Hair & beauty

Ternyata, 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Wajah Berjerawat

By : Vanessa Masli - 2022-10-24 19:00:02 Ternyata, 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Wajah Berjerawat

Masa remaja, tepatnya masa pubertas, jadi momen perkenalan kamu bersama masalah kulit satu ini. Jerawat mungkin sudah menjadi masalah yang kamu alami sejak pubertas dan sampai hari ini, kamu masih terus mencari solusi dalam mengatasinya. Mulai dari produk skincare dengan berbagai kandungan yang mengisi meja rias hingga ragam perawatan yang menjanjikan wajah bebas jerawat sudah dicoba, rasanya masalah ini tak punya jalan akhir.


Kalau kamu sudah kehabisan cara untuk mengatasi masalah jerawat di wajah, coba lihat kembali kebiasaanmu sehari-hari. Lebih dari sekadar genetik dan hormonal, ada beberapa kebiasaan yang terkesan tak berpengaruh justru bisa bikin wajah berjerawat. Penasaran apa saja? Simak deretan kebiasaan yang sudah Her World rangkum di bawah ini.


1. Layar smartphone yang jarang dibersihkan


Dengan media sosial, chatting hingga berbagai hal terjadi di dalam satu genggaman, smartphone-mu sudah pasti disentuh dalam frekuensi yang relatif sering. Entah setelah memegang benda atau mungkin mengambil camilan dengan tangan, lalu menyentuh layar smartphone untuk melihat pesan atau mengangkat telepon yang masuk.


Tanpa sadar ada banyak bakteri dan kotoran yang ada di jari-jari, lalu menyentuh layar smartphone. Setelah itu, layarnya menyentuh area pipimu saat kamu mengangkat telepon dan jadilah bakteri itu menyebabkan jerawat masih meradang. Jadi, untuk menguranginya, kamu bisa rutin membersihkan layar handphone dengan tisu antibakteri atau mengangkat telepon dengan earphone sehingga kontak langsung denga layar juga berkurang.



(Bersihkan layar smartphone secara rutin. Foto: Dok. Antoni Shkraba/Pexels)


2. Pola makan yang menganggu sistem pencernaanmu


Jerawat memang jadi masalah tapi sebenarnya jadi sinyal tubuh bahwa ada masalah di dalam yang perlu atensimu, salah satunya sistem pencernaan. Kalau kamu sering jajan sembarangan, makan makanan yang cenderung menyenangkan jiwa tapi tak menyehatkan tubuh, sistem pencernaan jadi bagian tubuh yang terganggu.


Ketika sistem pencernaanmu terus mencerna makan yang kurang nutrisinya dan rendah probiotiknya, kamu jadi sulit untuk memperbaiki kondisi kulit. Sebab kulit sehat juga dipengaruhi oleh sistem pencernaan yang sehat juga. Jadi penting untuk mengatur pola makan dan rutin mengeluarkan racun sehingga tubuh bisa jadi lebih sehat.


3. Produk perawatan rambut yang kurang dibilas bersih


Kalau kamu cukup rutih melakukan perawatan ekstra pada rambut, mungkin memakai hair oil atau masker rambut, produk ini bisa jadi penyebab kulit wajahmu berjerawat. Apalagi di beberapa area yang dekat dengan rambut, baik di garis antara kening dan rambut maupun area leher, sisa-sisa produk perawatan rambut bisa menyumbat pori-pori hingga muncul jerawat.


Bukan masalah produknya, tapi ketika kamu tak membilas rambutnya sampai bersih. Lalu, ada produk rambut yang kena di kening dan lupa dibersihkan, ini juga bisa bikin wajah jadi berjerawat. Jadi pastikan, produk apapun, baik yang diaplikasikan di wajah maupun rambut, kamu bilas hingga benar-benar bersih sehingga tak ada produk tersumbat dan jadi jerawat.


(Baca Juga: Wajib Coba! 5 Micellar Water Untuk Kulit Minyak & Berjerawat)


4. Terlalu banyak menggunakan produk skincare


Banyak produk skincare yang ditawarkan dan sepertinya bisa jadi solusi untuk masalah kulit wajahmu. Namun, belajar untuk mendengarkan apa yang kulit wajahmu butuhkan. Sebab semua produk yang tawarkan solusi untuk wajah, belum tentu sesuai dengan apa yang wajahmu butuhkan.


Justru sebaliknya, kalau kamu terlalu banyak menggunakan produk skincare, apalagi yang fokus menghilangkan jerawat, kulit berpotensi alami iritasi dan justru membuat jerawat tumbuh semakin banyak sekaligus meradang. Jadi pastikan kamu menggunakan produk skincare yang cukup dan sesuai kebutuhan kulitmu.



(Sesuaikan produk skincare dengan kebutuhan kulit wajahmu. Foto: Dok. Alesia Kozik/Pexels)


5. Rutin traveling


Kalau sekarang kamu sudah mulai beraktivitas di luar ruangan, lalu berpergian ke luar kota atau negeri juga sudah kembali sering, ini bisa jadi kebiasaan yang bikin wajahmu berjerawat. Saat menghabiskan waktu panjang di pesawat, udara keringnya bisa membuat sel kulit dehidrasi dan ini jadi penyebab timbulnya jerawat.


Untuk menghindari kemungkinan breakout saat traveling, pastikan kamu mengaplikasikan serum yang melembapkan sebelum berangkat untuk menghidrasi kulit. Lalu, setelah mendarat, eksfoliasi wajahmu dengan mild exfoliator untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah selama penerbangan.


(Baca Juga: Intip 4 Rekomendasi Sunscreen Untuk Kulit Berjerawat)


Beberapa kebiasaan yang terkesan biasa ini ternyata bisa bikin wajahmu berjerawat dan mungkin ini bisa jadi solusi untukmu dalam mengurangi jerawat di area wajah. Semoga bermanfaat!


Hair & beauty