Food & travel

Libur Akhir Tahun? Wajib Coba 15 Destinasi di Australia Ini!

By : Her World Indonesia - 2022-11-22 14:00:01 Libur Akhir Tahun? Wajib Coba 15 Destinasi di Australia Ini!

Akhir tahun menjadi waktu yang spesial untuk berisitirahat sambil bersenang-senang. Pada momen ini, salah satu aktivitas populer yang dilakukan banyak orang adalah berlibur ke luar negeri bersama keluarga dan teman terdekat. Seiring bergantinya tahun, tiap negara pasti memiliki destinasi wisata unik dan ngetren yang menarik perhatian para turis. Kali ini, Turisme Australia mengajak kamu untuk memilih Australia sebagai destinasi liburan akhir tahun yang mengesankan!


Tahun ini, Australia, dikenal dengan pemandangannya yang indah dan berbagai aktivitas menyenangkannya kembali membuka pintunya kepada turis mancanegara. “Australia adalah tujuan ideal bagi setiap pengunjung yang ingin memuaskan keinginan berkelana akhir tahun dengan berbagai pengalaman yang tidak terlupakan. Australia selalu siap untuk menyambut para pengunjung dengan sambutan ala Aussie yang se-hangat Australia pada musim panas,” ujar Brent Andersion, Regional General Manager, South & South East Asia (SSEA), Tourism Australia.

Selain destinasi ikonisnya, kali ini Turisme Australia juga ingin memperkenalkan beberapa tempat dan pengalaman baru yang bisa kamu coba saat mengunjungi Australia di akhir tahun ini. Mulai dari wisata kuliner, festival musik, tempat seni, hingga penginapan unik, semua bisa kamu coba di Australia. Penasaran apa saja? Simak di bawah ini!


Festival Meriah yang Akan Datang


(Festval meriah di Australia untuk libur akhir tahun 2022. Foto: Dok. Woodford Folk Festival)

1. Woodford Folk Festival (Woodford, Queensland)

Festival ini termasuk salah satu acara musik dan terbesar di Australia, yang kini telah memasuki tahun ke-35 nya. Berlangsung selama enam hari enam malam mulai 27 Desember sampai 1 Juni 2023, acara ini menjadi bentuk komunitas yang besar bagi para pecinta musik. Festival ini juga menawarkan pertunjukan paling spektakuler yaitu Fire Event yang tidak bisa dilewatkan.

2. Harvest Rock Festival (Adelaide/Tarntanya, South Australia)

Mulai 19-20 November, Harvest Rock Festival akan hadir di jantung kota Adelaide bagi para pecinta musik sejati. Penyanyi terkemuka Jack White, Groove Armada, The Avalanches, dan Courtney Barnett akan menjadi tajuk utama pada festival musik satu ini.

3. Valo Adelaide 500 (Adelaide/Tarntanya, South Australia)

Sirkuit Jalanan Valo Adelaide 500 di tahun ini akan menjadi tempat kejuaraan Repco Supercars. Mulai 1 November-4 Desember 2022, para pengunjung bisa menikmati makan siang hingga melakukan sesi tanda tangan dengan para pembalap Supercar.

4. Lost Paradise (Glenworth Valley, New South Wales)

Untuk pertama kalinya dalam tiga tahun, Lost Paradise akan kembali ke Glenworth Valley dengan menampilkan permainan musik dari musisi terkenal Arctic Monkeys, Lil Nas X, Ben Böhmer, dan masih banyak lagi. Nantikan festival musik ini yang akan berlangsung mulai 28 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023.


Pengalaman Rekreasi dan Seni yang Tidak Terlupakan


(Pengalaman rekreasi dan seni di Australia untuk libur akhir tahun 2022. Foto: Dok. THE LUME Melbourne)

1. Alba Thermal Springs & Spa (Mornington Peninsula, Victoria)

Satu jam berkendara dari pusat kota Melbourne, kamu bisa menikmati pengalaman spa mewah di Alba. Alba menawarkan layanan spa dengan permandian kontemporer seperti pilihan kolam termal indoor dan outdoor yang dikelilingi alam menenangkan.

2. Ningaloo Coast Turtle Nesting (Ningaloo Reef, Western Australia)

Jangan lewatkan kesempatan spesial bersama Jurabi Turtle Centre untuk melihat lebih dekat perjalanan penyu betina menuju pantai-pantai di Ningaloo Coast yang hanya terjadi tiap bulan November hingga Maret. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan tur bersnorkel di Ningaloo Reef untuk menyaksikan secara langsung keindahan kehidupan laut Australia.

3. ART ROLL (Gold Coast, Queensland)

ART ROLL Gold Coast menampilkan deretan karya seni jalanan di Gold Coast yang dikurasi menjadi tur gratis yang bisa dinikmati oleh para pejalan kaki. Tempat ini juga menjadi area yang cocok untuk pesepeda, mengikuti peta yang membentang dari utara kota hingga ujung selatan Coolangatta.

