Life & health

Kenali Obligasi Ritel Yang Bisa Jadi Opsi Untuk Berinvestasi

By : Vanessa Masli - 2022-10-18 11:00:02 Kenali Obligasi Ritel Yang Bisa Jadi Opsi Untuk Berinvestasi

Dalam hal merancang masa depan, tentu banyak hal yang penting untuk dipersiapkan, salah satunya dari sisi finansial. Agar masa depanmu dan orang-orang tersayang tetap aman, investasi menjadi salah satu cara yang banyak dipilih dalam mengamankan kondisi finansial di masa depan. Ada beragam bentuk investasi, mulai dari deposito hingga saham.


Namun, selain saham dan deposito, ada bentuk investasi lain yang sebenarnya bisa kamu jadikan opsi untuk membangun masa depanmu. Obligasi ritel adalah salah satunya. Bentuk investasi ini merupakan surat berharga yang diterbitkan secara khusus oleh pemerintah untuk investor ritel dan dapat diperjualbelikan di pasar sekunder.



(Mengenal obligasi ritel sebagai bentuk investasi. Foto: Dok. stnazkul/123RF)


ORI yang dijual di pasar sekunder bisa dibeli kapanpun kamu mau sebelum jatuh tempo, mengikuti harga yang berlaku di pasar pada saat transaksi dilakukan. Jangka waktu obligasi sendiri berlaku sampai 50 tahun. Buat kamu yang tertarik untuk melakukan investasi dalam bentuk obligasi ritel, pemerintah baru saja menerbitkan seri ORI022 dengan keuntungan dan pola investasi yang baru.


(Baca Juga: 5 Tips Mengelola Keuangan Dengan Efektif, Penasaran?)


Bentuk investasi ORI022 ini bisa diperjualbelikan di pasar sekunder antara investor domestik dan tingkat kupon bersifat tetap. Obligasi ritel seri terbaru ini lebih aman karena pembayaran kupon dan pokok yang dijamin oleh Undang-Undang SBSN sampai dengan jatuh tempo. Lalu, kamu bisa memperjualbelikan ORI022 ini di pasar sekunder dengan mekanisme Bursa Efek atau Transaksi di Luar Bursa (over the counter).


Kamu juga bisa memiliki ORI022 lebih mudah melalui SBN Online dengan kisaran harga mulai dari satu juta Rupiah dan berlaku untuk kelipatan satu juta Rupiah. Dengan berinvestasi menggunakan ORI022 ini, kamu bisa mendapatkan imbalan sebesar 5,95% p.a. yang lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito sehingga membuat investasi satu ini lebih menarik.



(Obligasi ritel bisa jadi opsimu untuk berinvestasi. Foto: Dok. Yan Krukov/Pexels)


Buat kamu yang tertarik berinvestasi ORI022, BRI bisa menjadi tempat untuk memulainya. Saat kamu membeli ORI022 di BRI, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Mulai dari program Direct Gift ORI022 senilai jutaan rupiah, bebas biaya penyimpanan rekening surat berharga, dan terakhir free biaya transfer dalam rangka pembayaran kupon dan pokok ORI ke rekening dana milik investor.


Untuk memulai ORI022, kamu bisa langsung registrasi dan melakukan pemesanan melalui SBN Online atau aplikasi BRImo, lalu kamu melakukan pembayaran, dan diakhiri dengan konfirmasi. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk membeli ORI022 di BRI pun mudah, cukup memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan kamu adalah WNI pastinya.


(Baca Juga: Jamin Masa Depan, Ini Alasan Kamu Perlu Punya Asuransi)


Jadi, pastikan kamu membangun masa depan yang aman dan tenang dengan ragam investasi, termasuk Obligasi Ritel. Buat kamu yang tertarik untuk berinvestasi dalam bentuk Obligasi Ritel dan ingin membeli ORI seri terbaru di BRI, seluruh informasi lengkapnya bisa kamu dapatkan di sini.


Life & health