Fashion

Wajib Tahu, Ini Tips Berpakaian Untuk Menutupi Perut Buncit

By : Girah Ababyl M.K. - 2022-11-08 19:00:01 Wajib Tahu, Ini Tips Berpakaian Untuk Menutupi Perut Buncit

Wanita kerap merasa tidak percaya diri untuk mengenakan berbagai model pakaian karena khawatir akan perut buncit yang terlihat. Psst, kamu dapat mengikuti beberapa tips dan trik berpakaian yang telah Her World rangkum berikut ini untuk menyamarkan perut buncitmu sehingga kamu bisa bebas tampil stylish dan nyaman berbusana. Yuk, simak di bawah ini!


1. Kenakan pakaian berwarna gelap

Pakaian berwarna gelap, khususnya warna hitam, menjadi favorit banyak orang karena mudah untuk dipadu padankan. Pakaian berwarna gelap pun dapat menjadi kunci untuk menyamarkan perut buncitmu, lho! Pada dasarnya, warna gelap dapat memberikan kesan tubuh lebih ramping karena dapat menyamarkan bayangan tubuh gemuk dan perut yang buncit.



(Pakaian gelap dapat menyamarkan perut buncit. Foto: neimanmarcus.com)

2. Kenakan pakaian longgar

Untuk kamu pemilik perut buncit, pakaian berpotongan longgar dapat menjadi outfit andalan untuk dikenakan. Hindari mengenakan pakaian ketat karena dapat menonjolkan bentuk perut buncitmu. Kemeja oversized menjadi salah satu model pakaian yang cocok dikenakan untuk berbagai kesempatan, baik casual maupun formal. Padukan dengan bawahan berpotongan lurus/fitted untuk menyeimbangkan proporsi tubuhmu, ya!


(Oversized shirt untuk menutupi perut buncit. Foto: ww2.hm.com)

3. Kenakan celana berpotongan highwaist


Pemilihan model celana yang tepat dapat membantumu menyamarkan perut buncit. Model celana yang dapat kamu kenakan salah satunya adalah celana highwaist atau berpotongan tinggi di atas pinggang. Celana ini dapat menciptakan siluet garis dari pinggang ke panggul tampak lebih halus sehingga kamu tidak perlu khawatir akan perut buncit yang menonjol. Padukan dengan atasan t-shirt atau kemeja dengan memasukannya ke dalam celana untuk memberikan siluet tubuh proporsional.


Apabila ingin menambahkan aksesori, kamu dapat mengenakan ikat pinggang berukuran kecil untuk mempermanis penampilanmu!


(Celana highwaist untuk menutupi perut buncit. Foto: karenmillen.com)


(Baca juga: Simak Padu Padan Celana Tartan Wanita Untuk Tampil Stylish)


4. Kenakan rok pensil atau A-line


Selain celana, sebagai pilihan bawahan lainnya kamu dapat mengenakan rok model pensil atau A-line. Rok pensil dapat memberikan siluet dari perut ke pinggang tampak ramping, sedangkan rok A-line dengan potongan melebar ke bawah dapat membantu menyamarkan perut buncit. 


(Model pencil skirt dapat menutupi perut buncit. Foto: karrenmillen.com)

5. Kenakan shift dress


Untuk tips selanjutnya menutupi perut buncit adalah dengan mengenakan shift dress. Shift dress merupakan salah satu jenis dress yang berpotongan melebar ke bawah sehingga tidak membentuk lekuk tubuh dan perut buncit akan tersamarkan dengan sempurna. Kamu dapat bereksplorasi memadupadankannya dengan berbagai jenis pakaian seperti outer, blazer, dan lain sebagainya.


(Model shift dress dapat menutupi perut buncit. Foto: karrenmillen.com)

6. Model wrap dress untuk tampilan elegan


Apabila kamu ingin tampil elegan, model wrap dress dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menyembunyikan perut buncitmu. Wrap dress dapat memberikan efek tampilan ultra slimming, karena menampilkan pinggul kita yang terlihat ramping melalui tali yang ada di bagian perut. Kamu bisa menyesuaikan dan mengikatnya dengan longgar atau kencang. Tinggal padukan dengan heels untuk menyempurnakan penampilan femininmu!


(Model wrap dress dapat menyamarkan perut buncit. Foto: moonson.co.uk)


7. Pemilihan outer yang tepat

Outer merupakan fashion item lainnya yang dapat menjadi pilihan untuk menutupi perut buncit. Kamu dapat memilih outer berpotongan panjang seperti cardigan sehingga dapat menciptakan ilusi bentuk lurus pada tubuh. Outer model oversized dengan warna netral juga dapat menyeimbangkan proporsi bentuk tubuhmu. Hindari mengancing outer yang kamu kenakan agar bagian perutmu tidak menonjol.



(Pemilihan outer yang tepat dapat menyamarkan bentuk perut buncit. Foto: @mariamacfarlane/Instagram)

(Baca juga: Wajib Tahu! Kenali Macam-Macam Pola Rok Sesuai Bentuk Tubuh)


8. Pemilihan atasan bermotif


Atasan bermotif dapat menjadi cara lainnya agar perut buncitmu dapat tersamarkan. Namun kamu perlu memperhatikan motif yang dipilih. Pilihlah atasan dengan motif berukuran sedang dan tidak terlalu banyak/ramai. Hindari pakaian yang memiliki satu motif besar sebagai pusat perhatian, atau motif kecil dan berjumlah banyak karena dapat menonjolkan perut buncitmu.


Motif garis vertikal dapat menjadi pilihan andalan untuk menciptakan ilusi tubuh kita tampak lebih tinggi dan ramping. Kuncinya, pilihlah motif garis vertikal berukuran kecil dan rapat sehingga dapat membuatmu terlihat lebih semampai.



(Kemeja motif vertikal dapat menyamarkan perut buncit. Foto: lazada.com)


Itulah sejumlah tips berpakaian untuk tetap tampil percaya diri dan stylish meski memiliki perut buncit. Sejatinya, kamu tidak perlu malu akan bentuk tubuh apapun karena semua itu dapat diatasi dengan padu padan busana yang tepat. Selamat mencoba, ya!


Fashion