Life & health

Jadi Tour Guide di G20, Ini Fakta Menarik Putu Ayu Saraswati

By : Vanessa Masli - 2022-11-18 16:00:02 Jadi Tour Guide di G20, Ini Fakta Menarik Putu Ayu Saraswati

Banyak hal yang terjadi sepanjang digelarnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Pulau Dewata, Bali beberapa waktu lalu. Mulai dari para petinggi negara seperti Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau dan Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak yang terlihat berbincang bersama ditemani dua botol bir dan kerupuk saat waktu senggang hingga penampilan kaya budaya dalam acara Welcoming Dinner G20 di Garuda Wisnu Kencana.


Saat banyak mata tertuju ke Bali dan perhelatan besar di dalamnya, tak sedikit detail-detail kecil pun menjadi perhatian netizen Indonesia, termasuk sosok Putu Ayu Saraswati. Namanya ramai diperbincangkan saat Ayu menjadi tour guide para delegasi KTT G20 saat berkunjung ke taman mangrove di Bali. Tak hanya paras wajahnya yang cantik dan bikin netizen kagum, tapi juga dibuat bangga dengan caranya menuturkan kata dan pelafalan bahasa Inggris yang baik darinya.


Buat kamu yang penasaran akan sosok Putu Ayu Saraswati, Her World sudah merangkum beberapa fakta menarik tentang wanita satu ini yang mungkin belum kamu ketahui. Penasaran apa saja?


1. Lahir di dua budaya berbeda


Putu Ayu Saraswati lahir di Denpasar, Bali dari ayah yang berdarah Bali dan ibu berdarah Taiwan. Wanita yang akrab disapa Ayusa ini lahir pada 6 Juli 1997, she’s a Cancer lady.



(Putu Ayu Saraswati atau Ayusa dalam rangkaian acara KTT G20. Foto: Dok. Ayu Saraswati/Instagram)


2. Menempuh pendidikan kedokteran


Ayusa mengikuti langkah kedua orang tuanya yang berprofesi sebagai dokter medis dengan menempuh pendidikan magister di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali dalam jurusan Ilmu Biomedis dan meraih gelar Master of Medical Science (MMSc). Hingga kini, wanita 25 tahun tersebut bekerja sebagai dokter medis di Rumah Sakit Sanglah, tempat kedua orang tuanya juga bekerja.


3. Familier dengan dunia hiburan sejak dini


Sejak 18 tahun, Ayusa mengikuti ajang Jegeg Bali pada 2015 dan berhasil memenangkan kontes tersebut. Lima tahun kemudian, panggung lebih besar menyambut kehadiran Putu Ayu Saraswati ketika ia berkompetisi di Puteri Indonesia 2020, mewakili Provinsi Bali. Pada ajang kecantikan tersebut, Ayusa berhasil pulang dengan membawa gelar sebagai Puteri Indonesia Lingkungan dan mendapat penghargaan khusus, “Miss Intelligence”.


(Baca Juga: Intip Tampilan Cantik Maudy Ayunda Ikuti Rangkaian G20)


4. Banyak aktif di berbagai kegiatan sosial dan forum internasional


Kini, Ayusa juga terpilih menjadi duta dalam beberapa lembaga pemerintahan. Mulai dari Duta Majelis Permusyawaratan Rakyat RI, Duta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, dan Duta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.


Ia pun juga sering mewakili Indonesia dalam berbagai forum internasional, seperti Youth Gathering Sunburst Youth Camp 2014 di Singapura dan International Community Development pada 2013 di India.


5. Trik khusus Ayusa saat memandu delegasi KTT G20


Delegasi KTT G20 yang hadir adalah pemimpin-pemimpin negara dan fakta tersebut membuat wanita satu ini merasa gugup ketika ia ditugaskan untuk memandu para tamu undangan. Tur di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai Mangrove pada 17 November ini berhasil membuat Ayusa merasa gugup, memandu para pemimpin negara G20 di hutan mangrove dan menjelaskannya sebaik mungkin.


Dalam balutan blus batik dan celana putih, Ayusa pun memiliki trik untuk mengatasi rasa gugupnya. Caranya mudah, yaitu menulis tanda senyum di kertas panduan yang dibawanya sehingga ia selalu diingatkan untuk terus tersenyum, apalagi saat dia merasa nervous sampai lupa senyum.



(Ayusa saat menjadi pemandu para delegasi G20 di Tahura Ngurah Rai, Bali. Foto: Dok. Ayu Saraswati/Instagram)


6. Aktif dalam kegiatan sosial


Saat menjadi Duta Pariwisata Bali atau dikenal dengan Jegeg Bali pada 2015, Ayusa juga menjadi duta amal untuk organisasi non-profit lokal Smile Foundation Bali. Selama enam tahun terakhir, Ayusa menyumbangkan dana dan brang setiap tahun, membantu pasien bibir sumbing serta menyaksikan operasi sumbing Palatoplasty secara langsung.


Ia juga berhasil menggalang yayasan amal bernama #SangGuruKehidupan yang merupakan sebuah platform pemberdayaan wanita di seluruh pulau di Indonesia yang menyediakan program perlindungan anak, perawatan lansia, dan perawatan kesehatan gratis.


(Baca Juga: Anne Hathaway Akan Datang ke Bali Dalam Waktu Dekat)


Itu dia beberapa fakta menarik Putu Ayu Saraswati yang juga bikin bangga di perhelatan KTT G20.


Life & health