Hair & beauty

5 Cara Mudah Dan Ampuh Mengatasi Kulit Kering Bersisik

By : Her World Indonesia - 2022-11-02 13:00:01 5 Cara Mudah Dan Ampuh Mengatasi Kulit Kering Bersisik

Kulit kering pasti akan membuat kamu merasa tidak nyaman. Kulit kering bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari perubahan cuaca, kekurangan pelembab, hingga dehidrasi. Kondisi yang paling ekstrim dari kulit kering adalah kulit kering bersisik, biasa disebut juga dengan flaky atau scaly skin.


Sama seperti namanya, kondisi ini membuat kulit seperti sisik yang bisa berjatuhan dalam bentuk seprihan-serpihan kecil. Kulit kering bersisik juga membuat kulit terlihat kasar bahkan gatal. Jika kamu mengalami kulit kering bersisik, tandanya lapisan kulit terluar kamu sudah rusak dan perlu segera diobati. Lalu, bagaimana sih cara untuk mengatasi kulit kering bersisik? 


1. Gunakan pelembap


(Pelembap untuk mengatasi kulit kering bersisik. Foto: Dok. Moose Photos/Pexels)

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan jika memiliki kulit kering bersisik adalah mulai menggunakan pelembap. Pelembap ini bisa digunakan untuk wajah dan badan, seperti face cream untuk wajah dan body lotion untuk badan.


Gunakan pelembap beberapa kali dalam sehari, terutama dalam kondisi kulit setengah basah sehabis cuci tangan atau mandi. Saat menentukan pelembab untuk kulit kering bersisik, pastikan produk kamu memiliki salah satu bahan ini yaitu ceramide, glycerol, shea butter, cocoa butter, coconut oil, atau petroleum jelly.


2. Mandi dengan air hanget


(Mandi air hangat untuk mengatasi kulit kering bersisik. Foto: Dok. Armin Rimoldi/Pexels)

Jika kamu memiliki kulit kering bersisik di badan kamu, pastikan untuk mengobatinya secara tuntas tanpa melewatkan bagian apapun. Kamu bisa mulai mengatasinya melalui mandi air hangat, tentunya dengan memastikan air tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.


Pastikan juga untuk membatasi waktu mandimu hingga sekitar 5-10 menit saja, karena mandi terlalu lama justru menghilangkan minyak alami yang diproduksi dalam tubuh.


(Baca Juga: Ada 10 Sunscreen Yang Bisa Dicoba Untuk Kulit Kering)


3. Gunakan humidifier


(Humidifier untuk mengatasi kulit kering bersisik. Foto: Dok. cottonbro/Pexels)

Saat cuaca panas melanda, udara dari panasnya matahari tersebut bisa membuat kulit makin sensitif dan kering. Hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ini adalah dengan menggunakan humidifier atau pelembap rumah portable untuk meningkatkan kelembaban di dalam rumah.


4. Lakukan eksfoliasi


(Eksfoliasi untuk mengatasi kulit kering bersisik. Foto: Dok. Suzi Media Production/iStock)

Eksfoliasi juga menjadi cara lain untuk mengatasi kulit kering bersisik. Namun perlu diingat, eksfoliasi hanya bisa dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu dengan cara yang tepat. Kamu bisa menggunakan ekfsoliasi fisik atau kimia, tentunya dengan teknik lembut untuk menghilangkan sisik atau sel kuli mati yang menumpuk.


5. Hidrasi tubuh


(Hidrasi tubuh untuk mengatasi kulit kering bersisik. Foto: Dok. Adrienn/Pexels)

Walau terkesan sepele, cara ini juga tidak boleh diabaikan. Kulit kering bersisik sering kali disebabkan oleh tubuh yang dehidrasi. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah dari dalam pastikan kamu memenuhi asupan air putih yang cukup setiap hari.


(Baca Juga: Ini 6 Bentuk Dagu Yang Ideal Bagi Para Wanita, Apa Saja?)


Berikut adala cara mengatasi kulit kering bersisik yang ampuh. Jangan abaikan kondisi kulit satu ini, dan segera atasi agar tidak menimbulkan ketidaknyamanan hingga iritasi pada kulit.


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)


Hair & beauty