Life & health

Apresiasi 10 Wanita Hebat Her World Women of The Year 2022

By : Her World Indonesia - 2022-11-09 17:00:01 Apresiasi 10 Wanita Hebat Her World Women of The Year 2022

Bulan lalu, tepatnya pada tanggal 26 Oktober Her World Indonesia telah menyelenggarakan acara tahunan terbesarnya yaitu Women of The Year 2022 (WOTY) yang disponsori oleh UOB. Berlokasi di Ballroom Hotel Sultan Jakarta, acara penganugerahan kali ini mengusung tema Enhance Your Potential”. Acara Women of the Year sendiri merupakan acara Her World dari tahun ke tahun, yang mana tahun ini menjadi lebih spesial karena diadakan secara offline untuk pertama kalinya pasca pandemi COVID-19.


Women of the Year, sama seperti namanya, hadir untuk mengapresiasi 10 wanita hebat di Indonesia yang berasal dari berbagai latar belakang dan pekerjaan, mulai dari bidang lingkungan dan pemberdayaan, kesehatan dan teknologi, seni dan budaya, hingga entrepreneur. Meski memiliki minat dan bakat yang berbeda-beda, para wanita ini memiliki satu persamaan, yaitu sama-sama ingin melakukan perubahan di masyarakat.


(Speech dari Aryenda Atma di acara Her World Women of The Year 2022. Foto: Dok. Insan Obi/Her World Indonesia)

Bergerak untuk mengejar impian dan tujuan masing-masing, para wanita ini terus membuktikan inovasi mereka dengan terus memberdayakan berbagai komunitas di seluruh penjuru Indonesia. Berkat kegigihan dan kerja keras mereka, para wanita ini berhasil memberikan dampak positif yang signifikan tidak hanya pada masyarakatat tetapi juga lingkungan.

Tentunya, 10 wanita inspiratif ini turut menjadi bentuk motivasi bagi wanita lain untuk melakukan hal-hal baik yang serupa. Proses kurasi dari Women of The Year 2022 sendiri membutuhkan waktu selama enam bulan, dengan mempertimbangkan beberapa kriteria seperti konsistensi, dampak sosial, hingga kontribusi yang diberikan oleh tiap nominasi.


(Baca Juga: Nusantics "Biome Beauty", Pionir Ramah Microbiome Indonesia)


Siapa saja Her World Women of The Year 2022 yang terpilih? Simak di bawah ini.


(Pengahrgaan 10 wanita hebat di  Her World Women of The Year 2022. Foto: Dok. Her World Indonesia)

1. Niniek Febriany

Seorang arsitek asal Yogyakarta yang menjadi pendiri dari komunitas dan yayasan Book For Mountain, memiliki visi misi untuk meningkatkan tingkat pendidikan dan memberdayakan perpustakaan di sekolah-sekolah di pelosok Indonesia.

2. Intan Anggita

Co-Founder dari Setali Indonesia, fashion brand lokal yang mempraktikkan sustainable fashion dengan mendaur ulang sampah tekstil untuk dijadikan pakaian baru siap pakai.

3. Marthella Sirait

Founder dari Konekin (Koneksi Indonesia Inklusif), sebuah startup sosial untuk memberikan edukasi pada masyarakat akan isu disabilitas serta memberdayakan hidup penyandang disabilitas dengan menciptakan lapangan kerja.

4. Syukriatun Niamah

Founder dari Robries, perusahaan yang berfokus pada pengelolaan limbah sampah (upcycle) yang diubah menjadi furnitur dan home décor.

5. Sharlini Eriza Putri

Co-Founder dari Nusantics (Nusantara Genetics), sebuah perusahaan di bidang bioteknologi yang berfokus pada teknologi genom serta klinik kecantikan yang merilis produk skincare ‘Microbiome Friendly’ pertama di Indonesia.

6. Yura Yunita

Penyanyi populer dengan beberapa lagu hits di tangga lagu musik Indonesia. Melalui musiknya, khususnya album Tutur Batin, Yura berhasil membangun percakapan di antara masyarakat akan pentingnya kesehatan mental.

7. Kamila Andini

Sutradara film yang banyak menjadikan wanita sebagai fokus utama karyanya. Filmnya Yuni berhasil memenangkan Platform Prize di Toronto International Film Festival 2021 dan baru-baru film keempatnya, Before, Now & Then (Nana) berkesempatan untuk tayang perdana di Berlinale 2022, festival film internasional terbesar kedua di dunia.

8. Martcellia Liunic

Seorang ilustrator dan art director, karya dengan motif unik dan warna-warni khasnya menjadi favorit para Gen-Z. Sempat berkolaborasi dengan beberapa merek ternama seperti Dove dan H&M.

9. Aryenda Atma

Founder dari Pable, perusahaan yang mengolah limbah tekstil menjadi benang daur ulang untuk menghasilkan barang baru siap pakai. Pable juga ikut memberdayakan desa tenun di wilayah Jawa Timur.

10. Lintang Kusuma Pratiwi

Co-Founder dari Elevarm, startup di bidang agrikultur yang berfokus pada inovasi pertanian. Melalui aplikasi Dr. Tania berhasil menjangkau hampir 4000 petani di 257 kota di Indonesia.


(Baca Juga: Resmi Dibuka, Ini 4 Fakta Menarik Jakarta Fashion Week 2023)


(Penyanyi Shelomita di acara Her World Women of The Year 2022. Foto: Dok. Her World Indonesia)

Pada malam apresiasi, acara dibuka oleh Editor-in-Chief Her World Indonesia Mita Soedarjo yang menyampaikan, “Women of The Year diselenggarakan secara rutin oleh Her World Indonesia dan Her World Singapura, untuk memberi apresiasi kepada para wanita yang telah sukses mewujudkan cita-citanya dan karya mereka telah memberikan dampak baik bagi masyarakat."



(Give back Her World melalui UOB di acara Women of The Year 2022. Foto: Dok. Her World Indonesia)


Malam apresiasi juga semakin dimeriahkan dengan penampilan dari penyanyi Shelomita yang menemani para nominasi dan tamu undangan. Pada penghujung acara, Her World melakukan give back melalui UOB dengan memberikan tabungan SimPel (Simpanan Pelajar) kepada siswa/siswi berperetasi di tiga sekolah yaitu Sekolah Terbuka Madani, Sekolah Terbuka Rakyat Ancol, dan Sekolah Alternatif Anak Jalanan masing-masing senilai 10.000.000 rupiah.


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)



Life & health