7 Cara Mengatasi Rambut Mengembang Yang Mudah


  • 7 Cara Mengatasi Rambut Mengembang Yang Mudah
    7 Cara Mengatasi Rambut Mengembang Yang Mudah. (Foto: Dok. Puhhha/Adobe Stock)

    Memiliki rambut yang cantik dan gampang diatur tentu jadi keinginan hampir semua wanita. Sayangnya tak semua dianugerahi rambut yang demikian, karena beberapa di antaranya justru memiliki tipe rambut yang mengembang. Cara mengatasi rambut mengembang ini sebenarnya mudah, asal rutin.

    Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami, atau mungkin perawatan produk dan treatment khusus untuk membuat rambutmu nurut alias tidak mengembang lagi. Namun, tak semua tahu akan cara mengatasinya dengan benar.




    (Baca juga: Perawatan Rambut Kering dan Mengembang di Rumah)


    Jadi, daripada kesal karena rambut yang seringkali mengembang dan membuat kepercayaan diri hilang, baiknya simak beberapa cara mengatasinya di bawah ini!

    Cara mengatasi rambut mengembang

    (Rambut mengembang dapat membuat seseorang tidak percaya diri. Foto: Dok. Nakaridore/Freepik)

    1. Pakai Kondisioner

    Siapa yang jarang atau bahkan tidak pernah memakai kondisioner? Produk ini sangat penting jika kamu ingin memiliki rambut yang mudah diatur. Mengaplikasikannya juga sangat mudah, tinggal oleskan ke bagian rambut dari tengah hingga ujung untuk mendapatkan hasil terbaik.

    Biasanya pemakaian kondisioner ini dilakukan ketika selesai atau sedang keramas. Setidaknya pilih kondisioner yang memiliki kandungan protein karena diyakini protein ini mampu mengontrol rambut yang mengembang. Efeknya terhadap rambut juga akan terlihat lemas dan berkilau.


    2. Pakai Pasta Alpukat

    Buah alpukat tak hanya enak dibuat jus segar, tapi juga bisa dijadikan pasta untuk perawatan rambut. Buah ini dipilih karena punya banyak kandungan vitamin yang bisa menutrisi helai rambutmu.

    Selain itu, ini juga merupakan bahan alami yang tak perlu membuatmu khawatir akan reaksi alergi dari bahan kimia produk perawatan rambut. Campurkan daging dari buah alpukat dengan minyak kelapa sekitar 2-4 sendok teh.

    Lalu oles ke rambut secara merata dan tutup dengan kain 20-30 menit. Barulah setelah itu bilas rambut sampai tak ada sisa alpukatnya. Metode perawatan rambut alami satu ini bisa dilakukan rutin 1-2 kali seminggu.


    3. Pakai Teknik Hair Plopping

    Teknik ini dilakukan dengan cara membungkus rambut pakai handuk microfiber atau kaus katun. Cara yang satu ini akan membantu kamu mengeringkan rambut dengan cepat tapi tetap bisa mempertahankan bentuk aslinya.

    Hair plopping ini juga dapat melindungi rambutmu dari faktor-faktor yang menjadi penyebab rambut kusut. Jadi sangat direkomendasikan untuk mencobanya.


    (Baca juga: Simak Perbedaan Smoothing dan Rebonding Sebelum Ke Salon!)


    4. Jangan Pakai Hair Dryer Pada Rambut Basah

    Cara mengatasi rambut mengembang

    (Jangan menggunakan hair dryer saat rambut basah. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

    Rambut basah di sini maksudnya ialah yang masih meneteskan air. Ini membuat rambutmu kering mengembang dan akhirnya jadi kusut. Jadi, jangan aplikasikan hair dryer kalau rambutmu sedang sangat basah.

    Lebih baik keringkan dulu dengan handuk kurang lebih ¾ bagian. Lalu pastikan saja bahwa air yang menetes sudah tidak ada jadi bisa dikeringkan dengan hair dryer. Teknik ini berguna dalam jaga kelembapan rambut.


    5. Pakai Sarung Banyak Berbahan Sutra

    Berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar rambut tidak mengembang adalah dengan memakai sarung bantal sutra ketika tidur. Ini demi mencegah adanya gesekan-gesekan kasar yang terjadi saat kamu terlelap.

    Bahan sutra ini memiliki kriteria yang lembut, sehingga gesekan yang dihasilkan pun takkan membuat rambutmu kusut atau mengembang. Jadi, ketika bangun akan lebih mudah untuk diatur lagi.


    6. Pakai Serum Khusus Rambut

    Produk perawatan rambut ada beragam. Selain masker, ada pula serum yang dapat kamu pakai. Serum rambut memiliki berbagai kandungan bahan yang baik untuk melindungi rambut dan mencegahnya kusut atau mengembang.

    Meskipun mungkin serum ini takkan mampu dalam memulihkan atau memperbaiki kondisi rambut yang sudah terlanjur rusak. Setidaknya serum bisa menjaga kelembaban alami dari rambut sehingga bisa tetap mudah saat diatur.


    7. Hindari Keseringan Keramas

    Keramas memang dibutuhkan, tapi jika terlalu sering juga tidak baik untuk kondisi rambut. Sebab, bisa membuatnya jadi kusut dan tentu saja jadi sulit ketika diatur. Minyak alami pada rambut akan berkurang dan menjadikannya mengembang serta kaku.

    Meski sedang dalam keadaan tidak keramas, pastikan bahwa kulit kepala kondisinya bersih. Sebaiknya keramas diberi jeda setidaknya dua hari sekali agar kulit kepala tetap sehat.


    (Baca juga: Cara Merawat Rambut Kering Dengan Bahan Alami Di Rumah)


    Nah, di atas adalah cara mengatasi rambut mengembang yang mudah dilakukan sendiri di rumah. Semoga dengan cara di atas bisa bermanfaat!


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below