Hair & beauty

Ini Cara Membersihkan Kuas Makeup yang Mudah Dan Benar

By : Her World Indonesia - 2022-11-15 12:00:02 Ini Cara Membersihkan Kuas Makeup yang Mudah Dan Benar

Demi menciptakan hasil makeup yang flawless dan tahan lama, penggunaan alat yang tepat seperti kuas makeup penting untuk dipertimbangkan. Sampai saat ini, kuas makeup merupakan alat makeup yang paling banyak digunakan karena aplikasinya yang mudah untuk berbagai jenis makeup mulai dari yang berbahan bentuk liquid, gel, atau pun bubuk.

Kuas makeup memiliki beragam bentuk dan ukuran yang masing-masing memiliki fungsinya tersendiri untuk jenis makeup tertentu. Selain ketepatan dalam menggunakan kuas makeup, hal yang tidak kalah penting adalah kebersihannya. Jika menggunakan kuas makeup yang kotor, hasil makeup juga tidak bisa sempurna bahkan terkesan cakey dan cepat geser.

Tidak hanya itu, kuas makeup yang kotor juga bisa menimbun kuman hingga menyebabkan infeksi di kulit wajah, lho. Kuas makeup kotor ini juga menjadi penyebab utama jerawat. Oleh karena itu, bagi pecinta makeup disarankan untuk secara rutin membersihkan kuas makeup setidaknya sekali dalam seminggu.

Beberapa orang masih ragu untuk mencuci kuas makeup secara rutin karena takut akan merusak atau merontokkan bulu-bulu pada kuas. Lalu, bagaimana sih cara membersihkan kuas makeup yang baik dan benar? Simak tips-tips nya di bawah ini.


Cara Membersihkan Kuas Makeup


(Cara mudah dan benar membersihkan kuas makeup. Foto: Dok. JuFagundes/iStock)

1. Isi wadah dengan air hangat dan teteskan sabun atau sampo secukupnya.

2. Bilas kuas makeup dengan air hangat bersama sabun/sampo di dalam wadah untuk menghilangkan kotoran. Hati-hati untuk tidak merendam seluruh bagian kuas makeup agar tidak ikut melarutkan lem pada kepala dan gagang kuas.

3. Putar ujung kuas dalam wadah atau memijatnya di telapak tangan untuk melarutkan kotoran.

4. Bilas kuas makeup dengan air bersih.

5. Ulang prosesnya sampai air hasil bilasan menjadi jernih atau kuas makeup kembali ke warna asalnya.

6. Peras kuas makeup yang sudah bersih menggunakan tisu kering.

7. Letakkan kuas makeup yang sudah bersih di atas handuk dan tunggu hingga kering. Hati-hati untuk tidak menjemurnya langsung di bawah sinar matahari agar kualitasnya tidak memudar. Tips lain adalah untuk meletakkan kuas makeup dengan posisi bulu menghadap ke bawah agar air tidak membasahi gagang dan melarutkan lem pada kuas.


(Baca Juga: Ini 6 Bentuk Dagu Yang Ideal Bagi Para Wanita, Apa Saja?)


Alat Untuk Membersihkan Kuas Makeup


Seperti cara di atas, kamu bisa membersihkan kuas makeup hanya dengan menggunakan sabun atau sampo yang tersedia di rumahmu. Walau cara tersebut sudah teruji, rupanya masih ada alat lain yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan kuas makeup secara tuntas dan lebih efisien, lho. Apa saja? Yuk simak di bawah ini.

1. Sabun Khusus Pembersih Kuas Makeup

(Sabun pembersih kuas makeup. Foto: Dok. Tokopedia)

Meski diperuntukkan untuk badan manusia, kamu tetap bisa menggunakan sabun cair, sabun batang, bahkan sampo untuk membersihkan kuas makeup. Jika kamu tidak menyukai cara ini, kamu bisa menemukan alternatif lain yaitu sabun khusus pembersih kuas makeup yang mudah ditemukan di toko kecantikan.

Umumnya, sabun pembersih kuas makeup ini berbentuk cair dan tidak bewarna. Sabun ini memiliki kandungan yang kuat bahkan untuk membersihkan sisa-sisa foundation sekalipun.

2. Pembersih Kuas Silikon


(Pembersih kuas makeup berbahan silikon. Foto: Dok. Shopee)

Jika kamu malas menggunakan wadah berisi air, pembersih kuas silikon ini bisa menjadi alternatif kamu! Cara menggunakannya juga sangat mudah dan praktis. Cukup tuangkan sabun ke area pembersih yang bergerigi, lalu gosok kuas dan bilas dengan air hingga bersih.

Fungsi dari gerigi ini adalah untuk membersihkan kuas makeup hingga ke sela-selanya agar bersih tuntas dari kuman. Tekstur gerigi yang lembut juga membuat kuas makeup kamu tetap awet dan tidak rusak.

3. Pembersih Kuas Makeup Listrik


(Pembersih kuas makeup dari listrik. Foto: Dok. Tokopedia)

Ingin cara yang lebih fancy? Jika kamu tidak memiliki waktu untuk membersihkan kuas makeup secara manual, kamu bisa mencoba pembersih kuas makeup listrik satu ini.

Cara penggunaannya tidak kalah mudah, kamu hanya perlu menuangkan air dan sabun ke dalam wadah lalu pasangkan kuas makeup dengan wadah yang telah disediakan, jangan lupa sesuaikan dengan ukuran masing-masing. Lalu masukkan kuas makeup ke dalam wadah air dan tekan tombol on agar menyala, sikatpun akan berputar dengan sendirinya.

Saat berputar, kuas akan dibersihkan dengan air dan sabun secara otomatis hingga bersih. Jika menggunakan alat ini, kamu juga bisa langsug mengeringkan kuas makeup, lho. Cukup ulangi proses di atas tanpa memasukkan kuas makeup ke dalam air. Membersihkan sekaligus mengeringkan, alat pembesih satu ini sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin hasil maksimal dalam waktu singkat.


(Baca Juga: Rekomendasi Setting Spray Yang Bagus Untuk Kulit Berminyak)


Berikut adalah cara membersihkan kuas makeup dan alat-alat pembersihnya yang tepat. Ikuti tips-tips di atas untuk membersihkan kuas makeupmu secara rutin, ya!


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)


Hair & beauty