Hair & beauty

Tidak Pede? Ini Cara Menghilangkan Daki yang Sudah Menghitam

By : Her World Indonesia - 2022-11-30 14:00:01 Tidak Pede? Ini Cara Menghilangkan Daki yang Sudah Menghitam

Hampir semua orang pernah memiliki daki selama hidupnya. Daki, atau kotoran yang identik bewarna hitam di sela-sela anggota badan ini merupakan akibat dari penumpukan sel kulit mati dan minyak (sebum). Sel kulit mati sebenarnya dapat terlepas dengan sendirinya saat proses regenerasi atau pergantian kulit, tetapi ada pula beberapa kasus dimana sel kulit mati lebih bandel hingga menumpuk dan menimbulkan daki.


Daki bisa muncul di berbagai area badan, tetapi area badan yang paling sering ditemukan daki adalah leher, lipatan lengan, siku, lipatan kaki, lutut, dan punggung. Pada kasus yang lebih parah, daki yang dibiarkan menumpuk terlalu lama dapat menimbulkan perubahan warna kulit bahkan penampilan kulit bersisik, lho.

Tidak hanya itu, daki yang terlalu lama menumpuk juga berisiko mengakibatkan dermatitis neglecta, atau sejenis kelainan kulit yang dikarenakan kurang menjaga kebersihan diri. Hal ini membuat membersihkan diri dan eksfoliasi badan secara rutin penting demi menghilangkan daki yang sudah lama menumpuk. Lalu, bagaimana sih cara menghilangkan daki yang sudah menghitam? Apa bisa menggunakan bahan-abahn alami? Simak di bawah ini.


Penyebab Daki di Badan


(Cara menghilangkan daki yang sudah menghitam di area badan. Foto: Dok. krblokhin/iStock)

Sebelum membahas bagaimana cara menghilangkan daki di badan, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa penyebab daki bisa muncul.


1. Adanya penumpukan sel kulit mati yang bercampur dengan keringat.

2. Akibat kurang menjaga kebersihan dengan menggunakan pakaian kotor berulang kali.

3. Tidak mandi setelah berkeringat, atau membiarkan keringat tanpa dikeringkan.

3. Sisa kotoran yang kurang dibersihkan saat mandi.

4. Adanya lemak berlebih yang diproduksi oleh kulit.

5. Tidak tuntas membersihkan daki.



(Baca Juga: Tips Cara Scrubbing Ketiak Untuk Ketiak Halus dan Putih)



Bahan Alami Untuk Menghilangkan Daki


(Bahan alami untuk menghilangkan daki yang sudah menghitam di area badan. Foto: Dok. apomares/iStock)

Cara paling ampuh untuk menghilangkan daki yang menghitam adalah melalui eksfoliasi. Eksfoliasi sendiri membutuhkan sejenis scrub badan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitarmu untuk membuat ramuan scrub badan yang cepat dan mudah.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan daki yang sudah menghitam.

1. Kopi

Kopi menjadi bahan alami favorit banyak orang untuk dijadikan scrub badan. Kopi yang diaplikasikan dalam bentuk lulur ini berfungsi untuk mengangkat sel mati di kulit. Caranya mudah, cukup campurkan tiga sendok makan bubuk kopi dengan beberapa tetes air hangat hingga berbentuk menjadi lulur. Lalu aplikasikan pada area daki dan tunggu 20 menit. Setelah dibiarkan selama 20 menit, gosok perlahan, lalu bilas dengan air.

2. Garam Laut

Selain kopi, garam laut juga menjadi bahan alami yang sering digunakan untuk scrub badan. Memiliki tekstur yang cukup keras, saat dicampurkan dengan air garam laut dapat mengangkat sel-sel kulit mati dengan mudah. Namun, karena teksturnya yang keras kamu perlu hati-hati saat menggunakan scrub garam laut agar tidak menyebabkan iritasi.

3. Gula Pasir

Alternatif lain dari garam laut adalah scrub dengan gula pasir karena teksturnya yang lebih kecil dan teratur. Gosok area daki dengan gula pasir lalu bilas dengan air hangat.

4. Lemon

Memiliki kandungan Vitamin C yang kaya, lemon dapat membantu mencerahkan daki yang sudah menghitam. Selain itu, lemon juga dapat mempercepat proses pengelupasan sel kulit mati. Cara menggunakan scrub lemon adalah dengan mencampurkannya bersama air dan garam.

5. Oatmeal

Selain baik bagi pencernaan, rupanya oatmeal juga berfungsi efektif untuk menghilangkan daki yang menghitam. Memiliki tekstur yang lembut dan bau yang harum, hal ini membuat banyak orang lebih memilih menggunakan scrub oatmeal daripada yang lain. Campurkan oatmeal dengan susu sebelum digosokkan pada area daki di badan.



(Baca Juga: Coba 5 Bahan Alami Ini Untuk Mengeksfoliasi Wajah)


Cara Menghilangkan Daki yang Sudah Menghitam


(Cara menghilangkan daki yang sudah menghitam di area badan. Foto: Dok. vovashevchuk/iStock)

1. Mandi Hingga Bersih

Mandi menjadi cara paling simple untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan minyak berlebih yang bisa menimbulkan daki. Namun, perlu diingat bahwa untuk menghilangkan daki kamu perlu untuk mandi secara rutin, tuntas, dan bersih. Pastikan untuk tidak meninggalkan kotoran apapun untuk mempermudah pengelupasan sel kulit mati.

2. Eksfoliasi Kulit Saat Mandi

Saat mandi, kamu juga bisa melakukan eksfoliasi menggunakan scrub berbahan alami. Gosokkan scrub pada area yang memiliki daki, tunggu selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat. Eksfoliasi ini perlu kamu lakukan secara rutin 2-3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal. Selain eksfoliasi dengan scrub, kamu juga bisa menggunakan sarung tangan bertekstur kasar untuk menggosok area-area badan yang susah dijangkau.

3. Menggunakan Pelembab

Setelah eksfoliasi, langkah yang tepat adalah menggunakan pelembap atau body lotion di area badan. Pilih pelembap dengan kandungan vitamin C, retinol, atau niacinamide yang bisa membantu mencerahkan area daki yang sudah menghitam.


Berikut adalah cara menghilangkan daki yang sudah menghitam menggunakan bahan-bahan alami. Mudah dan cepat, jangan lupa ikuti langkah-langkah di atas, ya!


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)


Hair & beauty