Life & health

Hari Batik Nasional 2022, Fashion Show Hingga Pameran Batik

By : Her World Indonesia - 2022-10-05 13:00:01 Hari Batik Nasional 2022, Fashion Show Hingga Pameran Batik

Baru-baru ini, tepatnya pada tanggal 2 Oktober, warga Jakarta sukses meramaikan acara Hari Batik Nasional 2022 yang digelar oleh Yayasan Batik Indonesia (YBI). Pemilihan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional sendiri bukan tanpa alasan, melainkan sebagai pengingat dari ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and the Intangible Heritage of Humanity) milik Indonesia oleh Unesco di tanggal yang sama pada tahun 2009 lalu.


Kini, tiap tanggal 2 Oktober digunakan untuk mengapresiasi dan merayakan batik sebagai salah satu warisan khas milik Indonesia. Melalui Hari Batik Nasional 2022, YBI bersama dengan Kementrian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI) dan Bank Mandiri mengusung tema “Sebarkan Kabar Ba(t)ik” dalam rangka menyebarkan kabar baik dan pandangan baru kepada masyarakat bahwa batik tidak melulu tentang kegiatan formal, tetapi batik juga bisa nyaman dikenakan untuk beragam situasi termasuk kegiatan sehari-hari.


(Batik Street Fashion Show di Hari Batik Nasional 2022. Foto: Dok. MRA Media)

Tentunya, pada acara Hari Batik Nasional 2022 YBI telah mempersiapkan serangkaian kegiatan yang tidak hanya seru tetapi juga informatif untuk memperluas wawasan warga dan tamu undangan seputar batik. Acara pembuka sekaligus puncak Hari Batik Nasional 2022 dimulai dengan Batik Street Fashion Show di sepanjang jalan Bundaran Senayan hingga Mall FX. Pagelaran mode batik ini turut memanfaatkan lengangnya jalanan ibukota bersamaan dengan car free day di hari Minggu.


(Baca Juga: Seru & Uji Kompak, Ini 6 Olahraga Tradisional Khas Indonesia)


Pagelaran mode batik dihadiri oleh sejumlah tamu undangan seperti Menteri Perindustrian RI, Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita; Ketua Umum YBI, Ibu Gita Pratama; Ketua Pelaksana Hari Batik Nasional 2022, Ibu Nini Djan Faridz, dan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Ibu Alexandra Askandar. Selain para petinggi, pagelaran ini juga diramaikan oleh dereta KOL seperti Jerome Kurnia, Shareefa Danish, hingga anggota Timnas Basket Putra Putri-Perbasi serta Abang None Jakarta.


(Para tamu undangan di Hari Batik Nasional 2022. Foto: Dok. MRA Media)

Makin meriah, pagelaran mode juga diiringi oleh penampilan dari band favorit warga Indonesia, Maliq & D'essentials. Masing-masing dari tamu undangan hadir mengenakan kain batik mereka, serba-serbi warna menariknya berhasil menghias jalanan Senayan pada pagi hari tersebut. Pagelaran mode ini berhasil diapresiasi dengan pencatatan dan pemberian rekor MURI sebagai kategori “Peragaan Busana Batik dengan Catwalk Terpanjang di CFD Sepanjang 600 meter”.


Perayaan Hari Batik Nasional 2022 dilanjutkan dengan sesi konferensi di dalam Mall FX, yang sudah dihias dengan bentangan kain batik sepanjang 450m. Konferensi dilaksanakan bersama Ketua Umum YBI, Ibu Gita Pratama; Ketua HBN 2022, Ibu Nini Djan Faridz, dan Senior Vice President Wealth Management Bank Mandiri, Ibu Ursula Sista Pravesthi.


(Pemberian Rekor MURI di Hari Batik Nasional 2022. Foto: Dok. MRA Media)

Ketiganya saling memberikan insight masing-masing mengenai pentingnya menjaga dan melestarikan batik sebagai budaya warisan Indonesia. Tak hanya itu, mereka juga ingin menyebarkan kesadaran terutama bagi generasi muda Indonesia bahwa batik merupakan pakaian yang akan selalu long lasting walau diiringi dengan perkembangan zaman yang cepat.


Acara konferensi ini sekaligus membuka Pameran Batik di Mall FX yang diikuti oleh 27 perajin Industri Batik dan bisa disaksikan oleh seluruh pengunjung mall. Pameran ini juga memiliki booth batik dimana para pengunjung dapat membeli motif dan kain batik yang diinginkan.


Lebih lanjut Ibu Nini Djan Faridz menambahkan, “Pada tanggal yang sama, yaitu 2 Oktober hingga 9 Oktober 2022, di Plaza Indonesia YBI juga mengadakan pameran batik koleksi milik YBI, sedangkan di sore harinya, YBI menggelar Fashion Show Busana Batik di Lamoda Cafe. Adapun rangkaian acara Hari Batik Nasional 2022 ini, akan diakhiri dengan Pameran Batik yang menampilkan 80 koleksi Batik Nitik di Museum Tekstil (Museum Seni), Jakarta Barat, mulai 12 Oktober 2022”.


(Baca Juga: Nusantics "Biome Beauty", Pionir Ramah Microbiome Indonesia)


(Pameran Batik di Mall FX pada Hari Batik Nasional 2022. Foto: Dok. MRA Media)

Batik Ninik sendiri merupakan koleksi batik yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Sejak 3 Maret 2020 lalu, Batik Nitik melalui Paguyuban Batik Tulis Nitik Yogyakarta telah mendapat lisensi pemegang HAKI dari Kemenkumham RI untuk produk indikasi geografis. Berbeda dari lainnya, Batik Ninik menjadi satu-satunya yang menggunakan canting dibelah empat dan teknik diketut bukan diseret.


Mengenai rangkaian acara Hari Batik Nasional 2022 yang berjalan sukses, Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan harapannya bagi para perajin industri Batik se-Indonesia untuk terus mengembangkan proses seni dan kreatifnya di masa depan. Beliau juga menyuarakan upaya pemerintah untuk terus mempopulerkan dan mengapresiasi batik ke setiap lini masyarakat di Indonesia.


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)


Life & health