Hair & beauty

Rekomendasi Setting Spray Yang Bagus Untuk Kulit Berminyak

By : Her World Indonesia - 2022-11-07 14:00:01 Rekomendasi Setting Spray Yang Bagus Untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak bisa dibilang sebagai jenis kulit yang paling merepotkan. Hal ini dikarenakan pemilik kulit berminyak harus lebih berhati-hati dalam memilih produk yang oil-free agar tidak semakin memperparah kondisi kulitnya. Namun tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak produk kecantikan lokal maupun internasional yang secara khusus menargetkan jenis kulit berminyak ini, termasuk setting spray.


Setting spray sendiri dikenal sebagai produk yang digunakan pada step terakhir make up, agar make up bisa lebih tahan lama dan tidak geser. Setting spray menjadi produk go-to para pencinta make up, oleh karena itu produk satu ini selalu laris di pasaran. Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, ada beberapa bahan khusus yang harus dipertimbangkan sebelum membeli setting spray pilihan kamu.


Simak di bawah ini untuk daftar bahan setting spray yang bagus untuk kulit berminyak.


(Bahan tepat pada setting spray yang bagus untuk kulit berminyak. Foto: Dok. RODNAE Productions/Pexels)

1. Mint

Bahan ini paling dikenal dengan efeknya yang mendinginkan. Selain itu, kandungan Vitamin A pada mint juga berguna untuk mengontrol sekresi minyak pada kulit. Ketika digunakan, bahan mint ini dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih dalam kulit dan membuatnya terlihat glowing secara natural.


2. Aloe Vera


Meski umumnya digunakan untuk jenis kulit kering, bahan ini juga bagus untuk kulit berminyak, lho. Aloe vera atau lidah buaya memiliki kandungan astringen yang bisa membantu mengontrol minyak berlebih dalam kulit.

3. Zinc


Salah satu fungsi zinc adalah sebagai sebum absorber, artinya bahan ini bekerja dengan menekan kelenjar minyak dalam kulit. Hampir seluruh produk oil-free di luar sana memiliki bahan ini karena manfaatnya yang bagus.

4. Niacinamide


Disebut juga sebagai bahan paling efektif di produk kecantikan, niacinamide bisa membantu merawat berbagai jenis kulit termasuk kulit berminyak. Pada kulit berminyak, niacinamide berfungsi untuk mengendalikan kelenjar sebasea agar tidak memproduksi minyak berlebih.


Selain kandungan bahan di atas, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah mencari setting spray dengan matte finish, bukan glowy finish. Pada jenis kulit berminyak, setting spray dengan glowy finish justru memberikan efek licin dan mengilap yang berlebihan, sementara menggunakan matte finish dapat memberikan efek glowing natural.

Saat menggunakan setting spray dengan matte finish, kamu bisa mengaplikasikannya beberapa kali dalam sehari agar membuat make up makin tahan lama. Penting mengaplikasikan setting spray terutama untuk acara-acara besar, karena bisa mengunci make up agar tidak geser dan stay on-point.


(Baca Juga: 3 Rekomendasi Lipstick Yang Bagus Untuk Bibir Kering)


Masih bingung menentukan? Berikut adalah rekomendasi setting spray yang bagus untuk kulit berminyak.


1. NYX Professional Makeup Setting Spray


(Rekomendasi NYX sebagai setting spray yang bagus untuk kulit berminyak. Foto: Dok. NYX Cosmetics)

Produk satu ini sudah cukup populer di kalangan para pencinta make up. Memberi hasil matte finish, produk ini ringan tapi tetap tahan lama ketika dikenakan, bahkan hingga seharian. Produk ini juga bisa digunakan pada cuaca panas dan lembab, cocok sekali di Indonesia yang merupakan negara tropis. Kamu bisa menikmati manfaat produk ini hanya dengan harga 85.000 rupiah saja.

2. Somethinc SRSLY Balancer Make Up Setting Spray


(Rekomendasi Somethinc sebagai setting spray yang bagus untuk kulit berminyak. Foto: Dok. Somethinc)

Produk ini bisa menjadi alternatif setting spray lokal yang tidak kalah affordable. Mulai dari harga 69.000 rupiah saja, kamu bisa menikmati manfaat produk ini yang mengunci make up hingga 18 jam. Produk ini juga bisa memberikan tampilan akhir yang satin dan bebas kilap minyak.

3. ESQA Mist Universe Setting Spray


(Rekomendasi ESQA sebagai setting spray yang bagus untuk kulit berminyak. Foto: Dok. ESQA Cosmetics)

Selain untuk memeprtahankan make up, produk ini juga memiliki fungsi lain yang bisa melindungi kulit dari polusi berbahaya. Kandungan antioksidannya dapat membantu melembapkan dan menghaluskan kulit, kemudian memberikan tampilan akhir yang radiant dan bebas kilap minyak berlebih. Kamu bisa membeli produk ini dengan harga 175.000 rupiah .

4. Urban Decay De-Slick Oil Control Makeup Setting Spray


(Rekomendasi Urban Decay sebagai setting spray yang bagus untuk kulit berminyak. Foto: Dok. Urban Decay)

Tidak hanya matte finish, produk ini juga memiliki fungsi yang mengontrol temperatur kulit sehingga membuatnya tetap terasa dingin dan segar. Kandungan kaolin clay di dalamnya berguna untuk menyerap minyak berlebih agar make up tidak cepat geser. Dijual dengan harga kisaran 500.000 rupiah, produk ini menjadi go-to para juru rias di Hollywood, lho.

5. Charlotte Tilbury Airbrush Flawless Setting Spray


(Rekomendasi Charlotte Tilbury sebagai setting spray yang bagus untuk kulit berminyak. Foto: Dok. Charlotte Tilbury)

Sama seperti namanya, produk ini terkenal dengan efeknya yang membuat kulit terlihat air-brushed, blurry, dan tanpa pori-pori. Oil-free sekaligus alcohol-free, produk ini ringan saat digunakan dan bisa mengunci make up untuk waktu yang lama. Walau tidak cukup affordable jika dibandingkan bersama lainnya, produk dengan harga kisaran 560.000 rupiah tetap worth it untuk dibeli!


(Baca Juga: 5 Cara Mudah Dan Ampuh Mengatasi Kulit Kering Bersisik)


Berikut adalah rekomendasi setting spray yang bagus untuk kulit berminyak. Gimana, sudah tertarik beli?


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)


Hair & beauty