Life & health

Ini 8 Warna Yang Berhasil Jadi Pantone Colour of the Year

By : Vanessa Masli - 2022-12-05 15:00:02 Ini 8 Warna Yang Berhasil Jadi Pantone Colour of the Year

Memasuki bulan terakhir dalam setiap tahun, ada banyak hal yang dirangkum dan hadirkan nostalgia sepanjang satu tahun terakhir. Ada banyak hal juga yang dijadikan acuan untuk masuk ke tahun baru. Mulai dari lagu-lagu yang kamu dengarkan sepanjang satu tahun kemarin hingga tren fashion yang kira-kira akan mengisi tahun berikutnya, Desember jadi momen untuk membagikannya.


Hal ini juga meliputi pengumuman tren warna yang akan hadir di tahun mendatang versi Pantone atau mungkin lebih dikenal dengan Pantone Colour of the Year. Sudah lebih dari 20 tahun, sejak warna ‘Cerulean Blue’ jadi Pantone Colour of the Year pertama, tren warna ini sudah dilakukan Pantone pada awal Desember setiap tahunnya.


Tanpa terkecuali pada awal Desember tahun ini, Pantone umumkan warna ‘Viva Magenta’ sebagai Colour of The Year 2023. Warna merah dengan sedikit tone pink yang hadirkan nuansa penuh kekuatan tanpa menunjukkan unsur agresif. Pantone Colour Institute memilih warna tersebut untuk mendorong hadirnya eksperimen dan ruang mengekspresikan diri tanpa hambatan. Plus, warna ‘Viva Magenta’ ini jadi lambang optimisme, kebahagiaan, dan kekuatan.


Namun, sebelum ‘Viva Magenta’ jadi tren versi Pantone di tahun depan, ada beberapa warna yang lebih dulu dipilih menjadi Pantone Colour of the Year. Di bawah ini, Her World sudah merangkum beberapa di antaranya. Kira-kira kamu masih ingat apa saja?


1. Very Peri (2022)



Perpaduan warna biru periwinkle dengan sentuhan merah violet dipilih Pantone untuk mewarnai tahun 2022. Tren warna yang diberi nama ‘Very Peri’ ini menampilkan konsistensi dan kesetiaan dari warna biru, sekaligus energi dan keceriaan terpancar dari warna merah.


Unsur futuristik yang kental dengan kreativitas dan inovasi pun tertuang dalam warna satu ini. ‘Very Peri’ menjadi warna baru yang pertama kali dibuat Pantone dalam sejarah pemilihan Colour of the Year selama ini.


2. Illuminating dan Ultimate Gray (2021)


Untuk tahun 2021, Pantone Colour of the Year memilih tak hanya satu, tapi dua tren warna. Pertama adalah warna kuning cerah yang hadirkan nuansa keceriaan dan diberi nama ‘Illuminating’. Sedangkan warna kedua, dengan nama ‘Ultimate Gray’ dipilih untuk menggambarkan ketenangan dan kegigihan, layaknya elemen-elemen di alam yang kekuatannya tak lekang waktu.



(Nuansa biru periwinkle. Foto: Dok. Emanuel Rodriguez/Pexels)


3. Classic Blue (2020)


Warna biru klasik atau ‘Classic Blue’ jadi Pantone Colour of the Year di tahun 2020. Tak neko-neko, warna ini dipilih untuk melambangkan megah dan luasnya langit petang, ruang untuk berbagai kesempatan sekaligus kemungkinan yang terjadi dalam hidup. Jika dilihat kembali, mungkin tahun 2020 banyak dihabiskan dalam rumah tapi tak sedikit yang temukan ragam kesempatan untuk memperkaya diri.


4. Living Coral (2019)


Inspirasi terumbu karang di bawah laut terlihat dari warna ‘Living Coral’ yang terpilih jadi Pantone Colour of the Year tahun 2019. Warna koral dengan sentuhan undertone emas yang hadirkan nuansa enerjik tapi juga tawarkan kelembutan.


(Baca Juga: 5 Warna Pakaian Ini Paling Mudah Bikin Pria Tertarik Padamu)


5. Ultra Violet (2018)


Provokatif dan berani, sekaligus lembut, hadir pada warna Pantone Colour of the Year tahun 2018 lalu. Dengan nama ‘Ultra Violet’, warna ini dipilih karena melambangkan orisinalitas, otensitas, dan visi ke depan. Sebuah gambaran akan bagaiman kita memandang masa depan dalam menjalani hidup.


6. Greenery (2017)


Hadirkan kesegaran dari perpaduan warna hijau dan kuning. Suasana di awal musim semi jadi inspirasi Pantone dalam memilih ‘Greenery’ sebagai Colour of the Year pada 2017. Warna yang cerah dan segar ini tawarkan keceriaan dan harapan yang bisa menyelimuti dunia sepanjang satu tahun, pada saat itu. Warna ini jadi simbol untuk membuka lembaran baru dalam hidup.



(Warna hijau jadi lambang awal yang baru dalam hidup. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


7. Rose Quartz dan Serenity (2016)


Ini jadi kali pertama bagi Pantone untuk memadukan dua warna sebagai Pantone Colour of the Year. Dengan nuansa ringan layaknya sebuah awan, ‘Serenity’, seperti namanya, jadi gambaran relaksasi dan kesunyian di tengah masa-masa sulit. Lalu, dipadukan dengan warna ‘Rose Quartz’ yang juga tunjukkan perhatian yang persuasif dan lembut.


8. Marsala (2015)


Warna merah earthy yang mengingkatkan pada anggur merah. Dengan nama ‘Marsala’, warna ini tampilkan nuansa elegan yang alami, sentuhan yang lembut tapi juga menggoda. ‘Marsala’ jadi salah satu warna yang cocok dihadirkan dalam berbagai bentuk, mulai dari fashion hingga make-up untuk berikan sentuhan yang bold tapi tak terlalu tegas.


(Baca Juga: Punya Bibir Hitam? Ini Warna Lipstick Yang Cocok Untuk Kamu)


Beberapa warna di atas inilah yang berhasil jadi Pantone Colour of The Year sebelum ‘Viva Magenta’ dipilih jadi tren di tahun 2023. Kira-kira mana yang jadi favoritmu?



Life & health