Life & health

Kampanye Lakukan di TipTip, Dukung Konten Kreator Indonesia

By : Her World Indonesia - 2022-11-04 17:00:01 Kampanye Lakukan di TipTip, Dukung Konten Kreator Indonesia

TipTip, aplikasi konten kreator asal Indonesia yang resmi rilis di bulan Juli lalu kini menghadirkan kampanye baru “Lakuin di TipTip”. Melalui kampanye ini, TipTip ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk terus mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia. Kampanye ini juga turut membuka kesempatan bagi setiap pelaku kreatif di Indonesia untuk menyalurkan minat dan passion mereka kepada khalayak luas, yang mana tiap kontennya dapat menerima penghasilan melalui fitur monetisasi dari TipTip.


Awal mula TipTip berdiri terinspirasi dari isu algoritma yang sering kali dirasakan oleh para konten kreator. Algoritma yang ada di sosial media ini sering kali menjadi penghambat bagi para konten kreator untuk menyebarkan konten secara luas sehingga target pemasaran mereka kurang memenuhi. Hal inilah yang membuat TipTip berinovasi untuk menciptakan wadah bagi para pelaku kreatif ini untuk membuat konten dan mendapatkan pemasukan secara worry-free.


Kampanye “Lakuin di TipTip” yang diselenggarakan oleh TipTip pada 3 November ini dihadiri oleh Triawan Munaf selaku President Commissioner of TipTip, Albert Lucius selaku CEO dan Founder of TipTip, Paulina Purnomowati selaku Chief Marketing Officer of TipTip, bersama Antasena Perdana selaku creator TipTip, dan Arief Muhammad selaku content creator.


(Baca Juga: Festival Kreatif Terbesar IdeaFest 2022 Siap Digelar!)



(Kampanye Lakukan di TipTip oleh TipTip. Foto: Dok. TipTip)


Albert Lucius, CEO dan Founder dari TipTip menyatakan TipTip melihat potensi pasar kreator yang sangat besar di wilayah Asia Tenggara, terutama di Indonesia yang jumlah kreatornya memiliki pertumbuhan sebanyak 15% per tahunnya hingga tahun 2027. Hal inilah yang kemudian mendorong TipTip untuk terus memperkuat kinerjanya agar bisa berkontribusi positif pada industri kreatif di Indonesia.


Selain kampanye ini, sebelumnya TipTip juga telah menjalankan berbagai rangkaian kegiatan Hyperlocal di delapan kota di Indonesia,termasuk Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan Bali. Kunjungan TipTip telah menerima sambutan positif dari komunitas setempat dan berhasil meningkatkan pertumbuhan yang positif hingga 9x jumlah pendapatan dan 4x jumlah pengguna sejak bulan Juli lalu.


Keunikan TipTip dari platform media sosial lain bisa dilihat dari tiga fitur spesialnya, yaitu Konte Kreator, Subscriber, dan Promotor. Konten kreator merupakan para pelaku kreatif yang akan mengunggah konten kreatif sesuai passion masing-masing, mereka juga bisa menikmati fasilitas dashboard hub untuk memudahkan pekerjaan.


Subscriber merupakan para pengikut yang bisa menonton dan membeli konten hasil karya kreator, bahkan dapat melakukan tipping serta meninggalkan ulasan. Sedangkan Promotor merupakan orang-orang yang mempromosikan dan membagikan konten di TipTip secara luas, dimana hasil promosi ini juga bisa menghasilkan pendapatan sebanyak 10%.



(Kampanye Lakukan di TipTip oleh TipTip. (Foto: Dok. TipTip)


Bagi para konten kreator, terdapat dua jenis konten yang bisa dibagikan dan dimonetisasi, yaitu Konten Digital serta Live Session. Konten Digital bisa berupa video, foto, bahkan worksheet yang berisi tips-tips pekerjaan, sementara Live Session merupakan konten siaran langsung yang menghibur dan edukatif.


Hal ini sesuai dengan pernyataan Triawan Munaf, Presiden Komisaris TipTip bahwa, “TipTip membuka kesempatan bagi siapa pun yang ingin memperoleh penghasilan dari peran dan passion yang digeluti. Kami berharap TipTip bisa semakin kuat dalam membantu pembangunan ekosistem ekonomi kreator dan semakin banyak lagi masyarakat Indonesia yang bisa merasakan langsung dampak positif dari profesi sebagai pembuat konten.


Saat ini, TipTip sudah menghadirkan ratusan konten menarik dari lebih dari 1,000 kreator yang bergabung sejak awal peresmiannya. Setiap bulannya ada sekitar 200 konten baru dari para kreator yang terdiri dari konten edukatif, entertainment, and anything in between. Dilengkapi dengan fitur monetisasi yang lengkap dan transparan, TipTip memastikan terciptanya budaya saling mendukung antar pengguna yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.


(Baca Juga: Belajar Pulih Pasca Pandemi Bersama ICON2022 by GDP Venture)


Aplikasi TipTip sudah tersedia di Google Store dan Apps Store. Tunggu apa lagi? Kini tidak ada lagi kata ragu untuk membuat konten yang kamu inginkan di TipTip!


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)


Life & health