Life & health

Coba 6 Cara Menghilangkan Sunburn Dengan Cepat, Penasaran?

By : Vanessa Masli - 2022-10-11 15:00:01 Coba 6 Cara Menghilangkan Sunburn Dengan Cepat, Penasaran?

Buat kamu para pencinta alam yang hobi naik gunung untuk melepas penat atau menikmati olahraga di luar ruangan yang tak jauh dari paparan sinar matahari, mungkin memakai tabir surya atau sunscreen jadi salah satu kebiasaan penting yang harus dilakukan. Namun, ketika kulitmu sudah merasa perih atau gatal, mungkin matahari sudah menyisakan bekas dalam bentuk sunburn yang harus dihilangkan.


Meski kamu sudah memakai sunscreen, kulit terbakar akibat sinar matahari alias sunburn ini tetap bisa terjadi saat kamu beraktivitas di luar ruangan dan saat sensasi tak nyaman mulai muncul, ada ragam cara untuk menghilangkannya. Nah, di bawah ini, Her World sudah mengumpulkan beberapa cara menghilangkan sunburn dengan cepat untuk kamu coba.


1. Gunakan air dingin saat mandi


Entah berendam untuk bersantai atau menggunakan shower untuk mempersingkat waktu mandi, saat kulitmu terbakar, hindari menggunakan air panas. Sebaliknya, kamu harus menggunakan air dingin. Ini menjadi cara menghilangkan sunburn paling mudah relatif paling cepat.


Setidaknya dengan mandi air dingin, kamu mengurangi iritasi dan peradangan yang terjadi pada kulit dan warna merah pada area yang terbakar pun bisa berkurang karena suhu dalam tubuh yang juga menurun. Namun, setelah mandi, pastikan kamu menepuk-nepuk area tersebut dengan handuk saat kamu mengeringkan badan, hindari menggesek sehingga lapisan kulitmu tak semakin rusak.


(Berendam dan mandi air dingin jadi cara sederhana untuk menghilangkan sunburn dengan cepat. Foto: Dok. Ekaterina Bolovtsova/Pexels)


2. Hindari eksfoliasi kulit


Kalau kamu termasuk orang yang rutin melakukan eksfoliasi, entah scrubbing atau peeling, hindari melakukan kebiasaan ini saat kulit sedang terbakar. Apapun metode eksfoliasi yang dilakukan justru bisa memperparah kondisi kulit karena sunburn membuat kulitmu jadi lebih sensitif.


Selain eksfoliasi, kamu juga harus menghindari penggunaan obat jerawat atau produk anti-aging yang mengandung zat aktif karena berpotensi timbulkan iritasi pada kulit yang sudah terbakar.


3. Coba teknik clothsicle


Coba lakukan teknik clothsicle saat mengompres kulit yang terbakar sinar matahari. Sebuah cara kompres pada area sunburn yang bisa tenangkan kulit meradang dengan cepat. Tak jauh berbeda dengan kompres biasanya, kamu membasahi lap kain, peras hingga tak air tersisa, lalu masukkan ke freezer selama beberapa jam.


Setelah disimpan dalam freezer, kamu bisa langsung mengompresnya ke area terbakar atau mengurangi rasa panas yang terasa di kulit. Jika ada banyak area yang harus kamu kompres, pastikan kamu memiliki beberapa clothsicle sehingga tak perlu mengulang prosesnya terlalu banyak.


(Baca Juga: Intip 4 Rekomendasi Sunscreen Untuk Kulit Berjerawat)


4. Gunakan teh untuk menenangkan kulit


Bagi kamu yang suka minum teh hitam atau hijau sehari-hari, ada manfaat lain dari kedua jenis teh tersebut untuk menenangkan kulit yang terbakar. Tannic acid atau asam tanat adalah jenis asam yang tersimpan dalam teh hijau dan hitam. Kandungan satu ini bisa bantu kamu untuk menarik rasa panas akibat sunburn sehingga jadi cara cepat untuk menghilangkan sunburn.


Plus, kandungan antioksidan dalam kedua jenis teh ini bisa membantu perbaiki sel-sel kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari, khususnya di area mata. Kamu cukup mencelupkan dua kantung teh di air dingin dan letakkan kedua kantung tersebut di mata dan diamkan beberapa saat. Lakukan pola yang sama untuk area-area kulit lainnya yang terbakar.


5. Minum air putih yang banyak


Cara menghilangkan sunburn dengan cepat juga harus kamu lakukan dari dalam, salah satu caranya adalah dengan minum air putih yang banyak. Sebab, sunburn bisa menarik cairan dari kulit dan seluruh tubuh sehingga bisa buat kamu dehidrasi. Jadi saat kamu mulai merasa harus minum di saat kulitmu terbakar, pastikan langsung cepat-cepat minum. Selain air putih, kamu juga bisa nikmati minuman rendah gula yang memiliki elektrolik untuk kembali tingkatkan hidrasi tubuh.



(Jaga hidrasi tubuh saat kulitmu terbakar. Foto: Dok. Arnie Watkins/Pexels)


6. Pakai pakaian yang nyaman dan materialnya ringan


Kurangi gesekan pada area-area kulit yang terbakar sinar matahari sehingga apa yang kamu pakai pun perlu jadi perhatian. Saat kamu terbiasa memakai celana legging atau kaus yang cenderung ketat, coba memakai pakaian yang berbahan ringan dan lembut serta nyaman.


Dengan pilihan material yang tepat, kulitmu juga memiliki ruang untuk pemulihan dan terhindari dari iritasi akibat gesekan pakaianmu.


(Baca Juga: Ada 6 Manfaat Konsumsi Buah Nanas Untuk Kulit, Penasaran?)


Inilah beberapa cara menghilangkan sunburn dengan cepat yang perlu kamu coba. Semoga bermanfaat!


Life & health