas-bekas jerawat.


Keduanya sama-sama memiliki kandungan yang bisa menyerap minyak berlebih dan redakan peradangan sehingga cocok buat kamu yang memiliki kulit berminyak serta sensitif. Cukup campurkan dua sendok makan tepung beras (putih atau cokelat, sesuai pilihanmu) dan satu butir putih telur. Buat kamu yang juga ingin samarkan tanda-tanda penuaan dini, tambahkan bubuk kacang almond dalam campuran scrub-mu.


Pijatkan scrub wajah kreasimu ini ke seluruh wajah dengan gerakan melingkarkan dan akhiri dengan membilas wajah dengan air hangat hingga bersih.


(Baca Juga: Intip 4 Rekomendasi Sunscreen Untuk Kulit Berjerawat)


Beberapa bahan alami ini tak hanya mudah ditemukan, bisa kamu konsumsi, tapi juga bisa jadi cara mengeksfoliasi kulit wajah yang kamu butuhkan. Selamat mencoba!


Hair & beauty