Life & health

Coba Kenali 6 Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan

By : Vanessa Masli - 2022-10-25 18:00:01 Coba Kenali 6 Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan

Darah yang ada di dalam tubuh tentu menjadi elemen penting bagi setiap orang agar bisa hidup, selain napas. Namun, selain membantu tubuh bekerja dengan optimal, darahmu juga bisa menjadi bantuan hidup bagi orang lain. Itulah alasan donor darah hadir jadi bagian dalam kehidupan sebagian orang.


Entah mendonorkannya langsung ke Palang Merah di negara masing-masing atau mengikuti acara donor darah yang diadakan di lingkungan setempat. Sejak pertama kali dilakukan pada 1942 di India, donor darah menjadi salah satu bentuk berbagi yang dipilih sebagian orang dan jumlahnya pun tak pernah sedikit.


Selain bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan darah untuk proses operasi maupun pemulihan tubuh, donor darah pun menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan bagi para pendonor. Di bawah ini, Her World sudah merangkum beberapa manfaat donor darah untuk kesehatan. Penasaran apa saja?


1. Mengetahui kondisi kesehatanmu


Mungkin tak sedetail saat kamu melakukan medical check-up rutin ke dokter, tapi donor darah bisa jadi salah satu cara untuk mengetahui kondisi kesehatanmu, khususnya area kardiovaskular (meliputi jantung dan pembuluh darah). Setiap kali kamu ingin melakukan donor darah, ada serangkaian proses pengecekkan untuk mengetahui apakah darahmu dapat didonorkan.


Proses pengecekkan ini juga bisa membuka pandangan tentang kondisi kesehatan tubuhmu yang sebelumnya tak pernah kamu tahu. Entah kandungan zat besi dalam darah yang rendah hingga kondisi yang perlu diperiksa lebih lanjut bisa kamu ketahui saat ingin donor darah.



(Kamu jadi lebih tahu kondisi tubuh melalui pengecekkan donor darah. Foto: Dok. Nathan Cowley/Pexels)

 

2. Menjaga kesehatan jantung


Untuk jaga kondisi jantung tetap sehat, donor darah bisa jadi salah satu caranya. Sebuah studi yang ditulis dalam jurnal kesehatan berjudul Transfusion, menemukan bahwa orang yang mengalami hipertensi dan melakukan donor darah sebanyak empat kali, mengalami penurunan tekanan darah.


Namun, kamu tetap harus menjaga kesehatan jantung dari asupan makanan dan kebiasaan sehat lainnya, karena donor darah hanya salah satu cara menjaga tapi bukan satu-satunya.


3. Meningkatkan produksi sel darah baru


Manfaat donor darah untuk kesehatan adalah lagi-lagi menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Sebab, tubuh akan terdorong untuk memproduksi sel-sel darah baru selama 48 jam berikutnya dan selama 30 sampai 60 hari, suplai darah dalam tubuh akan kembali normal. Jadi kerja sistem tubuh akan lebih maksimal dan kondisinya jadi lebih prima.


(Baca Juga: Wajib Diperhatikan, Ini 5 Kriteria Dari Makanan Yang Sehat)


4. Menurunkan berat badan


Kamu mendonorkan darahmu, kamu juga menurunkan berat badan. Menurut riset yang dilakukan di University of California, seseorang yang mendonorkan darahnya dengan takaran 450ml itu sama dengan membakar 650 kalori. Lagi-lagi, ini bukan satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan, tapi mungkin bisa memotivasimu agar mau donor darah.


5. Mengurangi risiko kanker


Semua yang berlebihan tentu tak selamanya baik, termasuk kandungan zat besi dalam tubuh. Sebuah riset yang dipublikasikan di Journal of the National Cancer Institute menunjukkan bahwa donor darah bisa mengurangi jumlah zat besi yang ada dalam tubuh sehingga dalam jumlah yang aman.


Kamu butuh zat besi untuk hidup tapi saat jumlahnya terlalu banyak, justru memiliki risiko terkena kanker. Beberapa bagian tubuh yang bisa terhindar dari risiko kanker adalah hati, paru-paru, perut, dan tenggorokan dengan melakukan donor darah.



(Berat badan bisa menurun dengan donor darah. Foto: Dok. Andres Ayrton/Pexels)


6. Menjaga kesehatan mental


Kamu melakukan hal baik saat mendonorkan darah. Jadi ada perasaan bahagia yang mungkin mengisi hati setelah donor darah sehingga berdampak pada kesehatan mentalmu. Mungkin terkesan hanya mendonorkan darah, tapi ada banyak hal yang kamu berikan sehingga wajar kalau merasa senang melakukannya. Apalagi kalau kamu tahu ini akan membantu orang-orang yang membutuhkan. Dengan melakukan aksi secara sukarela, seperti donor darah, rasa senang yang dirasakan dapat menurunkan risiko terkena depresi dan kesepian.


(Baca Juga: Rencana Mengecilkan Badan? Ini Sayuran Yang Cocok Untuk Diet)


Itu dia beberapa manfaat donor darah yang bisa didapatkan untuk kesehatan. Jadi, buat kamu yang ingin pertama kali melakukan donor darah, semoga ini bisa jadi motivasimu untuk mencoba.


Life & health