Life & health

Ibu Ibukota Awards 2022 Beri Apresiasi Bagi Wanita Jakarta

By : Her World Indonesia - 2022-10-18 16:00:01 Ibu Ibukota Awards 2022 Beri Apresiasi Bagi Wanita Jakarta

Ibu Ibukota Awards (IIA) kembali hadir dengan menggelar acara perayaan yang meriah pada tanggal 11 Oktober lalu, tepatnya di Teater Besar Taman Ismail Marzuki. Dicetus oleh Fery Farhati, ketua dari Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga DKI Jakarta sekaligus istri dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, IIA yang telah berdiri sejak tahun 2019 merupakan sebuah wadah apresiasi yang mengangkat cerita para wanita penggerak di Jakarta.


Melalui tagar #AksiHidupBaik, IIA memiliki tujuan untuk meningkatkan empati dan kepedulian masyarakat terhadap situasi dan lingkungan sekitar. Selama empat tahun berjalan, IIA telah melibatkan kerjasama dengan beberapa organisasi dengan tujuan mulia lainnya, seperti Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) DKI Jakarta, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta, dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) DKI Jakarta.


(Perayaan Ibu Ibukota Awards 2022. Foto: Dok. Ibu Ibukota Awards 2022)

Tahun ini, IIA mengusung tema acara #BertemuKembali guna mengajak dan mengapresiasi sosok wanita penggerak Jakarta dan para kolaborator yang telah menemani tumbuhnya IIA sejak awal.

“Di tahun ini, kami tidak lagi mencari sosok baru. Kami menjadikan momen ini untuk bertemu kembali. Tujuannya adalah untuk menggali lebih jauh cerita #AksiHidupBaik para sosok, mengembangkan potensi, serta memaksimalkan kolaborasi dari 62 sosok yang telah menjadi keluarga besar Ibu Ibukota Awards sejak 2019-2021,” ujar Fery Farhati. Selain perayaan meriah yang digelar di Taman Ismail Marzuki, acara IIA juga ditayangkan melalui kanal YouTube Ibu Ibukota dan ditonton oleh 53 kelurahan secara serentak.

Rangkaian acara IIA 2022 dimulai dengan pembukaan dari Syafira Umm dan Iwet Ramadhan sebagai pembawa acara yang dilanjutkan dengan sesi pembacaan narasi oleh dr. Mesty Ariotedjo. Kemeriahan acara IIA mulai memuncak dengan penampilan dari paduan suara SMAN 78 Jakarta yang membawakan lagu Ibu Ibukota, serta iringan musik dan visual oleh Dodi Isnaini bersama Upie Guava.

IIA 2022 juga mendatangkan siswi berprestasi Zefanya J. Hutagaol dari SMPN 219 Jakarta. Kemudian, IIA 2022 ditutup dengan penampilan dari musisi Adera dan Ebiet G Ade.


(Baca Juga: Hari Batik Nasional 2022, Fashion Show Hingga Pameran Batik)



(Penghargaan selendang pada Ibu Ibukota Awards 2022. Foto: Dok. Ibu Ibukota Awards 2022)

Hal istimewa lain yang hadir sebagai rangkaian acara IIA 2022 adalah pemberian selendang batik hasil kolaborasi antara Hijasmita, Artuready, dan Dcraft Indonesia kepada seluruh sosok Ibu Ibukota yang hadir. Pemberian selendang ini merupakan wujud apresiasi atas berbagai pemberdayaan yang mereka lakukan bagi keluarga-keluarga di Jakarta. Penghargaan diberikan kepada lima bidang gerak yang mereka lakukan, yaitu;

1. Bidang lingkungan diberikan oleh Ibu Mahariah Sandre (Founder Yayasan Rumah Literasi Hijau) dan Ibu Suzi Marsitawati (Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKIJakarta)

2. Bidang kesehatan oleh Ibu dr. Widyastuti (Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta) dan Ibu dr. Lily S Sulistyowati (Kepala Sentra Laktasi Indonesia).

3. Bidang pendidikan oleh Ibu Nahdiana (Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta) dan Ibu Elidawati Ali Oemar (Founder Elzatta Hijab)

4. Bidang kewirausahaan oleh Ibu Helianti Hilman (Founder Javara Indonesia) dan Ibu Elisabeth Ratu Rante Allo (Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKIJakarta)

5. Bidang pemberdayaan oleh Ibu Tuty Kusumawati (Kepala Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Provinsi DKI Jakarta) dan Ibu Shantica Warman (Freelance Writer, Eks-Pimpinan Redaksi Her World Indonesia)



(Penampilan pada Ibu Ibukota Awards 2022. Foto: Dok. Ibu Ibukota Awards 2022)

Sebelum acara puncak IIA 2022, pada awal tahun ini Ibu Ibukota telah menjalankan berbagai rangkaian acara lain yang tidak kalah meriah. Pada bulan bulan Juni, Ibu Ibukota mengadakan acara BEKALI (Belajar Kembali) agar para sosok dapat meningkatkan keterampilan mereka sebagai penggerak masyarakat dalam berbicara, memecahkan masalah, serta tampil menarik di depan publik.

Kemudian dilanjutkan pada bulan Juli, Ibu Ibukota menggelar acara TEMALI (Temu Kembali) sebagai ajang rembuk pendapat dalam ragka memperkuat kolaborasi antar sosok untuk keberlanjutan gerakan. Lalu pada bulan September, selama sebulan penuh para sosok Ibu Ibukota mengikuti kegiatan Bulan Kolaborasi yang bekerja sama dengan hampir 40 media dan komunitas lainnya melalui lokakarya, seminar, dan sebagainya.


(Baca Juga: Festival Kreatif Terbesar IdeaFest 2022 Siap Digelar!)



(Ibu Fery Farhati selaku pencetus Ibu Ibukota Awards 2022. Foto: Dok. Ibu Ibukota Awards 2022)

Seluruh rangkaian acara dan perjalanan inspiratif IIA 2022 berhasil terwujud berkat hasil kerjasama lebih dari 70 relawan dari berbagai usia dan profesi. Momen Apresiasi Ibu Ibukota Awards 2022 sendiri mendapat dukungan penuh dari Pemprov DKI Jakarta, PT Paragon Technology and Innovation, PT Jakarta Infrastruktur Propertindo, PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Tbk,Bank DKI, dan JakPreneur.

Selain perusahaan dan instansi tersebut, perayaan IIA 2022 juga didukung oleh teman-teman komunitas Teruntuk Project, Buibu Baca Buku Book Club, Sobat Air Jakarta, Bale Buku Jakarta, Bantu Guru Belajar Lagi, Sahabat Gizi, Ibu Punya Mimpi, FoodBank of Indonesia, I Am Okay, Minimalist Moms Indonesia, Bersama Mama, Fun Garden Literacy, Plus Jakarta, Beri Harapan Indonesia, World Cleanup Day Indonesia, Parenting Is Easy, dan Peri Bumi.


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)


Life & health