Sex & relationship

Apakah Pria Selingkuh Bisa Berubah? Kenali 6 Tanda Dia Tulus

By : Her World Indonesia - 2022-10-14 21:00:01 Apakah Pria Selingkuh Bisa Berubah? Kenali 6 Tanda Dia Tulus

“Once a cheater always a cheater.” Itu adalah ungkapan umum yang biasa diberikan pada pasangan selingkuh. Ungkapan ini muncul karena perbuatan selingkuh dianggap sebagai suatu kebiasaan yang akan terus terulang. Pada kenyataannya, memang benar terdapat beberapa orang yang terbiasa untuk menyelingkuhi pasangannya karena berbagai alasan.


Walau begitu, terdapat juga beberapa kasus dimana pasangan yang berselingkuh akan mengakui kesalahan dan merubah sifatnya agar tidak melakukan perselingkuhan lagi. Meski pasanganmu mengatakan akan berubah, tentu tidak mudah untuk mempercayainya lagi setelah hal traumatis yang ia lakukan.


Namun, ada beberapa tanda yang bisa kamu kenali jika pasanganmu benar-benar tulus ingin merubah jalannya dan memperbaiki hubungan. Seperti apa? Simak artikel di bawah ini untuk mengenal tanda-tanda pria selingkuh bisa berubah.


1. Mengakui Kesalahan


Jika pasanganmu berselingkuh, hal pertama yang menunjukkan bahwa dia merasa bersalah adalah mengakui kesalahannya. Tanpa menolak fakta apapun, ia akan menerima konsekuensi dan mengakui kesalahan dari hal pertama yang telah ia lakukan.


Jika ia sudah mengakui kesalahan, hal ini bisa menjadi tahap pertama bahwa ia ingin merubah dirinya untuk memperbaiki hubungan menuju lebih baik.

2. Sepenuhnya Jujur


Saat mengakui kesalahan, ada baiknya ia juga mengakui dan menceritakan seluruh hal yang telah ia lakukan tanpa adanya pretensi.


Meski menyakitkan, hal ini penting agar pasangan yang diselingkuhi bisa mengetahui sejauh apa perselingkuhan tersebut terjadi, serta untuk mengukur apa ia tetap bisa berubah atau kesalahannya sudah terlalu fatal.


(Baca Juga: Hati-Hati, Ini 5 Tempat Selingkuh Yang Aman Untuk Bertemu)


3. Komitmen untuk Berubah


(Pria berkomitmen untuk berubah setelah selingkuh. Foto: Dok. Drazen Zigic/iStock)

Jika ia terus menerus meminta kesempatan kedua dan berjanji untuk berubah, mungkin hal itu ada benarnya. Jika ia tak letih memohon padamu dan menunjukkan upayanya untuk berubah, hal ini bisa menandakan ia serius.


Namun jika hal itu hanya berupa ucapan tanpa adanya aksi nyata, bisa jadi ia tidak sepenuhnya jujur atau tidak benar-benar ingin merubah kebiasan berselingkuhnya tersebut.

4. Bersabar dengan Proses


Menerima orang kembali setelah disakiti membutuhkan waktu yang lama, dan tentunya tiap orang bisa berbeda-beda. Selingkuh merupakan hal menyakitkan yang bisa melahirkan trauma dan luka baru yang bagi seseorang.


Ketika pasanganmu sudah berjanji untuk berubah sekaligus menghargai waktumu untuk menerima kenyataan tanpa ada batasan waktu, hal ini bisa berarti ia serius dengan ucapannya. Namun jika ia terus mendesak untuk jawaban dan semakin membuatmu kelimpungan, ada baiknya untuk tidak menerimanya kembali untuk hubungan asmara.

5. Mengakui Kamu adalah ‘Satu-Satunya’


Dengan mengucapkan kalimat manis memang mudah untuk dilakukan terutama bagi para pria. Namun, ucapan saja tidak cukup untuk memperbaiki hubungan setelah masalah perselingkuhan.


Jika ia juga menunjukkan dengan tulus perubahannya dan bagaimana ia tidak bisa hidup tanpamu, hal ini bisa menjadi tanda pria selingkuh bisa berubah. Terutama ketika ia memilih untuk menyendiri, tidak mengejar siapapun, dan terus menunggu jawabanmu setelah mengakui kesalahannya.


(Baca Juga: Kenali 4 Tanda Pria Sakit Hati Karena Hubungan Cinta)


Berikut adalah tanda pria selingkuh bisa berubah. Mengenali tanda-tandanya mungkin bisa tricky, tetapi satu hal yang bisa kamu perhatikan adalah perasaan dalam diri kamu sendiri. Jika kamu berkata pada dirimu sendiri bahwa dia tidak akan berubah, maka hal itu perlu untuk dipertimbangkan. Apapun keputusanmu, hal terpenting adalah jangan membiarkan dirimu sakit hati lagi karena pria yang sama.


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)


Sex & relationship