Life & health

Festival Kreatif Terbesar IdeaFest 2022 Siap Digelar!

By : Her World Indonesia - 2022-10-06 17:00:01 Festival Kreatif Terbesar IdeaFest 2022 Siap Digelar!

IdeaFest, festival kreatif terbesar Indonesia yang paling banyak dinanti akan kembali hadir tahun ini tepatnya pada tanggal 24-27 November di Jakarta Convention Centre (JCC). Setelah 11 tahun sukses berjalan, IdeaFest bangga untuk kembali menggelar acaranya secara offline untuk pertama kalinya pasca pandemi COVID-19.


Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2011, IdeaFest memiliki komitmen untuk menjadi wadah bagi para pelaku kreatif tanah air agar dapat berbagai, berdiskusi, dan berkolaborasi bersama dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan industri kreatif di Indonesia.

Demi mewujudkan visi-misi, tiap tahunya IdeaFest mengundang figur penting dan berbagai komunitas inspiratif baik dari Indonesia maupun internasional untuk membagikan insight mereka mengenai hal-hal kreatif yang berpengaruh dalam berbagai bidang kehidupan.


Melalui festival kreatif ini, IdeaFest berharap dapat membawa Indonesia menjadi salah satu negara terdepan dalam industri kreatif di panggung internasional.


(Ben Soebiakto, selaku Co-Chairman IdeaFest 2022. Foto: Dok. IdeaFest 2022)

Satu hal penting yang perlu diingat adalah bahwa IdeaFest akan selalu terikat dengan keterlibatan komunitas. Tanpa komunitas, IdeaFest tidak akan mampu berdiri dengan sukses seperti saat ini. Keterlibatan komunitas inilah yang juga menjadi esensi dalam IdeaFest.


Seperti yang dikatakan oleh Ben Soebiakto, Co-Chairman IdeaFest 2022, “IdeaFest ingin mengangkat industri kreatif untuk berkembang dengan cara melibatkan komunitas. Tiap komunitas inilah yang nantinya akan meramaikan IdeaFest dengan program dan inovasi mereka yang unik dan beda dari lainnya.”


Kali ini, IdeaFest 2022 akan mengusung tema utama “Reality Re:defined”. Tema ini terinspirasi dari perubahan keadaan yang dirasakan oleh Bumi, warga dunia, dan terutama masyarakat Indonesia karena munculnya pandemi COVID-19. Melalui “Reality Re:defined”, Ben Soebiakto percaya IdeaFest bisa menjadi suatu bentuk motivasi dan optimisme pada masyarakat Indonesia bahwa industri kreatif tanah air tetap bisa berdiri tegak di era pasca pandemi ini.


Oleh karena itu, melalui IdeaFest masyarakat akan diajak untuk bisa re:connected, re:introduced, re:established, re:live, dan re:create dalam upaya bersiap menjalani realita yang baru setelah melewati masa pandemi.


(Baca Juga: Hari Batik Nasional 2022, Fashion Show Hingga Pameran Batik)



(Kick-Off Press Conference IdeaFest 2022. Foto: Dok. IdeaFest 2022)

Guna mewujudkan tujuan tersebut, keseluruhan rangkaian acara IdeaFest 2022 telah dikurasi oleh tim Braintrust yang merupakan ahli dari berbagai bidang. Bersama dengan Ben Soebiakto, jajaran Braintrust IdeaFest 2022 kali ini adalah Edwin Nazir, Ketua APROFI (Asosiasi Produser Film Indonesia) dan Direktur Festival Seni & Desain Kontemporer Indonesia, Lalitia Apsari, Head of Program and Communication at Transition Team of Indonesian Museum and Cultural, Heritage Public Service Agency, dan Adjie Santosoputro, Wellness Practitioner.


Selain tiga nama besar tersebut, IdeaFest 2022 juga memiliki jajaran tim Braintrust lainnya yang akan memperkenalkan berbagai isu dan fenomena spesifik di sekeliling kita seperti Art, Women Interest, Fashion & Streetwear, Media & Advertising, Content, Urban & Culture, Wellness, Entrepreneurship, Music, Activism & ESG, Lifestyle, dan Design.


Pada kick-off press conference yang telah berlangsung, Ben Soebiakto mempersembahkan deretan komunitas kenamaan yang akan berkolaborasi dengan IdeaFest 2022 di bulan November mendatang. Beberapa diantaranya adalah Makna, Manual Jakarta, Majelis Lucu Indonesia, Pemimpin.id, Double Deer Group, Utopia, dan 11th Space. Masing-masing dari mereka akan menjalankan program inovatif dengan tema yang unik, seperti IdeaTalks, Conference, IdeaFest Music, Hall of Makers, Manual Food Market, Lucu Fest, Lead The Idea, Litter by Litter, Utopia Blok:verse, Reality Re:united, dan Nex Space.



(Perkenalan partner yang akan berkolaborasi di IdeaFest 2022. Foto: Dok. IdeaFest 2022)


Masih pada acara kick-off press conference, Patrick Effendy, CEO Majelis Lucu Indonesia dan Aji Pratomo, Advisor Utopia juga hadir untuk memperkenalkan progam yang akan mereka jalankan di IdeaFest 2022. Jika program lainnya terkesan serius dan berat, Patrick Effendy bersama Majelis Lucu Indonesia hadir untuk menyebarkan tawa bagi para pengunjung.


Melalui program Lucu Fest, Patrick Effendy akan menyediakan berbagai ‘wahana nyeleneh’ yang siap untuk menghibur para pengunjung. Selain itu, Aji Pratomo sekalu Advisor Utopia juga hadir untuk memberikan insight dan pembelajaran mendalam mengenai all things tech, mulai dari metaverse, crypto, dan masih banyak lagi.


(Baca Juga: Belajar Pulih Pasca Pandemi Bersama ICON2022 by GDP Venture)


Tidak hanya program-program menarik di atas, seperti tahun-tahun sebelumnya IdeaFest 2022 juga akan menghadirkan deretan sosok inspiratif tanah air yang akan mengisi rangkaian acara IdeaTalks dan Conference, seperti Ario Pratomo, Fellexandro Ruby, Cinta Laura Kiehl, Dipha Barus, Andhyta F Utami, Henry Manampiring, Dharmaji Suradika, Dhira Narayana, Manoj Punjabi, Iyas Lawrence, Wena Wahyudi, Natasha Dian, Jessica Hali, Piotr Jakubowski, Alvin Tjitrowirjo, Rengkuh Banyu Mahandaru dan ratusan pembicara lainnya yang akan segera diumumkan.


Banyak sekali hal yang bisa dinantikan dari IdeaFest 2022 yang akan berlangsung pada bulan November mendatang. Selain belasan program yang inspiratif dan memotivasi, terdapat juga konten kreatif yang dihadirkan khusus oleh para komunitas untuk menghibur para pengunjung. IdeaFest 2022 yang tujuannya untuk memberikan dorongan pasca pandemi ini juga hadir untuk mempersiapkan masyarakat Indonesia dengan perkiraan munculnya era resesi di tahun 2023.


Keseluruhan informasi dan pembelian tiket untuk IdeaFest 2022 bisa diakses melalui website www.ideafest.id atau akun sosial media resmi Instagram @ideafestid.


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)

Life & health