Hair & beauty

Coba 6 Cara Merawat Kulit Ketiak Ini Agar Tetap Putih

By : Vanessa Masli - 2022-12-06 15:00:02 Coba 6 Cara Merawat Kulit Ketiak Ini Agar Tetap Putih

Kulit ketiak memang tersembunyi di balik lengan baju yang kamu pakai. Namun, ada masa-masanya kamu ingin memakai tank top tapi justru tak percaya diri melihat kulit ketiak menghitam. Kulit ketiak yang menghitam atau dikenal dengan hiperpigmentasi bisa disebabkan oleh berbagai hal.


Mungkin dari produk deodoranmu atau kebiasaan mencukur yang sebenarnya tak cocok untuk kulit ketiak, banyak faktor yang menyebabkan kulit ketiak terlihat lebih hitam dan kusam. Namun, banyak faktor juga diimbangi dengan beragam cara untuk merawat kulit ketiak agar tetap putih. Beberapa diantaranya sudah Her World rangkum di bawah ini. Penasaran apa saja?


1. Ganti produk deodoranmu


Deodoran sudah jadi kuncian sebagian besar orang untuk menghilangkan bau di area ketiak. Namun, ada beberapa produk deodoran yang bisa hilangkan bau tapi justru timbulkan masalah kulit pada area tersebut, termasuk kulit yang menghitam. Kalau kamu mengalami hiperpigmentasi di area ketiak, coba ganti produk deodoranmu.


Bisa menggantinya dengan brand lain yang mengandung bahan-bahan alami dan jauh lebih aman. Bisa juga kamu memanfaatkan bahan-bahan alami seperti baking soda atau cuka apel untuk menghilangkan bau. Dengan mengganti deodoran, kamu perlahan bisa melihat perubahan di area kulit ketiak.



(Coba ganti produk deodoranmu. Foto: Dok. Cottonbro Studios/Pexels)


2. Fokus atasi peradangan di ketiak


Kalau kulit ketiakmu menunjukkan tanda-tanda inflamasi seperti kemerahan, gatal, dan kasar, masalah ini yang perlu jadi fokus utamamu. Sebab, berbagai perawatan untuk mencerahkan kulit ketiak tak akan efektif dan berhasil sampai peradangan di area tersebut diatasi.


Mungkin peradangan di area ketiak bisa disebabkan karena berbagai masalah kulit lain yang lebih kronis seperti eczema dan psoriasis. Jadi, kamu perlu melakukan konsultasi atau perawatan untuk mengatasi peradangan di kulit ketiakmu sebelum fokus mencerahkannya.


3. Kombinasikan dua eksfoliator


Saat kamu rutin menggunakan scrub untuk mengekfoliasi kulit ketiakmu, justru ini yang bisa sebabkan area ketiak alami hiperpigmentasi dan bahkan memperparah iritasi. Untuk dijadikan sebagai alternatif, kamu bisa menggabungkan chemical dan physical exfoliator yang cenderung lebih lembut beberapa kali dalam satu minggu.


Kandungan lactic, glycolic, dan salicylic acid menjadi kuncian efektif untuk mencerahkan area ketiak. Kalau kamu menemukan produk yang menggabungkan keduanya, pastikan kamu mengaplikasikan scrub halus tersebut tanpa terlalu ditekan.


(Baca Juga: Coba 5 Bahan Alami Ini Untuk Mengeksfoliasi Wajah)


4. Optimalkan kebiasaan mencukur


Meski waxing atau laser hair removal lebih direkomendasikan untuk kamu yang ingin membuat kulit ketiak jadi lebih putih, tak masalah kalau kamu masih lebih nyaman mencukur. Namun, pastikan kamu mengoptimalkan kebiasaan mencukurmu agar kondisi kulit ketiak tetap terjaga dengan baik.


Mulai dari mengaplikasikan shaving cream dan diamkan selama 15-30 detik sebelum mencukur. Lalu, rutin mengganti pisau cukur untuk menghindari pisau tumpul berkontak langsung dengan kulit. Namun, kalau kulitmu mudah iritasi setiap kali mencukur, lebih baik mengganti perawatannya.


5. Aplikasikan gel lidah buaya


Memiliki manfaat untuk menenangkan kulit, kamu bisa memakai gel lidah buaya di area kulit ketiak. Kandungan antibakterinya bisa menenangkan kulit yang meradang dan mencerahkan kulit ketiak yang menghitam. Plus, memberikan perlindungan ekstra dari sinar matahari, itulah alasannya lidah buaya dikenal sebagai sunscreen alami.


Kamu cukup mengambil gel lidah buaya langsung dari tanamannya atau membeli dalam kemasan. Lalu, aplikasikan satu layer gel di area ketiak dan diamkan sampai kering selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih. Pastikan kamu melakukan ini secara rutin dua hari sekali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.



(Aplikasikan gel lidah buaya. Foto: Dok. Dominika Roseclay/Pexels)


6. Bisa mengaplikasikan sari kentang


Mungkin sayuran satu ini mudah kamu temukan di pasaran. Andalan untuk jadi sumber karbohidrat pengganti nasi ini juga bisa membantu kulit ketiakmu agar terlihat lebih putih. Kentang memiliki kandungan yang bisa mencerahkan kulit ketiak sekaligus mengurangi patchiness dan rasa gatal akibat hiperpigmentasi. Plus, aman buat kamu yang memiliki kulit sensitif.


Kamu cukup memarut satu buah kentang dan memeras untuk dapatkan sarinya. Setelah itu, gunakan kapas untuk mengaplikasikan sari ke kulit ketiak. Diamkan selama 10 menit sebelum kamu bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini dua kali dalam satu hari untuk hasil maksimal.


(Baca Juga: Tidak Pede? Ini Cara Menghilangkan Daki yang Sudah Menghitam)


Itu dia beberapa cara merawat kulit ketiak agar tetap putih. Selamat mencoba!


Hair & beauty