Life & health

Wajib Tonton Black Panther: Wakanda Forever! Ini Alasannya

By : Vanessa Masli - 2022-11-10 13:00:02 Wajib Tonton Black Panther: Wakanda Forever! Ini Alasannya

Pada 2018, Marvel mencatat sejarah baru ketika film perdana Black Panther diputar di bioskop seluruh dunia. Sosok Black Panther yang diperankan mendiang Chadwick Boseman menjadi superhero kulit hitam pertama di dalam Marvel Cinematic Universe, begitu pula seluruh elemen film yang didominasi oleh orang-orang berkulit hitam.


Sebuah film yang tak hanya menarik untuk ditonton, tapi menguatkan pentingnya makna representasi di film layar lebar. Sejak perilisannya, ungkapan “Wakanda Forever” dengan kedua tangan disilangkan menjadi bentuk penghormatan yang ikonis dan sering dilakukan para penggemar ketika bertemu aktor yang terlibat dalam film tersebut.


Sekuel filmnya memang dalam rencana Marvel dengan Chadwick menjadi aktor utama dan pahlawan supernya. Namun, ceritanya mengalami perubahan luar biasa ketika sang aktor menghembuskan nafas terakhir pada Agustus 2020, setelah berjuang melawan kanker usus besar yang ia alami.


Publik berduka, seluruh tim menitikkan air mata, tapi kisah Black Panther tetap dilanjutkan. Tentu, dengan banyak pertanyaan yang mengisi kepala, mulai dari bagaimana ceritanya akan berlanjut hingga siapa yang akan melanjutkan peran Black Panther di sekuelnya. Pada 2022, semua pertanyaan tersebut mendapatkan jawaban yang manis.


Fokus tentang bagaimana seseorang memproses duka



(Poster Black Panther: Wakanda Forever. Foto: Dok. Black Panther/Instagram)


Para aktor yang terlibat seperti Letitia Wright, Lupita Nyong’o, Angela Bassett, Winston Duke, dan Martin Freeman, lalu bersama dengan dua pendatang baru, Tenoch Hurta dan Dominique Thorne menghadirkan cerita kompleks tentang kepergian orang-orang tersayang serta bagaimana setiap orang memproses duka.


Di bawah arahan sutradara, Ryan Coogler, yang juga menyutradarai film pertama, Black Panther: Wakanda Forever menyuguhkan publik sebuah cerita yang kaya akan emosi. Mulai dari tangisan hingga amarah, para penonton diajak untuk melihat bagaimana Wakanda berusaha melanjutkan hidup sekaligus temukan identitas baru setelah kehilangan sosok penting di negaranya.


Tak hanya bagaimana tiap-tiap orang memproses duka, Ryan juga berusaha menangkap bagaimana proses penerimaan dan keikhlasan berikan dampak luar biasa dalam diri setiap orang.


Penghormatan indah bagi Chadwick Boseman 



(Mendiang Chadwick Boseman saat memerankan Black Panther. Foto: Dok. Chadwick Boseman/Instagram)


Chadwick tak hanya menjadi ikon dalam film superhero satu ini, tapi juga memberi kesan mendalam bagi setiap orang di dalamnya. Ryan Coogler pun jadi salah satu orang yang merasakan kebijaksanaan dan kepribadian sang mendiang aktor sehingga melanjutkan proses pembuatan film ini menjadi misi yang ia yakini juga diinginkan oleh Chadwick.


Sebuah ritual khas Wakanda menjadi perkenalan kepada siapa karya spesial ini didedikasikan dan sepanjang film, tak sedikit para aktor berikan performa terbaik mereka sebagai bentuk penghormatan terhadap sang aktor. Hingga pada akhirnya, ditutup dengan tribute manis yang enggak mungkin enggak buat hati terenyuh.


(Baca Juga: Chadwick Boseman Pemain 'Black Panther' Meninggal Dunia)


Kekuatan wanita menjadi elemen dominan


Ketika sang raja tiada, Wakanda melanjutkan hidupnya di bawah kepemimpinan Ratu Ramonda dan pasukannya yang didominasi wanita. Mulai dari Shuri (diperankan oleh Letitia Wright), Nakia (diperankan oleh Lupita Nyong’o) hingga Okoye (diperankan Danai Gurira), sekuel film Black Panther ini menunjukkan kekuatan wanita yang maksimal.


Menariknya, tak hanya menunjukkan kekuatan tiap-tiap individu tapi juga menunjukkan dampak besar yang dihasilkan ketika para wanita tersebut bersatu untuk melawan musuh dan melindungi Wakanda. Tak berbeda dari film sebelumnya, Black Panther: Wakanda Forever tak hanya merayakan orang kulit hitam tapi juga persatuan wanita.


Lantunan nada yang disumbangkan Rihanna menyempurnakan




Sudah enam tahun sejak sang penyanyi merilis karya dan untuk Black Panther: Wakanda Forever, publik bisa kembali mendengarkan suara merdunya. Rihanna kembali merilis sebuah lagu dan ia dedikasikan untuk film ini.

Dengan melodi piano, harpa, dan beberapa instrumen string, lagu berjudul Lift Me Up menyempurnakan seluruh kisah dan pesan yang berusaha disampaikan. Plus, ini bukan satu-satunya lagu yang dipersembahkan Rihanna untuk film ini.


(Baca Juga: 7 Fakta Menarik Tentang Elizabeth Olsen Yang Perlu Kamu Tahu)


Hal-hal yang sudah Her World rangkum di atas bisa menjadi alasanmu untuk menonton Black Panther: Wakanda Forever, di bioskop dan tak perlu menanti tayang di platform streaming. Selamat menonton!


Life & health