Life & health

Ini 7 Cara Menghilangkan Pusing Setelah Mabuk Perjalanan

By : Her World Indonesia - 2022-10-20 14:00:02 Ini 7 Cara Menghilangkan Pusing Setelah Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan, atau biasa disebut dengan motion sickness termasuk penyakit yang sering dialami ketika bepergian. Beberapa orang ada yang memiliki kecenderungan lebih mudah mabuk perjalanan daripada lainnya. Mabuk perjalanan ini dapat muncul ketika melakukan perjalanan menggunakan transportasi darat, laut, maupun udara. Mabuk perjalanan biasanya akan hilang ketika kita perjalanan telah berakhir, tetapi ada juga beberapa orang yang masih merasakan efeknya selama dua hari bahkan satu minggu.


Gejala mabuk perjalanan termasuk perasaan gelisah, lelah, muntah-muntah, hingga pusing. Pusing saat mabuk perjalanan bisa dirasakan mulai dari kepala bahkan menjalar hingga leher, lho. Tentunya, pusing selama mabuk perjalanan ini dapat membuat pengalaman bepergianmu menjadi tidak nyaman. Lalu, bagaimana sih cara menghilangkan pusing setelah mabuk perjalanan? Berikut Her World rangkum cara ampuh yang bisa kamu coba!


1. Konsumsi makanan ringan

Meski lapar, kamu mungkin tidak sanggup mengonsumsi makanan berat saat merasa pusing setelah mabuk perjalanan. Hal yang bisa kamu lakukan untuk mengganjal perut sementara adalah mengonsumsi makanan ringan atau camilan seperti crackers, wafer, roti, sereal, dan buah-buahan seperti apel atau pisang. Konsumsi makanan ringan ini bisa menghilangkan pusingmu secara perlahan dan membuatmu tidak kelaparan.


Jangan lupa untuk menghindari konsumsi makanan berat yang susah dicerna seperti makanan berminyak, asam, atau pedas. Jenis makanan ini justru bisa memperparah mabuk perjalananmu hingga merasa mual.


2. Istirahat cukup


(Tidur bisa membantu menghilangkan pusing setelah mabuk perjalanan. Foto: Dok. PonyWang/iStock)

Cara ampuh untuk menghilangkan pusing setelah mabuk perjalanan adalah dengan istirahat yang cukup. Tidur di malam hari atau sekadar tidur singkat selama 2-3 jam bisa membantumu menghilangkan pusing setelah mabuk perjalanan. Jika rasa pusing masih menyulitkanmu untuk tidur, kamu bisa beristirahat dengan posisi duduk atau berbaring tanpa melakukan aktivitas berat.


3. Gunakan aromaterapi

Selama istirahat, aromaterapi bisa menjadi andalan yang dapat membantu menenangkanmu. Aromaterapi seperti essential oil bisa kamu gunakan dengan diffuser untuk menciptakan aroma wangi dan ringan untuk seisi ruanganmu.


Beberapa aroma essential oil seperti jahe dan peppermint paling berguna untuk membantu meredakan pusing dan mual. Selain menggunakan diffuser, kamu juga bisa menggunakan satu tetes essential oil pada pergelangan tangan atau mencium langsung dari botol untuk mendapatkan manfaatnya.


(Baca Juga: Pikiran Buat Stres? Ini 6 Cara Menghilangkan Overthinking)


4. Hidrasi tubuh

Ketika kamu mulai merasa pusing setelah perjalanan, hal ini bisa jadi tanda bahwa kamu sedang dehidrasi. Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuhmu sebelum dan sesudah bepergian untuk menghindari pusing akibat mabuk perjalanan. Inilah yang membuat konsumsi air penting untuk menghidrasi tubuh selama perjalanan.


5. Konsumsi teh hangat


(Teh hangat membant menghilangkan pusing setelah mabuk perjalanan. Foto: Dok. K-Angle/iStock)

Selain air putih, cara menghilangkan pusing setelah mabuk perjalanan adalah dengan teh herbal. Beberapa jenis teh yang ampuh untuk menghilangkan pusing adalah teh kamomil, teh lemon madu, teh jahe, dan teh peppermint. Jenis teh di atas bisa membantu melemaskan otot dan mengurangi asam dalam perut yang dapat menghilangkan pusing setelah mabuk perjalanan.


6. Mendengarkan lagu

Melakukan aktivitas berat sangat tidak disarankan ketika kamu sedang merasa pusing setelah mabuk perjalanan. Namun, kamu tetap bisa mencari distraksi lain dengan mendengarkan lagu untuk membantu meredakan rasa pusing. Kamu bisa mendengarkan lagu apapun, tetapi suara white noise dan lagu tanpa lirik terbukti lebih ampuh untuk mengurangi rasa gelisah dan pusing yang kamu rasakan.


(Baca Juga: Ingin Menenangkan Pikiran? 5 Olahraga Ini Bisa Membantu)


7. Konsumsi obat

Jika cara-cara lain tidak membuahkan hasil, kamu bisa mencoba mengonsumsi obat mabuk setelah perjalanan untuk menghilangkan pusingmu. Umumnya, obat mabuk perjalanan yang kamu konsumsi memiliki efek ngantuk yang bisa membuatmu tidur lebih cepat untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi obat ini memiliki takarannya masing-masing dan tidak boleh berlebihan.


Berikut adalah cara menghilangkan pusing setelah mabuk perjalanan. Bagi kamu yang memiliki kecenderungan lebih mudah mabuk perjalanan, cara-cara di atas bisa kamu coba untuk menghilangkan efek atau gejalanya terutama jika masih bertahan selama beberapa hari. Pastikan dirimu mendapatkan istirahat yang cukup, jika masih merasa pusing hindari melakukan perjalanan lain untuk beberapa hari kedepan.


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)



Life & health