Life & health

Wajib Tahu! Ini Cara Yang Tepat Merawat Kaca Mata Minus

By : Her World Indonesia - 2022-10-21 19:00:01 Wajib Tahu! Ini Cara Yang Tepat Merawat Kaca Mata Minus

Kacamata bukan hanya merupakan fashion item biasa, khususnya untuk kacamata minus yang bahkan sudah menjadi kebutuhan esensial penggunannya. Bagi kamu yang memiliki mata minus, pasti sudah sangat tidak bisa terpisah oleh kacamata. Bahkan kacamata bisa menjadi salah satu penentu identitas bagi penggunanya. Melihat pentingnya kacamata untuk kehidupan sehari-hari berbagai upaya untuk menjaganya tetap tahan lama dan selalu nyaman digunakan juga harus dilakukan.

Berikut ini Her World rangkumkan cara yang tepat untuk merawat kacamata. Let’s check this out!


1. Melepas kacamata dengan benar

(Merawat kacamata dengan melepas menggunakan dua tangan. Foto: Dok. freepik)


Melepas kacamata mungkin merupakan hal yang biasa, tapi tanpa disadari cara melepas kacamata juga dapat mempengaruhi ketahanan. Cara yang terbaik untuk melepas kacamata ialah dengan menggunakan kedua tangan. Hal ini dikarenakan, melepas kacamata hanya dengan satu tangan malah dapat membuat engsel dari salah satu sisi kacamata mengendur. Bila ini terjadi, juga dapat menyebabkan frame kacamata menjadi miring.


2. Hindari menaruh kacamata di kepala

(Hindari menaruh kacamata diatas kepala. Foto: Dok. freepik)


Terkadang tanpa disadari pengguna kacamata sering untuk menaruh kacamatanya di atas kepala. Mungkin cara ini menawarkan kepraktisan agar tidak lupa saat membuka kacamata. Namun faktanya, kebiasaan ini malah dapat membuat kacamata menjadi renggang atau bahkan patah.


(Baca Juga: Cara Membersihkan Kacamata Yang Buram)


3. Menyimpan kacamata dengan benar

(Taruh kacamata ditempat yang benar  Foto: Dok. freepik)


Kebanyakan para pengguna kacamata sering sekali menaruh kacamata di tempat yang tidak aman. Hal ini berbahaya karena sangat memudahkan kacamata untuk tertindih, tergores atau bahkan terjatuh. Menaruh kacamata sembarangan juga menyulitkan kamu untuk menemukannya, terutama bagi kamu yang memiliki rabun jauh. Cara terbaik untuk menyimpan kacamata ialah di kotak kacamata.


4. Membersihkan kacamata dengan benar

(Membersihkan kacamata dengan cara yang benar unntuk merawat kacamata  Foto: Dok. freepik)


Cara lain untuk merawat kacamata agar tahan lama ialah mengetahui cara yang tepat untuk membersihkan kacamata. Sangat disarankan untuk membersihkan menggunkan cairan pembersih kacamata dan lap khusus pembersih kacamata yang biasanya disertakan saat pembelian kacamata. Sebisa mungkin hindari untuk mebersihkan kacamata dengan menggunakan alkohol. Pastikan juga untuk tidak menekan lensa terlalu keras saat sedang membersihkannya.


(Baca Juga: Punya Wajah Oval? Ini Frame Kacamata Yang Cocok Untuk Kamu)


Berikut itu telah Her World rangkumkan cara yang tepat untuk merawat kacamata minus agar tahan lama. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


(Penulis: Brigitta T.Halim)


Life & health