Hair & beauty

Mudah Dan Ampuh, Ini Cara Menghilangkan Ketombe

By : Her World Indonesia - 2022-10-19 15:00:02 Mudah Dan Ampuh, Ini Cara Menghilangkan Ketombe

Rambut pastinya merupakan mahkota bagi seorang wanita sebab itu perawatan rambut terbaik pasti dilakukan untuk mendapatkan rambut yang sehat dan bersih. Meskipun sudah merawat terkadang permasalahan seperti ketombe tetap datang dan sangat mengganggu.


Ketombe bukan hanya memberikan rasa gatal kepada kulit kepala, tetapi juga rasa tidak nyaman kepada penampilan terutama saat ketombe menempel pada pakaian kita. Berikut Her World rangkumkan cara menghilangkan ketombe dengan mudah. Let’s take a look!


1. Mencuci rambut dengan benar

(Mencuci rambut yang benar dapat bantu menghilangkan ketombe Foto: Dok. freepik)

Saat sedang mengalami ketombe, tidak sedikit yang malah menggosok kulit kepala dengan kencang dengan harapan merontokan ketombe atau agar nutrisi shampo dapat meresap masuk. Cara ini sebenarnya bukan cara yang tepat.


Menggosok rambut terlalu kencang malah dapat menyebabkan kulit kepala mengalami iritasi. Cara terbaik untuk keramas adalah dengan menggunakan shampo sebesar uang logam, lalu diaplikasikan dengan cara memijat kulit kepala. Sebisa mungkin hindari menggosok kulit kepala dengan menggunakan kuku.


2. Memilih shampo anti ketombe

(Gunakan shampo anti ketombe dengan kandungan khusus  Foto: Dok. freepik)

Berapa wanita yang sedang mengalami ketombe, terkadang malah khawatir untuk keramas karena malah semakin membuat kulit kepala kering. Pada kenyataannya, kamu malah harus rajin untuk membersihkan rambut untuk menghilangkan kotoran dan sel mati pada kulit kepala.


Agar mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan shampo anti-ketombe yang memiliki beberapa kandungan khusus seperti zinc pyrithione, ketoconazole, asam salisilat, dan selenium sulfida. Beberapa kandungan itu juga dapat membantu mengurangi rasa gatal pada kulit kepala.


(Baca Juga: Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dan Gatal, Pasti Ampuh!)


3. Menggunakan tea tree oil

(Tea tree oil yang bantu kurangi ketombe  Foto: Dok. jcomp/freepik)

Tea tree oil sering pasti sering sekali didengar sebagai bahan yang dapat mengatasi jerawat. Siapa yang sangka, ternyata minyak yang satu ini juga dapat membantu mengatasi permasalahan ketombe kamu.


Cara pemakaian yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencampurkan beberapa tetes tea tree oil dengan shampo, atau dengan menggabungkannya dengan minyak kelapa. Hal ini untuk mencegah kontaminasi langsung tea tree oil ke kulit kepala terutama untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.


4. Membersihkan sisir

(Membersihkan sisir dapat bantu kurangi ketombe  Foto: Dok. gpointstudio/freepik)

Sisir menjadi salah satu benda yang pastinya selalu digunakan setiap hari, tapi apakah kamu ingat kapan terakhir kali membersihkan sisir kamu setelah digunakan? Hal ini dikarenakan sisir yang kotor malah dapat membantu jamur penyebab ketombe cepat berkembang dikulit kepala. Sisir yang kotor ini tentunya malah dapat memperparah kondisi rambut kamu yang sedang berketombe.


(Baca Juga: Penyebab Ketombe Dan Produk Untuk Mengatasinya)


Itulah beberapa cara menghilangkan ketombe yang bisa dilakukan. Selamat mencoba!


(Penulis: Brigitta T.Halim)


Hair & beauty