4. THE LUME: Monet & Friends Alive (Melbourne/Narrm, Victoria)

THE LUME Melbourne mengundang para pengunjung untuk merasakan dunia Impresionisme Prancis yang dipelopori oleh seniman Claude Monet dan teman-temannya. Ruang galeri seluas 3.000 meter persegi akan dihias dengan simfoni cahaya, warna, dan suara memukau yang menggambarkan karya ikonis dari para seniman. Pengalaman artistik ini akan dimulai sejak 31 Januari 2023.

5. Yananurala (Sydney/Warrane, New South Wales)

Jalan-jalan sambil mengingat sejarah, Yananurala Walk memiliki jalur sepanjang sembilan kilometer dari Pirrama (Pyrmont) ke Wallamool (Woolloomooloo) yang mencakup sebelas penanda interpretatif yang menandakan tempat-tempat historis penting dari penduduk asli Australia. Dipimpin oleh kurator Emily McDaniel, perjalanan ini berguna untuk menghidupkan kembali sejarah suku asli Aborigin kepada warga Australia dan para turis.


(Baca Juga: Ini 5 Negara di Eropa Yang Paling Murah Buat Travelling)


Tempat Ngetren untuk Wisata Kuliner


(Wisata kuliner di Australia untuk libur akhir tahun 2022. Foto: Dok. Arbory Afloat)

1. Arbory Afloat (Melbourne/Narrm, Victoria)

Bar dan restoran terapung populer di Melbourne, Arbory Afloat, kembali muncul di Sungai Yarra untuk periode ketujuhnya. Tempat kuliner unik ini menawarkan dua tingkat bar dan restoran yang menyediakan hidangan khas Spanyol.

2. Martha Hardy’s Kitchen (Adelaide/Tarntanya, South Australia)

Martha Hardy's Kitchen merupakan restoran ala carte baru yang terletak di Peternakan Mount Lofty, dapat dinikmati oleh pengunjung dan tamu yang menginap Adelaide Hills. Restoran ini terkenal dengan hidangan daging domba dan daging sapi nikmatnya sejak tahun 1850-an.

3. Bassendean Hotel (Perth/Boorloo, Western Australia)

Setelah dua tahun direnovasi, Bassendean Hotel kini siap menyapa para tamu dan turis! Luangkan waktumu di pub istimewa dengan karakter desain khas tahun 1930-an, bersama dengan musik live dan hiburan di lounge, serta saloon bar.

4. Tweed River House (Tweed River, New South Wales)

Sebuah bistro indah yang terletak di tepi Sungai Tweed menawarkan pemandangan menakjubkan Wollumbin/Mount Warning dengan jajaran pegunungannya. Nikmati kreasi makanan hasil panen terbaik dari para petani dan nelayan, serta hidangan yang terinspirasi oleh Prancis.

5. Noori on the Mid Coast (Port Noarlunga, South Australia)

Noori, bar baru di Port Noarlunga dengan lokasi misterius menjasi tempat yang wajib dikunjungi oleh para turis. Bar ini menawarkan rangkaian minuman unik yang cocok dinikmati bersama teman da keraba terdekat.


Penginapan Unik dan Mengesankan


(Penginapan mengesankan di Australia untuk libur akhir tahun 2022. Foto: Dok. Stella the Stargazer)

1. Stella the Stargazer (Gippsland, Victoria)

Bukan penginapan biasa, Stella menyediakan akomodasi terpencil di ‘rumah mungi’ bergaya Victoria yang unik. Pengalaman menginap ini semakin spesial dengan pemandangan indah yang bisa dinikmati mulai matahari terbit hingga terbenam

2. Wander (Kangaroo Island, South Australia)

Sama seeprti namanya Kangaroo Island, pada penginapan ini kamu bisa menikmati keanekaragaman hayati yang menakjubkan sekaligus pemandangan indah menghadap ke Snelling Beach.

3. Stowaway (Kangaroo Island, South Australia)

Stowaway Kangaroo Island memiliki dua tempat penginapan mewah The Hide dan The Snug yang baru saja diperbesar. Tempat penginapan ini dirancang sebagai tempat peristirahatan terbaik yang cocok untuk para pasangan melepas lelah mereka.

4. Moonshine Holiday (Byron Bay, New South Wales)

Bukan sekedar penginapan, Moonshine Holiday berfokus pada ‘liburan kesehatan’ di Northern Rivers, dimana para tamu bisa menikmati retreat eksklusif di rumah mewah dengan privasi. Hal menarik pada Moonshine Holiday adalah para tamu akan mendapatkan akses untuk mengikuti kelas-kelas pengembangan diri.

5. The Grove Quindalup (Margaret River Region, Western Australia)

Rumah pemenang penghargaan arsitektur ini dikelilingi pemandangan hutan yang indah dan asri, rumah seluas dua hektar inidapat memuat hingga delapan tamu dengan empat kamar dan dua master suites serta private ensuites. Rumah mewah ini bisa menjadi tempat healing yang cocok untuk melepaskan penat sehari-hari.


(Baca Juga: Hal Menarik World Cup Qatar 2022, Kontroversi hingga Ada BTS)


Berikut adalah destinasi wisata baru dan unik yang wajib dicoba pada akhir tahun ini. Gimana, sudah tertarik mengunjungi Australia tahun ini?


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)


Food & travel