Life & health

Selain Selena, Ada 6 Film Dokumenter Artis Yang Wajib Tonton

By : Vanessa Masli - 2022-11-10 17:00:01 Selain Selena, Ada 6 Film Dokumenter Artis Yang Wajib Tonton

Baru-baru ini, para penggemar Selena Gomez atau dikenal dengan Selenators mengintip kehidupan idolanya lebih dalam melalui film dokumenter berjudul My Mind & Me. Rilis di Apple TV+ pada 4 November lalu, film ini menangkap perjalanan karier dan hidup seorang Selena Gomez selama enam tahun terakhir, tepatnya sejak 2016.


Mulai dari kehidupan di belakang panggung hingga perjalanannya menghadapi beragam isu kesehatan, fisik maupun mental, Selena memberanikan diri untuk berbagi sedikit cerita hidupnya pada publik. Selain Selena, ada beberapa artis besar yang juga membagikan perjalanan kariernya di industri hiburan dalam film-film dokumenter.


Ada yang menceritakan awal karier hingga menjadi salah satu girl group terbesar di dunia hingga kerja keras sang bintang dan seluruh tim yang terlibat untuk menghadirkan sebuah konser comeback, di bawah ini adalah beberapa film dokumenter para artis yang sudah Her World rangkum untuk kamu tonton. Penasaran apa saja?


1. Taylor Swift: Miss Americana


Baru saja merilis album yang banyak mencetak sejarah ini, Taylor Swift menjadi salah satu artis yang banyak dibicarakan publik. Mulai dari karya yang ia rilis hingga kehidupan percintaan yang berusaha dijaga privasinya, banyak orang menaruh perhatian dan atensi pada sosok Taylor.


Melalui film dokumenter ini, Taylor mengajak para penonton untuk melihat proses perubahan luar biasa sang penyanyi. Perjalanannya untuk menerima bahwa ia tak hanya seorang penyanyi dan penulis lagu, tapi juga wanita yang memiliki pengaruh bagi hidup orang lain.


Film dokumenter yang disutradarai oleh Lana Wilson ini menangkap kehidupan Taylor dalam periode “Reputation Stadium Tour” pada 2019 hingga perilisan album ketujuhnya, “Lover” pada 2019. Film ini tayang perdana di malam pembukaan Sundance Film Festival 2020 pada bulan Januari dan bisa kamu tonton di Netflix.


2. Jennifer Lopez: Halftime




Netflix baru-baru ini, juga kembali mengangkat kisah hidup bintang besar di industri Hollywood. Aktris dan penyanyi, Jennifer Lopez pun mendapatkan kesempatan untuk membagikan ceritanya dalam film dokumenter bertajuk Jennifer Lopez: Halftime yang rilis pada 14 Juni 2022.

Film arahan sutradara Amanda Micheli ini fokus menangkap momen-momen persiapan Jennifer untuk tampil di Super Bowl LIV Halftime Show berbagi panggung dengan Shakira dan juga proses produksi salah satu filmnya, Hustlers pada 2019. Malam pembukaan Tribeca Film Festival 2022 menjadi momen film ini ditayangkan perdana.


3. Billie Eilish: The World’s A Little Blurry


Sosok Billie Eilish semakin banyak dikenal orang sejak ia merilis lagu Ocean Eyes pada 2016. Sejak saat itu, ia pun terus menarik perhatian publik melalui ragam karya dan cerita hidup di balik setiap lagunya, apalagi mengetahui usianya masih sangat belia. Mulai dari lagu yang membuatnya terkenal hingga perilisan album perdananya, “When We All Fall Asleep, Where Do We Go?” pada 2019.


Film dokumenter yang diberi judul Billie Eilish: The World’s a Little Blurry menangkap periode tiga tahun di awal karier sang penyanyi. Para penggemarnya sudah mengintip cerita hidupnya sejak 2021, tepatnya pada 26 Februari setelah resmi dirilis di platform streaming, Apple TV+.


(Baca Juga: Selena Gomez Ceritakan Semua Dalam Dokumenter Terbarunya)


4. Blackpink: The Movie



(Foto keempat anggota Blackpink. Foto: Dok. Lisa/Instagram)


Keempat wanita ini berhasil mencetak berbagai sejarah sebagai salah satu girl group terbesar dunia. Nama Blackpink sudah tak lagi asing di telinga, begitu pula karya-karya mereka. Girl group asal Korea Selatan beranggotakan Jisoo, Jennie, Rosé, dan Lisa membagikan kehidupan mereka, di balik layar, di belakang panggung dalam film dokumenter berjudul Blackpink: The Movie yang tayang di Disney+ Hotstar sejak 2021 lalu.


Film arahan Oh Yoon Dong dan Jung Su Yee ini menangkap momen sekaligus penampilan Blackpink dalam konser online pertama untuk mempromosikan albumnya dan juga tur dunia bernama, “In Your Area World Tour”. Film dokumenter ini dibuat untuk memperingati lima tahun sejak debut Blackpink pada 2016.


5. Britney vs Spears


Dokumenter ini dibuat oleh Erin Lee Carr mengisahkan kehidupan Britney Spears dengan pola berbeda. Sebuah riset dan investigasi dilakukan Erin tentang conservatorship yang dialami sang penyanyi, tanpa persetujuannya. Kuasa atas hidup Britney, selama hampir 14 tahun, diberlakukan pengadilan Amerika Serikat kepada sang ayah, James Spears.


James yang bertindak sebagai co-conservator diberi kuasa oleh pengadilan untuk mengurus keuangan Britney bersama perusahaan manajemen Bessemer Trust. Hingga pada 2021, Britney meminta pengadilan untuk mengakhiri conservatorship-nya. Film tersebut pun memberi ruang bagi para penonton untuk memahami conservatorship dan apa yang menyebabkan Britney memberontak setelah 14 tahun.


Film Britney vs Spears resmi dirilis di Netflix pada 28 September 2021 dan buat kamu yang penasaran, bisa langsung menonton filmnya.


6. Homecoming




Panggung Coachella tahun 2018 menjadi momen berharga bagi seorang Beyoncé. Momen comeback sang diva setelah melahirkan kedua buah hatinya, Rumi dan Sir, sekaligus mencatat sejarah baru sebagai wanita berkulit hitam pertama yang menjadi headline dalam festival musik tersebut.


Konser tersebut juga menjadi penghormatan bagi budaya dari HBCU (Historically Black Colleges and Universities) dengan menggandeng para mahasiswanya, baik sebagai anggota marching band dan penari majorette. Satu tahun setelah konser digelar, Beyoncé mengajak para penggemarnya melihat ke dalam dan ke belakang panggung, saat ia mempersiapkan konser tersebut.


Film dokumenter ini memperlihatkan perjalanan Beyoncé dalam merangkai tiap-tiap elemen menjadi sebuah konser yang dinikmati banyak orang di Coachella 2018. Dengan memadukan konsep kreatif dan budaya, Beyoncé makna sekaligus rasa di balik konser tersebut. Film ini sudah rilis sejak 2019 dan bisa kamu tonton di Netflix.


(Baca Juga: Film Perfect Stranger, Buka Rahasia Isi Handphone Kamu)


Itu dia beberapa film dokumenter para artis yang bisa kamu tonton di berbagai platform streaming. Kira-kira cerita siapa yang tertarik kamu ketahui lebih dalam?


Life & health