Hair & beauty

Jangan Salah, Ini Perbedaan Toner dan Micellar Water!

By : Fariza Rahmadinna - 2022-11-12 10:00:01 Jangan Salah, Ini Perbedaan Toner dan Micellar Water!

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengenai apa sebenarnya perbedaan antara toner dan micellar water? Dan, mana yang lebih baik untuk digunakan? Toner dan micellar water adalah dua jenis produk skincare yang sangat populer. Keduanya memang tampak serupa, dirancang untuk bekerja pada tahap awal rutinitas perawatan kulit, tetapi sebenarnya kedua produk skincare ini memiliki tujuan yang berbeda. 


Nah, untuk membantu kamu memahami perbedaan antara toner dan micellar water, baca selengkapnya!


Apa itu micellar water?


Micellar water adalah produk perawatan kulit yang telah menjadi favorit banyak orang, termasuk beauty guru dan dermatologis. “Micellar water adalah cairan pembersih yang mengandung air murni, gliserin, dan surfaktan ringan yang disebut micelles, yang mampu menarik kotoran dari kulit,” kata Kate Kerr, ahli facialis. 


Pada dasarnya, micellar water adalah cairan pembersih seperti air yang bertujuan untuk membantu menghilangkan make-up dan kotoran secara lebih mudah dan efektif, tanpa perlu pembilasan. Plus, itu juga dapat membantu membersihkan pori-pori sekaligus meningkatkan hidrasi kulit, menurut studi tahun 2017 dalam Journal of the American Academy of Dermatology


Meskipun begitu, kamu tetap membutuhkan double cleansing dengan produk gentle face wash untuk membantu membersihkan kulit secara maksimal. 


Apa itu toner?


Toner adalah produk perawatan kulit yang memiliki konsistensi cair, seperti air, yang digunakan setelah tahap pembersihan sebelum tahap serum dan pelembap dari rutinitas perawatan kulit kamu. 


Toner biasanya bertujuan untuk menyegarkan kulit sekaligus membantu menyeimbangkan pH kulit dan menghilangkan sisa residu pembersihan. Itu juga dapat membantu menghidrasi kulit serta membuatnya lebih lembut dan halus, berkat kandungan gliserin dan bahan humektan lainnya yang umum sebagai bahan utama dalam toner. 


Berbeda dengan micellar water, toner biasanya mengandung bahan-bahan khusus untuk mengatasi masalah kulit tertentu, seperti ekstrak herbal, rose water, antioksidan, AHA/BHA, dan bahan anti-penuaan seperti niacinamide.


Lantas, toner dan micellar water, apa bedanya?



(Apa perbedaan toner dan micellar water. Foto: Dok. Vie Studio/Pexels)


Secara umum, toner dan micellar water, keduanya diformulasikan untuk bekerja pada tahap awal rutinitas perawatan kulit. Akan tetapi, micellar water diaplikasikan pada tahap pertama pembersihan untuk membersihkan kulit dari sisa makeup dan kotoran sebelum face cleanser, sedangkan toner diaplikasikan sebagai tahap ketiga pembersihan setelah face cleanser untuk membantu menyeimbangkan pH kulit dan menyegarkan kulit.


Singkatnya, micellar water lebih fokus membersihkan kulit dan meningkatkan hidrasi kulit. Sementara toner lebih fokus untuk mengembalikan pH kulit ??ke tingkat normal dan menyegarkan kulit. 


Toner dan micellar water, mana yang lebih baik untuk digunakan? 


Baik toner maupun micellar water, keduanya sangat bagus dan bermanfaat untuk penggunaan sehari-hari. Micellar water bisa berguna untuk membantu menghapus riasan sehari-hari. Toner dapat bermanfaat karena, tergantung pada formulasnya, dapat mengangkat sel-sel kulit mati, menyeimbangkan pH kulit, dan menyegarkan kulit.  Secara umum, toner dan micellar water dapat digunakan bersamaan dalam rutinitas perawatan kulit kamu. 


Micellar water sebagai tahap awal, lalu dilanjutkan dengan face cleanser. Barulah setalah itu gunakan toner pada tahap selanjutnya. 


(Baca Juga: Wajib Coba! 5 Micellar Water Untuk Kulit Minyak & Berjerawat)


Bagaimana cara menggunakan toner dan micellar water?


(Cara menggunakan toner dan micellar water. Foto: Dok.Freepik)


Untuk micellar water, kamu dapat menuangkan beberapa tetes micellar water pada kapas, lalu usapkan ke area wajah dan leher secara merata. Ganti kapas dan ulangi hingga wajah bersih. 


Untuk toner, cukup tuangkan beberapa tetes toner pada kapas, lalu aplikasikan ke area wajah dan leher (hindari area mata) secara menyeluruh. Beberapa produk toner tersedia dalam botol spritz, dalam hal ini cukup semprotkan ke wajah kamu, lalu biarkan meresap ke kulit. Kemudian lanjutkan dengan langkah berikutnya dalam rutinitas perawatan kulit kamu.


(Baca Juga: Ternyata, 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Wajah Berjerawat)


Itu dia perbedaan toner dan micellar water yang perlu kamu ketahui, serta cara penggunaan yang tepat. Semoga bermanfaat!



Hair & beauty